Pemilihan Jenis Tanaman Sesuai iklim lokasi Penanaman

Faktor iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman buah, terutama pembuangaan. Faktor iklim merliputi semua faktor eksternal yang sudah dibahas di muka. Apabila tanaman buah ditanamani di luar daerah iklimnya, maka produktifitasnya sering kali tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pengaruh iklim terhadap musim berbuahnya suatu tanaman buah dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu:

Seasional

Tanaman buah-buahan yang musim buahnya dipengaruhi oleh iklim tempat tumbuhnya. Contoh :rambutan, duku, mangga, durian dan lengkeng.

Baca Juga:

Non-seasionalimages (4)

Tanaman buah-buahan yang musim berbuahnya tidak atau sedikit dipengaruhi oleh iklim tempat tumbuhnya. Contoh: Pepaya, pisang, jambu biji, nenas, dan belimbing. Tanaman Mangga mempunyai toleransi tumbuh yang tinggi, baik didataran rendah maupun di dataran tinggi, dengan keadaan volume curah hujan sedikit atau banyak, tetapi untuk memperoleh produksi Mangga yang tinggi membutuhkan temperatur curah hujan, keadaan awan dan angin yang bertoleransi tepat.

Artikel terkait

Di Indonesia Mangga dapat tumbuh pada ketinggian  0-1000 m dpl, ketinggian yang ideal adalah 600 mdpl. Masa berbunga tanaman Mangga dipengaruhi oleh ketinggian tempat dari permukaan laut, hal ini berhubungan dengan intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan tanaman. Di Indonesia pada umumnya setiap kali kenaikan rata-rata 130 m dimana mangga ditanam, maka masa pembungaan tertunda selama 4 hari.

Tanaman Mangga memerlukan temperatur yang panas menjelang pembungaan, karena temperatur tersebut mencegah pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan reproduktif. Temperatur untuk tanaman Mangga lebih kurang 24 derjat Celcius-27 derjat Celcius, pada suhu tersebut pertumbuhan vegetatif hasilnya cukup baik dan suhu yang dapat ditoleransi adalah 28 derjat Celcius-30 derjat Celcius.

Keadaan volume curah hujan juga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman Mangga dan proses produksi pembentukan bunga dan buah. Persentase curah hujan setiap tahun secara alami sangat penting pengaruhnya terhadap proses pembungaan, sebab masa primordia bunga akan terjadi setelah musim hujan. Curah hujan yang dapat ditolerir untuk pertumbuhan dan perkembangan Mangga berkisar antara 700-2500 mm/tahun. Ciri khas lain pada tanaman Mangga yaitu sangat tahan terhadap kekeringan, malahan kondisi inilah yang diinginkan. Kondisi kering yang masih dapat ditolerir adalah 2-6 bulan.

loading...
Pemilihan Jenis Tanaman Sesuai iklim lokasi Penanaman | Penulis | 4.5