Pembibitan Bunga Anggrek phalaenopsis

Pembibitan Bunga Anggrek Phalaenopsis.Phalaenopsis merupakan bunga anggrek yang paling menarik untuk para pemula. Selain memiliki bunga yang indah, biasanya tanaman ini bebas dari penyakit dan hanya membutuhkan perawatan yang minim. Phalaenopsis juga dapat bertahan di dalam rumah. Anggrek monpodial ini tidak berbau. Bunganya dapat bertahan hingga 6 minggu atau lbih.

Phalaenopsis dapat diperbanyak dengan pemisahan tunas (daughter plants), kultur jaringan, atau biji. Untuk perbanyakan dengan pemisahan tunas, di batang tanaman akan di tumbuh tunas yang dapat dipisahkan  secara langsung.

Berbeda dengan perbanyakan dengan menggunakan tunas, perbanyakan dengan biji membutuhkan perlakuan khusus. Biji anggrek tidak memiliki cadangan makanan sehingga membutuhkan bantuan untuk tumbuh.

Baca Juga:

Biji anggrek yang sudah matang dapat berkecambah dengan baik apabila ditanam di media MS0 dan ditempatkan pada kondisi yang steril.cara pembibitan bunga anggrek

Tips perbanyakan dengan pemisahan tunas

  • Berikan air dan pupuk yang cukup agar tunas tanaman anggrek dapat berkembang dengan baik.

Perbanyakan dengan pemisahan tunas

Artikel terkait
  1. Pilihlah tunas yang sudah memiliki akar.
  2. Potong tunas bersama tangkainya.
  3. Tanam tunas ke dalam pot yang sudah berisi media pakis dan sabut kelapa.
  4. Gunakan penyangga sebagai alat bantu.

Anggrek Vanda (vanda sp.)

Anggrek jenis monopodial ini memiliki  bunga yang tahan lama warna bunganya amat bervariasi seperti kuning, oranye, dan ungu tua. Selain bentuk bunganya yang unik keistimewaan vanda adalah mengeluarkan aroma khas yang ditebarkan sepanjang hari.

Vanda dapat diperbanyak dengan menggunakan biji, kultur jaringan, atau setek. Seperti halnya anggrek yang lain, vanda dapat diperbanyak dengan menggunakan biji. Namun, perbanyakan dengan biji membutuhkan perlakuan khusus. Jika ingin memperbanyak vanda secara langsung, batang vanda dapat dipotong sebagai bahan setek.

Tips perbanyakan dengan setek

  • Gunakan pisau yang tajam dan steril untuk memotong tanaman.

Perbanyakan dengan setek

  1. Pilihlah tanaman yang berukuran besar.
  2. Pot batang menjadi 2-3 bagian. Masing-masing bagian memiliki (aerial root) yang cukup.
  3. Celupkan potongan batang ke dalam larutan fungisida.
  4. Tanaman potongan batang dalam media tanam dan gunakan penyangga jika diperlukan, lalu siram. Setelah 5-6 bulan, pada bagian pangkal tanaman sudah muncul tunas-tunas baru yang dapat digunakan juga sebagi bahan perbanyakan.
loading...
Pembibitan Bunga Anggrek phalaenopsis | Penulis | 4.5