Pemupukan Bunga Anggrek Masa Pertumbuhan

Pemupukan bunga anggrek masa pertumbuhan.Proses pembungaan pada tanaman sangat tergantung pada pertumbuhan vegetatif. Bunga akan terbentuk pada saat pertumbuhan vegetatif semakin menurun atau terhenti. Peralihan pertumbuhan dari fase vegetatif ke fase generatif ditandai dengan semakin menurunnya pertumbuhan tanaman.

Kuantitas dan kualitas bunga yang merupakan hasil panen juga sangat ditentukan oleh masa prapanen, yaitu saat tanaman masih kecil sampai tanaman dewasa dan berproduksi.

Oleh karena itu, tersedianya unsur-unsur hara makro dan mikro pada tanaman sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas bunga.

Baca Juga:

Dengan demikian, masalah pemupukan tidak boleh dianggap sepele. Pemupukan mutlak diperlukan dalam pemeliharaan anggrek dan pelaksanaannya tergantung pada umur tanaman, jenis tanaman, saat pemupukan, frekuensi pemupukan, dan dosis pupuk yang diberikan.pemupukan bunga anggrek masa pertumbuhan

Pada fase pertumbuhan, tanaman anggrek membutuhkan unsur-unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro yaitu unsur yang diperlukan dalam jumlah besar yang meliputi C, H, O, N, S, P, K, Ca, dan Mg.

Artikel terkait

Unsur mikro yaitu unsur yang diperlukan dalam jumlah relatif sedikit, tetapi sangat penting dan meliputi unsur Fe, Cl, Zn, Mn, Cu, dan B. Apabila kekurangan salah satu unsur esensial tersebut akan timbul penyakit fisiologi. Oleh karena itu, dalam melakukan pemupukan pada tanaman anggrek digunakan pupuk majemuk, yaitu pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro.

Beberapa contoh pupuk majemuk diantaranya Gandasil, Gaviota, Hyponex, Bayfolan, Growmore, pokon, dan Greenzit. Masing-masing pupuk majemuk tersebut mempunyai kandungan unsur makro yang pada garis besarnya mendekati sama, tetapi ada sedikit berbeda dalam kandungan unsur mikronya.

Untuk itu disarankan sebaiknya jangan menggunakan satu jenis pupuk majemuk saja, tetapi menggunakan lebih dari dua jenis pupuk majemuk yang berbeda karena mungkin masing-masing pupuk majemuk tersebut saling melengkapi, terutama kandungan unsur mikronya.

Sebagai contoh unsur boron (B) sebagai unsur mikro keberadaannya sangat penting karena memiliki peranan dalam dalam metabolisme nitrogen, pengaturan air ke dalam sel-sel, dan menjaga ketersediaan kalsium dalam larutan pada tanaman.

Kekurangan unsur B dapat menyebabkan kematian meristem apikal dan meristem akar. Klor (Cl) sebagai unsur mikro juga sangat penting karena berperan dalam membuka dan menutup stomata (mulut daun).

loading...
Pemupukan Bunga Anggrek Masa Pertumbuhan | Penulis | 4.5