Peluang Bisnis Tabulampot Sangat Menjanjikan

Pembuatan tabulampot atau menanam buah dalam sebuah pot saat ini tidak lagi hanya sebagai penyaluran hobi. Akan tetapi tabulampot kini telah berkembang menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Kondisi ini dipengaruhi oleh permintaan tabulampot yang semakin tinggi namun persediaan masih sangat terbatas. Tidak hanya itu, saat ini mulai banyak dilakukan pengembangan-pengembangan yang dilakukan untuk usaha tabulampot.

bisnis buah dalam sebuah pot

bisnis buah dalam sebuah pot

Seperti pengembangan jenis bahkan varietas tanaman yang di budidayakan dengan sistem tabulampot. Dan juga adanya pengembangan nilai seni untuk tabulampot itu sendiri. Selain itu, juga ada pengembangan budi daya tanaman buah dalam pot (tabulampot) menjadi model pengembangan yang mampu memberikan peluang bisnis dengan waktu relatif singkat. Yaitu yang semula hanya dalam bentuk bibit kemudian dikembangkan hanya dalam bentuk bibit kemudian dikembangkan hanya dalam waktu setahun tabulampot ini bisa memiliki harga jual hingga jutaan rupiah per buah.

Sebagai contoh tanaman lengkeng dengan varietas pingpong kini marak dibudidayakan dengan sistem tabulampot dengan harga bibit seharga Rp 50 ribu dan dirawat selama sekitar setahun. Setelah setahun tanaman tersebut berbuah dan harga tabulampot tersebut biasa mencapai Rp 4 juta. Fantastis bukan? Selisih harga jual yang cukup signifikan ini akan sangat menguntungkan dan ini bisa digunakan sebagai peluang bisnis.

Baca Juga:
Artikel terkait

Perlu Anda tahu, memulai usaha tabulampot ini Anda tidak memerlukan biaya yang besar. Hanya dengan Rp 250 ribu Anda dapat membeli bibit dan untuk proses pemeliharaan. Setelah itu, Anda bisa mengembangkan usaha tabulampot ini. Pada saat pengembangan, Anda perlu melakukan pemeliharaan selama setahun dan perawatan yang kontinyu, maka ketika berbuah tabulampot Anda bisa dijual hingga Rp 2 juta lebih. Apa lagi, tanaman buah tabulampot ini memiliki bentuk yang unik maka harga jual dipastikan dapat lebih mahal lagi.

Hal yang menggembirakan, ternyata jenis tanaman buah yang bisa dikembangkan dengan teknik tabulampot ini cukup banyak, bahkan semua jenis buah bisa dibudidayakan dengan sistem tabulampot. Termasuk jenis buah durian yang memiliki karakter pertumbuhan dengan batang dan buah yang besar. Hanya saja bedanya durian pada tabulampot ini buahnya sedikit lebih kecil dibandingkan buah durian yang ditanam di tanah.

Selain itu, ternyata cara pembudidayakan tabulampot sangat mudah dan praktis. Anda tinggal menyiapkan media yang sudah berisi campuran tanah, pupuk organik/kompos dan pasir (3:2:1) dan Anda sudah dapat menanam buah sesuai yang diinginkan. Masih banyak kendala para hobiis tabulampot untuk memperoleh jenis bibit yang tepat dan unggul, serta bernilai bisnis yang tinggi.

Para hobiis untuk membuat tabulampot bibit yang digunakan harus memiliki keunggulan dibandingkan tanaman biasanya. Misalnya, buah mangga harus memiliki keunggulan dibandingkan tanaman mangga biasanya. Misalnya, buah mangga harus memiliki keunggulan buah yang besar dan manis, serta cepat berbuah. Demikian juga untuk jenis tabulampot jambu. Bibit jambu yang ditanam harus memiliki buah yang berukuran besar dan segar serta manis. Buah yang berbuah besar dan lebat tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

loading...
Peluang Bisnis Tabulampot Sangat Menjanjikan | Penulis | 4.5