Pemilihan Bibit kompot Anggrek Muda

Pemilihan bibit kompot anggrek muda.Anggrek yang masih berupa tanaman sangat muda yang ditanam secara berkelompok dalam pot kecil disebut bibit kompot. Dipasar tersedia dua macam bibit kompot yang berisi 30 bibit dan 10 bibit dalam satu pot. Yang terakhir ini berasal dari pemisahan kompot pertama setelah bibit tumbuh agak besar. Berikut ini cara memilih dan menanam bibit kompot.

Memilih bibit kompot

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan membeli bibit kompot adalah sebagai berikut.

Baca Juga:

Kondisi tanaman dan pot harus bersih.

Pertumbuhan bibit subur dan seragam.

Jumlah bibit sesuai dengan kapasitas kompot.

Tidak terdapat bercak-bercak yang mungkin merupakan bibit penyakit.

Kondisi umbi batangnya harus sehat, terutama jenis anggrek Cattleya dan Oncidium.

Menanam bibit ke dalam pot individu

Keuntungan membeli bibit kompot ialah berkurangnya risiko kematian bibit sebab tak perlu lagi memindahkan plantlet dari dalam botol ke kompot. Pemindahan tersebut terkadang sulit dilakukan oleh pencinta anggrek yang masih pemula dan belum berpengalaman.pemilihan bibit kompot anggrek muda

Ketika kompot sudah terlihat penuh karena tanaman sudah cukup besar, satu persatu bibit anggrek dipindahkan ke dalam pot individu. Media tanam pot individu. Media tanam pot individu sebaiknya berupa bahan yang mudah menyerap air seperti pecahan bata atau genting, cacahan pakis, sabut kelapa, arang kayu, dan serutan/potongan kayu.

Artikel terkait

Penanaman bibit kompot dimulai dengan tahap pengisian pot dengan bata atau genting yang telah dihancurkan. Diisi hingga mencapai 1/3 dari ketinggian pot. Di atas media tanamterebut ditambahkan arang, hancurkan pakis, atau sabut kelapa.

Pengisian bahan tambahan tersebut sampai sekitar 1-2 cm dari bibir pot. Setelah itu, bibit anggrek muda hasil cabutan dari kompot dipindahkan ke dalam pot. Akar ditutup dengan moss agar tanaman berdiri dengan stabil. Anggrek akan tumbuh tegak dalam pot secara individu.

Merawat bibit kompot

Bibit kompot memerlukan perawatan khusus agar dapat tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat dan menghasilkan bunga. Temperatur yang dibutuhkan berkisar antara 26-28 derjat Celcius. Bibit kompot sebaiknya berada di tempat yang bercahaya redup dan terhindar dari hembuan angin keras dan kering maupun air hujan.

Bibit kompot membutuhkan kelembapan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bibit tanaman dewasa. Penyiraman bibit kompot dilakukan 2-3 kali sehari sebelum pukul 16.00.

Pupuk yang diberikan pada bibit kompot sebaiknya yang mengandung P tinggi untuk mempercepat dan memperkuat pertumbuhan akar sehingga setelah tanaman dewasa mampu menompang pertumbuhan batang dan daun.

Konsentrasi pupuk 1 gram/liter air dengan frekuensi pemupukan 2-3 kali seminggu. Satu liter larutan pupuk dapat digunakan untuk 20 m2 rak tanaman atau sekitar 2.000 bibit kompot. Jenis pupuk yang biasa digunakan di antaranya Gaveota, Hyponex, dan Grow More.

Agar terhindar dari serangan hama dan penyakit sebaiknya dilakukan penyemprotan Dithane M-45 80 WP. Frekuensi penyemprotan 1 kali seminggu dengan konsentrasi 3-4 gram/liter air.

loading...
Pemilihan Bibit kompot Anggrek Muda | Penulis | 4.5