Pupuk Daun Untuk Bunga Philodendron

Pupuk daun untuk bunga philodendron-Untuk tumbuh normal, tanaman hias philodendron membutuhkan unsur hara makro (N, P, K) maupun mikro (Mn, Cu, Fe, Na, CI). Namun, kebanyakan philo yang ditanam di pot mendapatkan pupuk majemuk. Unsur-unsur itu membuat daunnya berwarna hijau sesuai dengan warna aslinya. Bila unsur hijau yang menonjol maka warna daunnya harus benar-benar hijau segar, bukan hijau pucat atau kusam.

Oleh karena itu, philo perlu mendapatkan pupuk dalam jumlah memadai, terutama unsur N. Jenis pupuk ini di jual di pasaran dengan beragam merek daging, seperti Growmore, Hyponex, Gandasil, Bayfolan, Pensibao, dan Vitabloom.

Waktu dan cara pemupukan memegang peranan penting untuk pertumbuhannya. Banyaknya pupuk tergantung umur tanaman. Agar amannya, dosis dan cara pemberian pupuk disesuaikan dengan petunjuknya.

Baca Juga:

Kalau memakai pupuk slow release (Osmocote, Dekastar, Magamp), dianjurkan setiap 3-4 bulan sekali. Untuk tanaman berukuran sedang hingga besar cukup 1-2 sendok makan. Sementara untuk tanaman kecil cukup 1-2 sendok teh.Pupuk Daun Untuk Bunga Philodendron

Daun Berkilau

Debu dalam ruangan merupaan ”musuh” besar philo karena sangat mengganggu kesehatannya. Selain daun menjadi kotor, juga menyumbat pori-pori daun sehingga mengganggu kesehatannya. Selain daun menjadi kotor, juga menyumbat pori-pori daun sehingga mengganggu respirasi dan membentuk lapisan di permukaan daun yang menghalangi masuknya sinar matahari untuk fotosintesis.

Kotoran yang menempel dipermukaan daun harus dibersihkan secara berkala. Lapisan debu yang belum begitu tebal dapat dihilangkan dengan menyemprotkan air ke permukaan daun. Gunakan sprayer yang memiliki butiran halus agar daun sampai rusak.

Cara lain, daun dilap dengan tisu, kain, atau spon yang sudah di basahi air. Lakukan pengelapan 2-3 hari sekali atau seminggu sekali. Dengan begitu, daun philo kesayangan tampak berkilau sehingga menjadi daya tarik sendiri. Di kontes, daun yang mengilap mendapat poin lebih dalam penilaian.

Daun Kompak dan simetris

Artikel terkait

Philo tampak anggun bila daunnya yang hijau segera itu mulus, tanpa sobek atau cacat, dan berkilau/mengilap. Tampilannya semakin memikat bila didukung dengan sosoknya yang kompak, tangkai daun tersusun rapi, simetris, dan seimbang mengelilingi batangnya yang kokoh. Di kontes, sosok yang kompak memperoleh nilai tinggi selain kesehatan dan keindahan warnanya

Cahaya matahari sangat berpengaruh pada posisi daun dan tangkainya. Idealnya, posisi daun agak tegak atau menekuk ke bawah. Hal ini tergantung jenis philodenddron lynette cenderung bertangkai tegak keatas, sedangkan philodendron pinnatifidum agak menjuntai agak menjuntai ke bawah.

Bila tangkai daun tumbuh tidak beraturan dipastikan intensitas cahaya matahari terlalu berlebihan pada salah satu bagian tanaman saja. Pada dasarnya semua tanaman bersifat autotrop-cenderung mencari arah datangnya sinar matahari.

Jadi, bila hanya salah satu bagian yang mendapat sinar, sementara bagian lain tidak maka komposisi secara keseluruhan tanaman biasanya kompak. Ada bagian tanaman yang ”kosong” karena tangkai daun berubah posisinya.

Untuk mengembalikan posisi daun ke posisi semula butuh ke posisi butuh waktu  lama. Cobalah cara berikut. Letakkan tanamanyang kosong ke arah timur tempat datangnya sinar matahari. Yang penting adalah senantiasa memantau perubahan posisi tangkai daun setiap hari. Jangan lupa untuk tetap mengontrol kondisinyaagar tetap prima.

Agar kejadian ini tidak terulang kembali pada philo lainnya maka sebaiknya pengaturan dilakukan sejak awal. Membuat philo tumbuh kompak, dan daun simetris memang cukup mudah, tetapi dituntut kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya. Pilihlah terlebih dahulu lokasi yang tepat untuk meletakknnya .

Lokasi nya bisa di sudut ruangan agak gelap, dekat jendela, atau pembatas ruangan. Bisa juga diletakkan di serambi rumah, di samping pintu, atau dibawah jendela. Yang penting pastikan lokasi itu sesuai dengan kebutuhan hidupnya, baik itu sinar matahari, suhu, dan sirkulasi udara. Setelah itu, lakukan pemutaran pot dengan posisi 180 derjat seminggu sekali.

Dengan teknik sederhana sederhana ini maka seluruh bagian tanaman (daun dan tangkai) memperoleh sinar matahari secara proporsional. Yang perlu mendapat perhatian penting adalah senantiasa memantau perkembangannya. Sebab, bila terlambat mengubah posisi maka dapat berakibat fatal. Bentuk tangkai dan daun menjadi amburadul.

loading...
Pupuk Daun Untuk Bunga Philodendron | Penulis | 4.5