Plasma Nutfah Yang Terdapat Pada Buah Semangka

Plasma nutfah yang terdapat pada buah semangka.Plasma nutfah adalah bahan baku dasar pemuliaan karena di sini tersimpan berbagai keanekaragaman sifat yang dimiliki oleh masing-masing nomor koleksi (aksesi). Tanpa keanekaragaman, perbaikan sifat tidak mungkin dilakukan. Usaha pencarian plasma nutfah baru berarti eksplorasi ke tempat-tempat yang secara tradisional menjadi pusat keanekaragaman hayati (atau hutan) atau dengan melakukan pertukaran koleksi.

Lembaga-lembaga publik seperti IRRI dan CIMMYT menyediakan koleksi plasma nutfah bagi publik secara bebas bea, namun untuk kepentingan bisnis di atur oleh perjanjian antara pihak-pihak yang terkait.

Keanekaragaman dalam plasma nutfah merupakan bahan dasar untuk perakitan kultivar baru.

Baca Juga:

Genetik

Apabila aksesi tidak ada satu pun yang memiliki suatu sifat yang diinginkan, pemulia tanaman melakukan beberapa cara untuk merakit individu yang memiliki sifat ini. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah introduksi bahan koleksi, persilangan, manipulasi kromosom, mutasi dengan paparan radioaktif atau bahan kimia tertentu, Penggabungan (fusi) protoplas/inti sel, manipulasi urutan gen, transfer gen, dan manipulasi regulasi gen.Plasma Nutfah Yang Terdapat Pada Buah semangka

Artikel terkait

Empat cara yang disebut terakhir kerap dianggap sebagai bagian dari bioteknologi pertanian (green biotechnology). Tiga cara yang terakhir adalah bagian dari rekayasa genetika dan dianggap sebagai ”pemuliaan tanaman molekular” karena menggunakan metode-metode biologi molekular.

Mendatangkan bahan tanam dari tempat lain (introduksi) merupakan cara paling sederhana untuk meningkat keragaman (variabilitas) genetik. Seleksi penyaringan (screening) dilakukan terhadap koleksi plasma nutfah yang di datangkan dari berbagai tempat dengan kondisi lingkungan yang berbeda-beda.

Pengetahuan tentang pusat keanekaragaman (diversitas) tumbuhan penting untuk penerapan cara ini. Keanekaragaman genetik untuk suatu spesies tidaklah sama disemua tempat di dunia. N.I Vavilov, ahli botani dari Rusia, memperkenalkan teori ”pusat keanekaragaman” (centers of origin) bagi keanekaragaman pertumbuhan.

Contoh pemuliaan yang dilakukan dengan cara ini adalah pemuliaan yang dilakukan dengan cara ini adalah pemuliaan untuk berbagai jenis tanaman buah asli Indonesia, seperti durian dan rambutan, atau tanaman pohon lain yang mudah diperbanyak secara vegetatif, seperti ketela pohon dan jarak pagar. Introduksi dapat di kombinasi dengan persilangan.

Malai padi dibungkus dengan kertas pelindung untuk mencegah penyerbukan yang tidak dikehendaki. Persilangan masih menjadi tulang punggung industri perbenihan sampai saat ini.

loading...
Plasma Nutfah Yang Terdapat Pada Buah Semangka | Penulis | 4.5