Panduan Lengkap Cara Setek Batang|Pucuk Bunga Philodendron

Panduan lengkap cara setek batang|Pucuk bunga philodendron.

  1. Pilih batang yang sudah dewasa, sehat, dan tidak berpenyakitan, lalu potong sepanjang 3-5 cm, atau minimal 2 ruas pada potong sepanjang 3-5 cm, atau minimal 2 ruas pada setiap potongan.
  2. Olesi batang dengan larutan fungisida atau penutup luka untuk mencegah cendawan.
  3. Benamkan potongan batang secara vertikal ke media tanam berupa sekam bakar, pakis, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Upayakan bibit tidak terbenam seluruhnya. Siram dengan air secukupnya.
  4. Letakkan di tempat teduh, tidak terkena sengatan matahari langsung atau guyuran air hujan. Setelah 6 minggu muncul daun dan akar di potong batang. Tunggu sampai 2-3 helai, baru dipindahkan secara soliter ke pot lain.Panduan Lengkap Cara Setek Batang|Pucuk Bunga Philodendron

Setek pucuk

Artikel terkait
  1. Pilih tanaman yang telah dewasa/cukup umur, sehat, dan tidak berpenyakitan.
  2. Potong pada bagian pangkal batang dengan pisau tajam dan bersih. Sertakan 2-3 akar pada batang atas.
  3. Olesi fungisida atau larutan penutup luka pada bagian pangkal batang atas dan batang bawah.
  4. Tanam potongan batang atas ke media yang sudah disiapkan berupa campuran sekam bakar, pakis, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Taburkan pupuk slow release sebanyak 1/2 sendok teh. Letakkan tanaman di tempat teduh untuk adaptasi. Sira bila media kering.

Setek batang

Baca Juga:

Philo memiliki batang beruas, dan masing-masing ruas muncul tangkai daun. Di bagian pangkal tangkai biasanya muncul akar udara (aerial root) yang bisa menembus media. Oleh karena itu, batang philo dapat dijadikan bahan perbanyakan.

Caranya dengan mengakarkan potongan batang. Batang sebagai induk perbanyakan disyaratkan telah dewasa, sehat, dan tidak berpenyakitan. Idealnya, panjang batang minimal 2 ruas.

Setek pucuk

Setek pucuk biasanya diterapkan pada philo yang sudah tumbuh besar, daun banyak, dan bonggol/rimpang besar. Ujung tunas ditanam di pot sendiri, sementara bagian bawah tumbuh anakan lagi dalam jumlah banyak.

Teknik ini biasanya dilakukan saat kemarau karena bekas potongan rentan busuk. Oleh karena itu, bekas potongan sebaiknya dibirkan kering, baru diolesi fungisida atau larutan penutup luka.

loading...
Panduan Lengkap Cara Setek Batang|Pucuk Bunga Philodendron | Penulis | 4.5