Penyebab Buah Melon Sering Mati

Banyak gejala serta penyebab buah melon sering mati.salah satunya adalah dengan adanya virus atau penyakit.dengan demikian buah melon akan layu serta lama-kelamaan akan mati.di bawah ini akan kami jelaskan penyebab buah melon sering mati serta buah melon tumbuh kerdil akibat serta penyebabnya.

Mosaik.

Penyakit ini disebabkan oleh virus mosaik. Penularannya terjadi melalui aphids. Gejala yang muncul saat tanaman terserang mosaik adalah tanaman berubah menjadi kerdil, daun-daun kecil dengan bercak-bercak yang bentuknya tidak beraturan. Produksi tanaman berkurang. Bila tanaman terlanjur terserang mosaik, segera buang tanaman tersebut agar tidak menular pada tanaman yang masih sehat. Selain itu, kendalikan keberadaan aphids sebagai vektor pembawa virus.

Baca Juga:

Embun tepung

Embun tepung merupakan spora jamur yang disebabkan oleh angin. Gejala yang ditimbulkan adanya bercak-bercak putih, seperti tepung di sisi bawah daun. Bercak tersebut dapat membesar dan menutupi daun. Bercak tersebut dapat membesar dan menutupi daun. Gugurnya daun-daun juga bisa menjadi indikasi adanya serangan embun tepung. Serangan penyakit ini menyebabkan produksi, kadar gula, dan aroma berkurang. Selain itu, serangan embus tepung juga menyebabkan gagalnya pembentukan jaringan buah.

Upaya penanggulangan serangan embun tepun dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pilih lokasi penanaman yang jauh dari tanaman inang penyakit ini, terutama tanaman waluh, labu, dan mentimun.
  2. Pangkas daun-daun yang terserang parah dan musnahkan agar tidak menular.
  3. Lakukan penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga, chlorothalonil, atau triflumizole.

Layu verticillium

Layu verticillium disebabkan oleh cendawan verticillium. Tanaman yang terserang penyakit ini menjadi layu dan mati, dimulai dari daun yang lebih tua. Serangan penyakit ini juga menyebabkan adanya lintasan berwarna cokelat muda di dalam batang dan akar.

Penanggulangan serangan penyakit dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Lakukan pergiliran tanaman.
  2. Hindari tanah yang sebelumnya ditanami kentang, cabai, treong, tomat, mentimun, dan semangka.penyebab buah melon mati

Layu fusarium

Serangan penyakit ini disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Sulur pada tanaman yang terserang penyakit berubah menjadi kuning dan layu kemudian seluruh tanaman layu. Luka berwarna cokelat dapat berbentuk pada batang sepanjang 0,5-1 m.

Artikel terkait

Upaya penanggulangan yang bisa dilakukan adalah dengan cara berikut.

  1. Gunakan varietas tahan penyakit layu fusarium.
  2. Pergiliran tanaman dengan tanaman selain melon selama lima tahun.
  3. Pengapuran lahan dengan dosis 2-4 ton/ha untuk meningkatkan pH tanah.
  4. Hindari pemupukan ZA atau urea yang berlebihan.
  5. Perlakuan benih dengan fungisida Derosal 500 SC 1,0 ml/l. Pencegahan dengan penyemprotan fungisida tersebut; 1,5 ml/l; 250 ml/tanaman setiap 14 hari sekali sejak tanaman mulai berbunga.

Virus kuning

Virus kuning disebabkan oleh virus Gemini. Gejala serangan yang ditubjukkan tanaman adalah daun menunjukkan adanya bercak kuning dan beberapa daun menjadi keriting. Virus dapat ditularkan melalui benih, alat pertanian, dan kupu-kupu merupakan vektor bagi virus. Pada serangan berat, perkembangan buah akan lambat sehingga buah yang dihasilkan tidak sempurna, terutama pada bentuk buah dan rasanya.

Pengendalian yang bisa dilakukan adalah dengan cara teknis dan fisik/mekanis.

1. Cara kultur teknis

  • Penggunaan varietas tahan.
  • Sanitasi lingkungan dengan membersihkan gulna di sekitar tanaman.
  • Menanaman tanaman penghalang agar vektor (kutu kebul) tidak masuk lahan.

2. Cara fisik/mekanis

  • Memasang screen plastik setinggi minimal 2 m untuk menghalangi vektor masuk.
  • Sanitasi kebun dengan membersihkan gulma disekitar pertanaman.

Kekurangan unsur hara

Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu, yaitu ada klainan atau penyimpangan-penyimpangan. Lebih dari itu, banyak pula tanaman yang mati muda.

Tanah kurang subur

Tanah yang kurang subur umumnya kekurangan unsur kalium, magnesium, atau boron. Tanaman melon yang ditanam di tanah yang kurang subur akan menyebabkan aroma buah kurang dan rasa buah tidak manis. Cara menanggulanginya adalah dengan melakukan uji kandungan hara tanah dan memberi pupuk yang sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan boron

Tanaman yang kekurangan boron akan tumbuh kerdil dengan ruas-ruas yang pendek. Batang tanaman kaku dan terdapat beberapa luka/retakan yang mengeluarkan lendir cokelat kekuningan. Batang ini mudah sekali patah. Jika gejala berlanjut hingga tanaman dewasa maka tanaman sulit menghasilkan buah. Apabila buah terbentuk pun bentuknya abnormal.

Upaya penanggulangan kekurangan boron pada tanaman melon sebagai berikut.

  1. Pemupukan unsur mikro yang mengandung unsur boron, sperti Borate atau Fertibor dosis 2 g/tanaman.
  2. Penyemprotan pupuk daun yang mengandung unsur mikro boron, seperti Multimicro (B 0,3%) atau CaB (B 2%) dosis 1-2 ml/l mulai umur 10 minggu dan diulang 10 hari sampai tiga kali aplikasi.
loading...
Penyebab Buah Melon Sering Mati | Penulis | 4.5