Penyakit Bercak cokelat|HitamTanaman Anggrek

Penyakit bercak coklat|hitam tanaman anggrek.Penyakit bercak cokelat menyerang anggrek di persemaian. Serangan penyakit menunjukkan gejala melepuh pada daun dan menjalar kebagian tanaman lain. Penyebabnya adalah bakteri menjalar kebagian tanaman lain. Penyebabnya adlah bakteri Pseudomonas cattleya dan Pseudomonas aeruginosa

Hampir semua anggrek dapat diserang oleh bakteri tersebut, antara lain Cattleya dan kerabatnya, Aerides, Ascocentrum, Catasetum, Brassia, Dendrobium, dan Oncidium. Terutama pada Phalaenopsis pada menyerang dalam semua umur.

Kecambah jenis Phalaenopsis sangat peka terhadap bakteri ini, terutama pada cuaca sangat lembap. Infeksi melalui daun basah atau bekas luka pada daun. Sentuhan daun yang sakit pada daun sehat sudah cukup untuk menularkan bakteri ini. Jika serangan terjadi pada titik tumbuh, dapat dipastikan tanaman akan mati.

Baca Juga:

Jika tanaman terlanjur terserang penyakit bercak cokelat, sangat sulit untuk pengendaliannya. Pada awal serangan, daun yang sakit harus segera dipotong dan dibakar. Setelah itu, tanaman disemprot dengan antibiotik berupa Streptomycin atau Physan 20 sebagai upaya pencegahan.Penyakit Bercak cokelat|HitamTanaman Anggrek

Artikel terkait

Dosis larutannya 1/2 sendok makan per gallon air. Kalau tingkat serangan sangat parah, tidak ada cara lain kecuali memusnahkan seluruh kecambah anggrek.

bercak hitam

Penyakit bercak hitam menyerang anggrek yang sudah dewasa. Penyebab cendawan Phytophthora cactorum dan Pythium ultimum. Penyakit ini menyebabkan busuk bagian dalam batang. Zoospora jamur mudah sekali menular terbawa air, juga melalui alat-alat (gunting, pisau) yang tidak steril.

Gejala serangan kedua jamur tersebut sama dan keduanya merupakan penyakit anggrek yang sangay merusak. Jenis anggrek merupakan penyakit anggrek yang sangat merusak. Jenis anggrek yang sering diserang adalah Cattleya dan kerabatnya, Dendrobium, Oncidium, Paphiopedilum, dan Vanda.

Puncak serangan penyakit ini pada musim hujan karena kelembapan tinggi. Namun, dapat pula timbul sepanjang tahun. Serangan pada daun dan tunas dapat berkembang dengan cepat menyerang rizoma dan akar.

Daun akan berwarna hitam-ungu-cokelat dikelilingi bagian berwarna kuning. Serangan dari bagian akar akan naik ke arah umbi semu dan dengan menyebabkan dumping off (rebah semai) pada kompot. Tanaman akan menjadi lambat tumbuh, kerdil, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Bagian tanaman yang sakit segera dipotong menggunakan gunting atau pisau steril kemudian dibuang. Sebelum pemakaian, sebaiknya alat pemotongan tersebut di cuci dengan larutan alkohol  70% dan dibakar sebelum maupun sesudah digunakan. Pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut dapat pula dengan menyemprotkan fungisida.

loading...
Penyakit Bercak cokelat|HitamTanaman Anggrek | Penulis | 4.5