Penyakit-Hama Yang Sering Menyerang Bunga Aglaonema

Seperti tanaman lainnya, aglaonema tidak terlepas dari gangguan yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Penyakit-Hama yang sering menyerang bunga Aglaonema banyak ragamnya.Gangguan tersebut dapat berupa penyakit, hama, maupun gangguan fisiologis Pada Tanaman Aglaonema. Agar pertumbuhan tidak terhambat dan mempunyai sosok yang prima, penyebab gangguan tersebut perlu diatasi.

Penyakit

Kebanyakan tanaman daun (foliage plants) rentan atau mudah terserang penyakit bila kelembapan lingkungan tinggi atau tanaman dalam kondisi ‘stres’ atau tidak sehat. Lingkungan yang lembab terjadi pada saat musim penghujan, penempatan tanaman yang terlalu rapat, atau sirkulasi udara tidak berjalan dengan lancar. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus.

Baca Juga:

Penyakit yang paling serius menyerang aglaonema ialah bacterial stem  rot yang disebabkan oleh bakteri Erwinia. Gejala serangannya, daun atau tangkai rusak dan berlendir yang berwarna cokelat keabu-abuan. Daun atau tangkai tersebut bisa hancur dan terputus. Daun atau tangkai yang hancur akan menjadi seperti bubur dan mengeluarkan bau yang kurang sedap. images

Bau tersebut disebabkan oleh rusaknya jaringan tanaman secara cepat, bukan berasal   dari bakteri Erwinia. Untuk mengatasi penyakit ini, daun yang sakit dipangkas dan dibuang atau dapat disemprot dengan Vinegar Solution dengan dosis sesuai anjuran.

Penyakit lain yang juga sering menyerang aglaonema ialah busuk akar yang disebabkan oleh jamur Pythium. Penyakit ini muncul pada saat kondisi media tanam terlalu basah atau drainase jelek. Sebenarnya, penyakit ini mudah dicegah dengan menjaga agar tanah tidak terlalu basah. Namun, bila tanaman telah sakit maka perlu dilakukan pengendalian.

Artikel terkait

Untuk mengatasi penyakit ini, tanaman diangkat dan buang akar yang rusak. Akar dicuci sampai bersih. Kemudian, tanaman ditanam kembali dalam pot yang bersih. Media tanam yang digunakan merupakan media tanam baru, jangan menggunakan media tanam yang lama karena telah tercemar jamur Pythium. Dengan cara ini, tanaman akan tumbuh cepat. Selain itu, dapat juga tanaman disemprot dengan fungisida, misalnya Aliette.

Penyakit lain yang sering menyerang aglaonema yaitu fusarium stem rot yang disebabkan oleh jamur Fusarium. Biasanya, tempat yang rusak ditandai dengan pinggiran berwarna ungu kemerahan. Pada tahap awal, fusarium kadang berbentuk lingkaran kecil berwarna merah cerah di bawah batang (base of cutting) atau bagian lain yang diserang.

Cara pencegahan agar penyakit ini tidak meluas ialah dengan mengeluarkan tanaman dari potnya, lalu bagian yang sakit dibuang. Tanaman kemudian ditanam kembali dengan media tanam yang baru.

Secara umum, beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pencegahan sebagai berikut.

  1. Usahakan drainase berjalan dengan baik. Jangan terlalu banyak menyiram
  2. Hindari letak tanaman yang terlalu rapat
  3. Penempatan tanaman jangan terlalu teduh. Jika digunakan double net, usahakan berselang-seling antara double net dan single nt.
  4. Usahakan sirkulasi udara berlangsung dengan baik.
  5. Hindari kerusakan-kerusakan fisik pada tanaman, misalnya putusnya tangkai atau daun, karena tempat yang terpotong dapat menjadi tempat masuknya bakteri dan jamur.
  6. Keluarkan tanaman yang terinfeksi dan segera lakukan pencegahan. Jika menyentuh bagian yang busuk, tangan harus dicuci sebelum memegang tanaman yang lain.
  7. Sterilkan pisau atau gunting yang digunakan untuk memotong
  8. Jangan menggunakan pot yang terlalu besar karena akarnya masih sedikit.
  9. Hindari tanaman kekurangan dan kelebihan pupuk atau zat hara
  10. Pilih tanaman yang sehat saat membeli. Salah satu ciri tanaman yang sehat ialah akarnya tumbuh lebat
  11. Bila memungkinkan, gunakan plastik UV sebagai naungan agar memudahkan kontrol air pada saat hujan.
  12. Gunakan sedikit kapur saat musim hujan untuk menjaga tingkat keasaman tanah.
  13. Lakukan repotting atau penggantian media setahun sekali.
  14. Semprot dengan fungisida atau bakterisida secara berkala.
loading...
Penyakit-Hama Yang Sering Menyerang Bunga Aglaonema | Penulis | 4.5