Penyebab Hama Pada Tanaman Aglaonema

Hama yang paling sering mengganggu tanaman aglaonema ialah mealybugs. Penyebab Hama Pada Tanaman aglaonema ini berukuran kecil, berwarna putih seperti kapas. Mealybugs menyukai tempat diantara daun dan batang di bawah daun, dan di akar. Pertumbuhan tanaman Aglaonema yang diserang akan terganggu karena hama ini mengisap cairan daun. Pada daun tampak tanda-tanda tusukan. Cara pengendaliannya dapat dengan menyemprotkan insektisida organik.

Hama pengganggu lainnya ialah ulat (caterpillar). Namun, serangannya sangat jarang, kecuali tanaman ditempatkan secara sembarangan dan bercampur dengan tanaman lainnya. Tanaman yang diserang sangat mudah terdeteksi dengan banyaknya lubang-lubang di tengah atau di samping daun sebagai bekas gigitan ulat.index

Gangguan fisiologis adalah gangguan tanaman yang tidak disebabkan oleh penyakit maupun hama. Gangguan ini dapat disebabkan oleh cahaya, air, zat hara, dan sebagainya. Gangguan fisiologis tersebut sebagai berikut.

Baca Juga:
  • Daun memucat

Keadaan ini kemungkinan disebabkan oleh kekurangan cahaya atau kekurangan zat hara. Oleh karenanya, perlu dilihat penempatan tanaman. Bila di tempat tanaman tumbuh cukup mendapatkan cahaya maka kemungkinan zat hara di dalam media tanam telah berkurang.

Artikel terkait
  • Daun muda kerdil

Hal ini disebabkan oleh kekurangan zat hara. Cara mengatasinya ialah dengan pemupukan. Kondisi daun muda yang mengecil juga dapat disebabkan oleh munculnya bunga aglaonema. Pembentukan bunga memerlukan makanan yang cukup banyak sehingga daun muda yang sedang tumbuh kurang mendapatkan makanan sebagaimana mestinya. Bila hal ini yang terjadi, bunga-bunga tersebut dipetik agar daun tumbuh normal kembali. Apabila pemberian pupuk telah cukup dan bunga tidak sedang tumbuh, tumbuhnya daun muda yang kerdil dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada akar, misalnya terserang Pythium.

  • Daun menguning

Daun menguning terjadi jika media tanamnya terlalu basah, lembap, atau dingin. Untuk mengatasi hal itu, perhatikan selalu media tanamnya.

  • Daun berdiri tegak

Harus diketahui bahwa tanaman aglaonema mempunyai posisi daun terhadap batang yang dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Jika cahaya yang diterima tanaman cukup, sudut daun tersebut lebih alami, antara 45-90 derjat. Apabila sudut daun kurang dari 45 derjat maka intensitas cahaya terlalu berlebihan. Tempatkan tanaman di tempat yang lebih teduh agar sosok tanaman kembali normal.

loading...
Penyebab Hama Pada Tanaman Aglaonema | Penulis | 4.5