Penyebab Bunga Tanaman Buah Sering Tidak Jadi

  1. Curah hujan akan mencuci butir-butir tepung sari, akhirnya tepung sari tersebut jatuh.
  2. Hujan yang terlalu lebat bisa menyebabkan luka pada permukaan tubuh bunga sehingga bisa mengakibatkan bunga rontok.
  3. Volume curah hujan yang tinggi mengakibatkan udara menjadi lembab, sehingga memudahkan serangan hama pengakit.
  4. Selama hari-hari hujan, serangga penyerbuk tinggal diam bermalas-malasan, praktis mereka tidak dapat melakukan penyerbukan.

Tanaman durian di habitat aslinya tumbuh di hutan di hutan belantara yang beriklim panas (tropis). Pengembangan budidaya tanaman yang paling baik adalah

Didaerah dataran rendah sampai ketinggian 800 meter diatas permukaan laut (dpl)             Keadaan (iklim basah),suhu udara antara 25 derjat-32 derjat Celcius, Kelembapan udara (RH) sekitar 50%-80%, dan intensitas cahaya matahari 45%-50%.

Durian berbunga 1-2 kali setahun, di Indonesia musim berbunganya berbeda-beda. Durian termasuk ramiflorous, bunga muncul dicabang atau diranting. Sekelompok bunga terdiri dari 40-50 kuntum. Waktu yang diperlukan untuk mekarnya bunga sejak kuncupnya 6-8 minggu, bunga akan mekar pada sore hari. Masa berbunga durian 2-3 minggu,sedangkan buah akan muncul 100-150 hari setelah bunga mekar.images (6)

Baca Juga:

Curah hujan yang ideal untuk pertumbuhan dan pembungaan atau pembuahan tanaman durian adalah 1500-2500 mm/tahun atau lebih dari 100 mm/bulan, dan merata sepanjang tahun. Daerah yang curah hujannya tinggi atau hujan lebat, terutama pada periode pembungaan, sering menyebabkan gugur bunga atau pun buah, selain menyebabkan gugurnya bunga dan buah musim bunganya juga akan terlambat, terutama bila musim kemarau panjang. Pada masa pembungaan dan pembuahan, durian membutuhkan musim kering selama 3 bulan.

Artikel terkait

Jadi, pada saat akan membudidayakan tabulampot sesuaikan pilihan tanaman Anda dengan kondisi lingkungan tabulampot tersebut. Walaupun memang sebenarnya pengaruh factor iklim terhadap tanaman buah dapat dimanipulasi. Misalnya intensitas cahaya matahari dan curah hujan dapat dimanipulasi menggunakan paranet, plastik ultra violet, dan mulsa. Namun suhu dan kelembapan udara akan slit dimanipulas. Selain sulit cara manipulasinya juga memerlukan biaya yang mahal. Namun para pengusaha tabulampot bisa menggunakan green house untuk memanipulasi suhu dan kelembapan udara. Pengusaha mau membangun green house karena usaha mereka bersifat investasi jangka panjang. Jadi mereka justru akan diuntungkan dengan membangun green house ini.

Para hobiis tabulampot, apabila ingin meminimalisasi factor iklim Anda harus berhati-hati dalam menentukan jenis tanaman buah yang akan dibudidayakan menggunakan system tabulampot. Hal ini karena jika Anda melakukan kesalahan dalam menentukan jenis tanaman buah, maka Anda akan mengalami kegagalan dalam proses pembuangan dan pembuahannya.

Selain itu, dalam budidaya tanaman buah Anda harus memenuhi kebutuhan tanaman sesuai dengan syarat tumbuh tanaman tersebut agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah dalam pot optimal.

Namun apabila dalam proses pembudidayaan Anda menemukan ketidak cocokan factor iklim untuk tanaman tabulampot, Anda harus segera bertindak. Misalnya dengan segera memenuhi syarat tumbuh tanaman yang belum terpenuhi, memindahkan lokasi tanaman tersebut, atau dengan memanipulasi factor iklim yang ada.

loading...
Penyebab Bunga Tanaman Buah Sering Tidak Jadi | Penulis | 4.5