Pesona Keindahan Tanaman Hias Daun Bunga Aglaonema

Pesona keindahan tanaman hias daun bunga aglaonema-Tanaman hias Bunga Aglaonema hibrid memberikan dua pilihan, lokal atau impor asal Thailand. Anda mungkin telah melihat keduanya. Namun, yang akan diulas adalah beberapa varian yang pernah negtop dan masih populer hingga kini.

Anda bisa melihat sendiri bagaimana keindahan dari aglaonema. Tanaman hias ini memang didesain oleh penyilangannya, Greg Hambali dari Bogor, Jawa Barat untuk hobiis yang  bergaya modern  dengan warna-warna menarik dan motif dekoratif.

Cobalah lihat aglaonema ‘Pride of Sumatra’. Sejak kemunculannya pertama kali hingga kini namanya masih  terus bergaung di hati para pecinta tanaman hias. Daunnya yang tebal dibalut warna hijau gelap di setiap helaian.

Baca Juga:

Ketika tanaman berusian dewasa warna hijaunya akan semakin jadi. Sementara itu, permukaan bawah daun berwarna merah menyeruak di antara hijaunya dedaunan yang rimbun. Ruas-ruas tulang daun berwarna merah jambu tampak rapi, sehingga menambah cantik tampilannya.

Performa daun memang menjadi andalan bagi aglaonema karena tanaman ini dianugerahi bentuk dan corak warna daun yang memukau. Apalagi sekarang semakin banyak dihasilkan varian baru hasil silangan.Pesona Keindahan Tanaman Hias Daun Bunga Aglaonema

Sekadar menyebut menyebut sejumlah varian aglaonema hibrid hasil persilangan Greg, panggilan Greg Hmabali antara lain ‘Donna Carmen’, ‘Tiara’, ‘Widuri’, ‘Srikandi’, ‘Adelia’, ‘JT 2000’, ‘Madame Suroyo’, ‘Petit’, ‘Diana’, ‘Ken dedes’, ‘Shinta’, ‘Ria’, ‘Reina’, dan masih banyak lagi.

Aglaonema ‘Tiara’

Tampilannya mirip dengan ‘Hot lady’, hanya saja warna daunnya semarak dengan tambahan warna kuning. Corak daunnya berwarna hijau, dengan bagian tulang daun utama berwarna merah jambu merona.

Aglaonema ‘Hot lady’

Keelokannya yang sangay memikat ditampilkan pada sosok daun mengkilap. Hibrid asal Indonesia ini tampil berani dengan warna merah terang yang menggoda. Warna merah berkumpul di bagian tulang daun utama dan tersebar tak merata mewarnai permukaan daun yang hijau.

Aglaonema ‘Widuri’

Ciri khasnya pada daun lebar menekuk agak ke dalam. Warna merah jambu menambah keanggunan hibrid ini dengan bagian tulang daun utama berwarna merah jambu yang merona.

Aglaonema ‘Pretty woman’

Hibrid ini tampil berani dengan warna merah cerah yang memikat. Tulang daun merah menyala. Bercak hijau menyebar merata menambah keelokannya.

Aglaonema ‘Ref majesty’

Artikel terkait

Hibrid ini tampil berani dengan warna merah yang menggoda. Warna merah menyebar diseluruh daun. Bahkan tulang daun utama pun merah. Bercak hijau diujung daun membuatnya makin memikat.

Aglaonema hibrid memang menjadi incaran karena warna daunnya yang lebih incaran karena warna daunnya yang lebih semarak, sehingga para para hobiis tak pernah bosan menikmatinya. Sebut saja ‘Harlequin’ hasil silangan Greg yang dilelang pada tahun 2005.

Varian yang satu ini pernah menyabet rekor daun termahal di zamannya. Bayangkan, selembar daunnya dihargai hingga 13 juta rupiah. Spektakuler!

Pantas, ‘Harlequin’ ini berharga hingga ratusan juta rupiah. Lihat saja, warna daunnya hijay dengan corak merah jambu. Bentuk daun yang membulat semakin menarik dengan lekukan-lekukan tegas di setiap ruas tulang daunnya.

Kalau di Indonesia Greg menjadi penghasil varian aglaonema yang top, sejumlah penyilang di Thailand pun ikut ambil bagian dalam menghasilkan hibrid-hibrid baru. Contohnya, ‘Legacy’, ‘Cochin’, ‘Red peacock’, Super red’, ‘Chao praya’, ‘Star buck’, Preasure of siam’, ‘Big mama’, ‘Novena’, dan lain-lain. Bukan hanya warna yang ngejreng, juga motif-motif yang ditawarkan sangat bervariatif.

‘Legacy’ yang diusung Gunawan Wijaya dari Wijaya Nursery di Sentul, Bogor Jawa Barat memiliki susunan dan yang kompak. Lihatlah pula warna daunnya yang merah semu pink dihiasi dengan totol-totol hijau.

Lapisan kulit yang mengilap memberikan kesan ningrat sehingga dinamakan ‘Legacy’. Kini, tak hanya berdaun merah, telah ada ‘Green legacy’, ‘White legacy’, dan ‘White pink legacy’ (daun putih dengan tulang daun merah muda).

Padahal, kalau saja kesan keeleganan yang tidak dominan, ‘Legacy’ bisa dinikmati segmen yang lebih luas. Maklum, harga ‘Legacy’ masih terbilang tinggi. Debfab penampilan seperti itu, harga ‘Legacy’ menyamai ‘Tiara’ atau Widuri’. Performa yang dimiliki ketiganya memang sulit dibedakan. Karakter daunnya yang khas sehingga sedap dipandang mata.

Hasil pengamatan, varian aglaonema yang dicetak massal antara lain ‘pride of sumatera’, ‘Donna carmen’, dan ‘Adelia’.

Fmemang ketiga varian ini mudah didapatkan di kios-kios tanaman hias. Dipameran tanaman hias pun, ketiganya acap mejeng dibarisan rak-rak terdepan setiap stan.

Apa yang ditawarkan aglaonema sudah terbukti. Keindahan warna daun dan motif batik yang menarik mampu menjawab keinginan hobiis. Setidaknya bila teras rumah Anda tampak menawan, aglaonema menjadi pilihan. Kalau Anda wanita yang suka yang berbau glaomur, silakan pula membawanya.

Aglaonema ‘Legacy’

Hibrid asal Thailand ini memiliki sosok cantik dengan bentuk daunnya yang ramping. Daunnya bernuansa merah muda dan agak pudar.

Warna merah pada tulang daun tampak tegas sehingga jelas terlihat di permukaan daunnya. Semburat warna hijau dari bagian tepi menuju tengah daun berpadu apik dengan merah muda pada daunnya itu.

 

loading...
Pesona Keindahan Tanaman Hias Daun Bunga Aglaonema | Penulis | 4.5