Pembungaan Dan Smoting Untuk Memunculkan Bunga Euphorbia

Setalah menjalani masa penyuburan selama 1,5 bulan, penampilan sosok euphorbia akan berubah. Percabangan menjadi banyak dan daunnya rimbun. Inilah saat yang tepat untuk memasuki periode berikutnya, yaitu fase pembungaan.

Banyak hobiis mengaku kesulitan memunculkan bunga yang kompak. Padahal, kuncinya sederhana, yaitu perhatikan karakter euphorbia di habitat aslinya.

Walaupun euphorbia cocok ditanam di daerah panas dengan sinar matahari terbuka, ternyata lebih menyukai lokasi yang teduh. artinya, kebutuhan sinar matahari tidak harus sepanjang hari.

Baca Juga:

Tanaman membutuhkan sinar matahari langsung dengan intensitas 70% selama 6-8 jam per hari. Oleh karena itu, bisa saja terjadi tanaman berbunga lebih banyak pada musim hujan dibandingkan dengan musim kemarau.unduhan

Beberapa ahli menyarankan agar tidak meletakkan euphorbia di tempat yang mendapatkan sinar matahari terlalu lama. Sebab, akan muncul bercak hangus pada tunas. Di tempat terlalu teduh euphorbia juga dapat tumbuh, tetapi lambat.

Bunga yang muncul pun tidak banyak. Oleh karena itu, diperlukan penaungan seperti shading net yang umum digunakan nurseri besar. Cara lain, dengan memanfaatkan kanopi tanaman.

Penanaman di dataran tinggi hendaknya digunakan green house yang berbentuk sungkup agar lebih maksimal dalam menyerap sinar matahari.

Penaungan juga berfungsi untuk menahan laju air ketika hujan. curah hujan dari langit menjadi percikan kecil seperti kabut begitu melewati shading net. Proses ini dapat mencegah melimpahnya air di pot. Kegunaan lain shading net adalah untuk mengadaptasikan tanaman yang baru disemai, disetek, atau tanaman muda. Demikian pula tanaman yang baru didatangkan dari daerah lain, terutama yang iklimnya berbeda.

Penyuburan dan pembungaan

Untuk membuat euphorbia tampil cantik, pembungaan terus-menerus tidak dianjurkan karena bunga yang terlalu banyak dalam waktu sangat lama membuat tanaman merana.

Daun akan kehilangan fungsinya untuk berfotosintesis karena terhalang bunga, sedangkan bunga tetap membutuhkan makanan dari proses tersebut. Dominasi pertumbuhan generatif dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil.

Oleh karena itu, program sebaiknya dibuat berselang-seling, penyuburan-pembuangan-penyuburan-pembuangan, demikian seterusnya. Tidak ada patokan waktu khusus untuk setiap periode. Semua tergantung jenis dan sifat euphorbia. Umumnya, fase penyuburan berlangsung 1-1,5 bulan, sedangkan pembungaan 3-4 bulan.

Proses pembungaan dapat dioptimalisasikan agar lebih baik lagi. Caranya, pot diletakkan di halaman terbuka dengan hamparan beton di bawahnya. Panas yang diterima euphorbia akan berlipat ganda, yaitu dari sinar matahari dan pantulan panas dari beton.

Pembungaan akan semakin optial bila sirkulasi dijaga dengan baik. Bunga delapan dewa pun kian gemar berbunga bila lingkungan di sekitarnya rendah polusi udara.

Bila cara sederhana tersebut masih belum berhasil, gunakan cara berikut. Ketika tanaman dipindahkan ke lingkungan terbuka, berikan pupuk daun Growmore sesuai dosis dalam label. Perlakuan itu terus dilakukan seminggu sekali. Tingginya kadar P dan K yang terkandung dalam pupuk akan merangsang euphorbia memunculkan bunga.

loading...
Pembungaan Dan Smoting Untuk Memunculkan Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5