Perawatan Jika Bunga Adenium Tidak Mau Berbunga

Penampilan serta perawatan bunga adenium yang tidak mau berbunga sangat gampang.Anda tampak berantakan dan malas berbunga ? Jangan buru-buru disingkirkan Bunga adenium tersebut. Anda bisa mendandaninya menjadi lebih cantik dan bermandi bunga Adenium bak surga dunia. Caranya dengan pemangkasan (purning) dan pemberian pupuk secara intensif.

Cabang yang telah dipangkas tidak lama kemudian akan tumbuh tunas baru yang jumlahnya lebih dari satu. Dari tunas baru itulah nantinya akan bermunculan kuntum-kuntum bunga.

Selain memicu munculnya bunga, pemangkasan juga bertujuan untuk memperindah bentuk tajuk dan memotong siklus hidup hama yang kerap meyerang daun adenium. Pertumbuhan adenium kerap tidak kompak, seperti tangkai yang satu lebih panjang dibandingkan yang lain. Hal itu, membuat penampilan adenium terkesan berantakan dan semraut.cara perawatan bunga adenium yang tidak mau berbunga

Baca Juga:

Sebelum melakukan pemangkasan, pastikan tanaman dalam kondisi sehat. Tanaman sehat dicirikan dengan pertumbuhan daun dan batang yang aktif. Tanaman pun tampak segar dan kokoh. Memaksakan tanaman sakit untuk dipangkas biasanya berakibat fatal dan mengakibatkan tanaman mati.

Proses penyembuhan luka pada tanaman yang sakit akibat pemangkasan akan lebih lama dan mudah dihinggapi bakteri. Adapun teknik menyemarakkan bunga adenium dijelaskan sebagai berikut.

Semua jenis dan umur tanaman bisa dilakukan pemangkasan. Tanaman muda, umur lebih 6 bulan bisa saja diprogram sejak awal untuk dipangkas dan dibentuk tajuknya. Tidak ada aturan baku untuk pemangkasan dan pembentukan tajuk.

Itu disesuaikan dengan selera dan bentuk yang diinginkan. Untuk pembentukan tajuk dengan pola sederhana bisa digunakan model 1-3-9-27. Pola itu diadopsi dari pembentukan tajuk tanaman buah.

Hal yang harus diperhatikan saat pemangkasan adalah hindari memilih cabang saling bertumpuk atau saling bersilangan. Cabang-cabang tersebut lambat menegluarkan tunas baru dan bunga. Selain itu, pilih batang dengan diameter minimal 3-5 cm. Syarat lain, gunakan tanaman yang berbatang kokoh dan besar. Semakin besar dan kekar batang, umumnya kesempatan adenium berbunga serempak lebih tinggi.

Artikel terkait

Perawatan bunga Adenium

Tanaman yang telah dipangkas diletakkan di tempat yang teduh, tetapi cukup mendapatkan inar matahari langsung. Pasca-pemangkasan tanaman membutuhkan perawatan intensif. Hindari penyiraman yang berlebihan karena bisa menyebabkan luka membusuk.

Jika cuaca cerah, penyiraman bisa dilakukan setiap hari. Yang penting, jika media dipegang terasa kering, penyiraman perlu dilakukan secukupnya. Sekitar 1-2 bulan sebelum tanaman berbunga penuh, frekuensi penyiraman dikurangi menjadi 1-2 klai seminggu selama tiga minggu. Perlakuan itu dilakukan secara bertahap

Pupuk bunga Adenium

Pemupukan juga turut andil dalam merangsang pembuangan. Dalam keadaan gundul, tanaman membutuhkan hara yang banyak untuk memunculkan bunga. Hobiis bisa menggunakan pupuk slow release seperti Growmore, Dekastar, atau mengamp dengan dosis sesuai anjuran yang tertera pada kemasan. Pupuk tersebut bisa juga diberikan tiga minggu sebelum pemangkasan.

Setelah pemangkasan dan proses pengurangan penyiraman dilakukan, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung P dan K tinggi. Misalnya Gandasil B, Hyponex, dan Growmore. Pupuk cair tersebut disiram dua kali seminggu hingga bunga mekar serentak.

Disamping stres air, hobiis juga bisa mengikuti cara sejumlah pekebun adenium di Thailand. Sekitar delapan minggu sebelum berbunga penuh, tanaman digunduli. Setelah itu, tanaman dipacu dengan pupuk lengkap. Dengan demikian , akan terbentuk percabangan baru, yaitu sekitar 2-3 tangkai setiap cabang. Dari percabangan baru itulah akan muncul kuntum-kuntum baru.

Setelah pemangkasan terkadang cabang tidak tumbuh serempak. Biasanya ada cabang yang pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan cabang lainnya. Pertumbuhan cabang yang tidak beraturan tersebut membuat penampilan tanaman terkesan berantakan.

Untuk merapikan nya, pangkas cabang yang lebih panjang atau tidak diinginkan dengan pisau tajam dan steril. Selanjutnya, tusukkan lidi atau korek api tepat ditengah permukaan cabang bekas pangkasan. Tusuk tersebut akan menghambat pertumbuhan sekaligus merangsang munculnya ranting baru di bawah pangkasan. Sekitar tiga bulan kemudian, cabang dan ranting akan tumbuh membentuk tajuk yang kompak.

loading...
Perawatan Jika Bunga Adenium Tidak Mau Berbunga | Penulis | 4.5