Penyungkupan Tanaman Hias Dan Buah

Penyungkupan tanaman hias dan buah.Ada beberapa peralatan yang harus disiapkan dalam penyungkupan individu tanaman baik tanaman hias maupun tanaman buah.Cara penyungkupan tanaman hias dan buah adalah sebagai berikut.

  • Plastik

Plastik penyungkup yang biasa digunakan untuk menyungkup pot secara individu adalah jenis plastik polietilen atau bisa dikenal dengan nama dagang ”plastik es”. Pelastik ini sangat elastis. Ukuran plastik sangat beragam mulai dari ukuran 1/4 kg, 1/2 kg, dan 1 kg.

Ukuran plastik yang digunakan disesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan disungkup. Plastik ini hanya dapat digunakan maksimal dua kali masa pakai. Hal ini disebabkan tingkat sterilitas plastik sudah jauh berkurang. Plastik yang tidak steril dapat mengakibatkan tanaman mudah terserang busuk.

Baca Juga:
  • Bambu

Jika plastik sungkupan dirasa berpotensi mengenai bagian tanaman, bambu dapat digunakan untuk menyangga sungkupan. Plastik sungkupan tidak boleh mengenai tanaman secara berlebihan karena dapat membuat bagian tanaman yang terkena plastic membusuk. Sebelum digunakan, bambu terlebih dahulu di belah menjadi tongkat tipis-tipis.penyungkupan tanaman hias dan buah

  • Pot/wadah tanaman

Wadah yang bisa digunakan untuk pembibitan penyungkupan individu, di antaranya polibag dan pot plastik.

Penyungkupan komunal

Peralatan penyungkupan yang digunakan, yaitu sebagi berikut.

Artikel terkait
  • Plastik penyungkup

Plastik untuk penyungkup bedengan dikenal dengan nama dagang plastik UV. Plastik tersebut biasanya 12% dan 14% yang tersedia di pasaran. Plastik UV ini memiliki variasi ketebalan, tetapi ketebalan yang direkomendasikan sebesar 0,01-0,015 cm. Jenis plastik ini dapat digunakan satu hingga dua tahun.

  • Bambu

Seperti hanya pada penyungkupan individu, bambu dapat digunakan untuk menyangga sungkupan komunal jika plastik sungkupan dirasa berpotensi mengenai bagian tanaman.

  • Pot/wadah tanaman

Wadah yang bisa digunakan untuk pembibitan dalam penyungkupan komunal adalah pot plastik atau tray. Ada juga wadah yang juga berfungsi sebagai media tanam, yaitu sphagnum peat.

Alat Khusus Perbanyakan Vegetatif dan Generatif

Agar proses perbanyakan tanaman hias berjalan lancar, diperlukan peralatan yang lengkap. Beberapa jenis peralatan lainnya yang digunakan untuk perbanyakan tanaman hias sebagai berikut.

1. Pisau

Pisau yang digunakan sebaiknya berupa pisau khusus tanaman yang tajam dan bersih. Pisau yang tumpul dapat mengakibatkan bahan tanaman tidak membentuk akar dan busuk. Sementara itu, penggunaan pisau yang tidak bersih, besar kemungkinan bahan tanaman terserang penyakit dan akhirnya membusuk.

2. Gunting setek

Gunting setek sama fungsinya dengan pisau. Gunanya untuk memotong bagian tanaman yang akan dijadikan bahan setek. Seperti halnya pisua, gunting setek yang digunakan haruslah tajam dan bersih.

3. Alat penusuk

Sebilah kawat, bambu, batang korek api, atau tusuk gigi yang ditajamkan dapat digunakan untuk menusuk batang tanaman. Penusukan batang tanaman dapat membantu mempercepat tanaman menghasilkan anakan. Alat yang digunakan haruslah steril. Caranya adalah alat penusuk tersebut dicelupkan ke dalam larutan fungisida 0,1% setiap kali akan digunakan.

loading...
Penyungkupan Tanaman Hias Dan Buah | Penulis | 4.5