Penyiraman Serta Kadar Air Yang Dibutuhkan Anggrek

Anggrek Phalaenopsis spesies membutuhkan penyiraman secara teratur. Penyiraman serta kadar air yang dibutuhkan anggrek relatif sedang.Air yang disiramkan harus berkualitas baik dengan jumlah cukup. Walaupun membutuhkan air, sebaiknya penyiraman air tidak boleh berlebihan karena anggrek Phalaenopsis bukan tanaman yang rakus air seperti jenis anggrek terrestrial. Bila penyiraman berlebihan, akan timbul berbagai penyakit pada akar maupun daun akibat serangan cendawan dan bakteri.

Sebaliknya, penyiraman yang kurang dan ditambah dengan suhu yang tinggi dapat berakibat terjadinya kekeringan atau dehidrasi. Dehidrasi umumnya ditandai dengan bagian batang dan daun menguning dan berkeriput. Bila dehidrasi berlangsung lama, dapat berakibat matinya tanaman anggrek.unduhan (9)

Selain jumlahnya harus cukup, air yang digunakan pun harus berkualitas baik. Air yang dapat digunakan untuk penyiraman pada tanaman anggrek adalah air sumur, air kran (air PAM), atau air hujan. Air PAM sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama semalam sebelum digunakan.

Baca Juga:

Pengendapan ini bertujuan untuk mengurangi kadar kaporit yang terkandung di dalam air tersebut. Setelah diendapkan, air yang ada di lapisan dasar atau sekitar 5 cm dari dasar wadah penampungan perlu dibuang. Setelah itu, air yang tersisa dapat digunakan untuk penyiraman.

Salah satu syarat agar air dapat digunakan untuk penyiraman adalah pH (tingkat keasaman). Air yang cocok untuk anggrek Phalaenopsis harus memiliki pH netral atau sekitar 7. Air yang ber-pH terlalu rendah (asam) atau terlalu tinggi (basa) kurang baik untuk pertumbuhan anggrek Phalaenopsis. Pengukuran pH air dapat dilakukan dengan pH meter atau kertas lakmus.

Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya merupakan jumlah sinar matahari yang diterima tanaman anggrek. Sinar matahari dibutuhkan oleh tanaman untuk proses fotosintesis. Walaupun dibutuhkan, intensitas yang baik untuk tanaman sebaiknya tidak boleh berlebihan ataupun kurang.

Artikel terkait

Kelebihan cahaya dapat mengakibatkan terbakarnya tanaman anggrek dan rusaknya jaringan tanaman yang ditandai oleh warna daun tidak normal atau kuning dan keriput. Sementara bila intensitas cahaya rendah, warna daun menjadi hijau tua, daun memanjang dan lemah, serta pembungaan terhambat sehingga tanaman akan mudah terserang penyakit.

Intensitas cahaya yang ideal untuk Phalaenopsis spesies adalah 25-40%. Sepanjang hari intensitas cahaya terus mengalami perubahan, kadang turun kadang naik. Untuk mendapatkan intensitas cahaya ideal, diperlukan jaring penahan cahaya, yaitu paranet. Paranet sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran kerapatan untuk menahan cahaya, mulai dari kerapatan 25% hingga 75%.

Pemakaian paranet sebaiknya disesuaikan dengan umur anggrek yang ditanam. Phalaenopsis spesies yang masih berumur muda menggunakan paranet dengan kerapatan sekitar 25%. Setelah dewasa, kerapatan paranet ditingkatkan menjadi sekitar 35-40%. Idealnya kerapatan paranet untuk anggrek Phalaenopsis spesies sekitar 25-40%.

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara merupakan udara yang bergerak di sekitar tanaman. Sirkulasi udara dibutuhkan oleh semua tanaman, termasuk anggrek Phalaenopsis. Phalaenopsis menyukai sirkulasi udara yang lembut dan terus-menerus. Sirkulasi udara kurang baik akan mengganggu pertumbuhan tanaman, diantaranya ialah tanaman akan mudah terserang penyakit, baik oleh jamur maupun bakteri. Sirkulasi udara yang sesuai akan membantu menjaga kelembapan lingkungan sehingga pertumbuhan tanaman berlangsung dengan baik.

Sirkulasi udara perlu dijaga agar tetap sesuai dengan kebutuhan tanaman aggrek. Salah satu caranya ialah dengan membuat aliran udara buatan. Aliran udara buatan dibuat dengan memasang blower atau kipas angin di dalam rumah tanaman dengan tujuan pemerataan kelembapan dan penurunan suhu yang tinggi, terutama pada siang hari saat sinar matahari terik. Pengoperasian alat ini dilakukan bila sirkulasi udara tidak sesuai, terutama pada siang hari karena saat itu biasanya suhu udara sedang tinggi.

loading...
Penyiraman Serta Kadar Air Yang Dibutuhkan Anggrek | Penulis | 4.5