Penyebab Bunga Anggrek Sering Rontok

Penyebab bunga anggrek sering rontok.Pada umumnya, rontok atau gugurnya bunga anggrek dapat disebabkan oleh faktor alamiah, iklim, faktor genetik, hama dan penyakit, serta pemupukan.

Faktor Alamiah

Rontoknya bunga tidak perlu dipermasalahkan bila terjadi karena faktor alamiah. Secara alami, bunga rontok pada bagian yang disebut lapisan absisi (abscission), yaitu lapisan tipis yang terdiri dari beberapa lapis sel.

Baca Juga:

Apabila telah tiba saatnya karena pengaruh waktu, seperti bunga telah lama mekar, maka lapisan sel tersebut akan semakin menipis dan mengering sehingga bunga akan rontok dengan sendirinya.

Faktor genetik

Bunga yang cepat layu atau rontok karena faktor genetik (keturunan) masih dapat diperbaiki oleh para pemulia tanaman (breeder) melalui seleksi atau perbaikan sifat tanaman dengan cara persilangan atau hibridisasi.

Faktor Iklim

Apabila bunga anggrek yang berasal dari bibit unggul cepat rontok atau rontok secara tidak wajar maka perlu dicari penyebabnya. Salah satu penyebabnya dapat berasal dari faktor iklim, seperti hujan, suhu, dan angin.penyebab bunga anggrek sering rontok

Hujan

Hujan yang turun secara terus-menerus atau berkepajangan menyebabkan aerasi dan draenasi udara menjadi terganggu. Akibatnya, proses fisiologi tanaman menjadi terhambat sehingga bunga akan mudah rontok.

Selain itu, hujan lebat yang berkepanjangan dapat menyebabkan robeknya sepal, petal, dan labelum. Terlebih Cattleya mempunyai sepal, petal, dan labelum yang berukuran sangat besar sehingga lebih mudah robek dibandingkan dengan bunga anggrek yang berukuran lebih kecil.

Suhu

Artikel terkait

Musim kemarau atau suhu udara sangat tinggi yang terjadi berkepanjangan juga dapat menajdi penyebab terganggunya proses fisiologi tanaman anggrek. Pengaruhnya antara lain akan terjadi transpirasi (penguapan) yang berlebihan sehingga tanaman kekurangan cairan.

Akibatnya, bunga menjadi cepat layu, berkerut, dan akhirnya rontok. Pada  umumnya, Cattleya cepat layu bila dibandingkan dengan anggrek potong lainnya. Hal ini disebabkan bunga Cattleya berukuran sangat besar sehingga proses transpirasi atau penguapannya juga lebih besar, terutama pada saat suhu tinggi.

Untuk menjaga agar bunga Cattleya tidak cepat layu dan tidak cepat rontok akibat penguapan yang sangat besar pada saat suhu tinggi. Untuk menjaga agar bunga Cattleya tidak layu dan tidak cepat rontok akibat penguapan yang sangat besar pada saat suhu tinggi maka disekitar tempat pertanaman disemprot air untuk meningkatkan kelembapan dan menurunkan suhu.

Angin

Angin yang bertiup sepoi-sepoi (lembut) sangat cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek, termasuk pertumbuhan bunganya. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya pertukaran udara.

Namun, bila angin bertiup sangat kencang secara berkepanjangan maka dapat merobohkan tanaman  dan mematahkan tangkai bunga. Disamping itu, angin yang kencang dapat menyebabkan stigma atau kepala putik yang berupa rongga berisi cairan kental dan sebagai tempat polen dan masuknya tabung polen ke dalam ovari pada waktu polinasi akan menjadi kering.

Oleh karena itum di daerah yang berangin kencang sebaiknya di sekelilingi tempat penanaman diberi pelindung atau penahan angin, misalnya paranet atau bilah-bilah bambu/papan kayu. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga agar bunga tidak cepat layu dan rontok.

Faktor iklim merupakan faktor alam sehingga sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, ramalan cuaca sangat penting untuk menentukan saat dilakukan saat dilakukan penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit. Dengan demikian, akan membantu bunga agar tidak cepat rusak dan dapat bertahan lama.

loading...
Penyebab Bunga Anggrek Sering Rontok | Penulis | 4.5