Semangka Mampu Membuat Awet Muda dan Perkasa Pria

Semangka mampu membuat awet muda dan perkasa Pria.Siapapun pasti menyukai semangka. Ada berbagai jenis semangka. Ada yang berwarna merah, ada pula yang berwarna kuning. Ada yang berbiji ada pula yang tanpa biji. Dibandingkan dengan yang berwarna kuning, semangka merah lebih kaya gizi serta senyawa fitokimiawi.

Seperti ditulis oleh Wied Harru Apriadji dalam Majalah Sedap secara terbaik dan paling praktis untuk menikmati semangka adalah langsung saja dimakan segar. Cara makan seperti ini memungkinkan seluruh zat gizi dan kandungan bermanfaat di dalam semangka termanfaatkan segera utuh tanpa mengalani kerusakan. Jus semangka yang dibuat menggunakan juicer telah berkurang kadar seratnya. Karena itu, lebih disarankan membuatnya menggunakan blender.

Mengolah semangka menjadi sajian kreatif dapat menambah kreasi sajian dari semangka. Hanya saja, sebaiknya dipertimbangkan agar tidak menambahkan bahan yang justru dapat merusak nilai sehat yang dimiliki semangka. Misalnya tidak menambahkan gula/sirup, susu kental manis, atau cream secara berlebihan.

Baca Juga:

Semangka termasuk salah satu buah segar yang di golongkan sebagai makanan fungsional (functional food). Alasannya, semangka rendah kalori meskipun rasanya manis, banyak mengandung air, bebas lemak, kaya betakaroten dan vitamin C, serta berlimpah likopen yang berkhasiat obat. Keunggulan ini menjadikan semangka aman dinikmati seberapapun Anda suka.Semangka Mampu Membuat Awet Muda dan Perkasa Pria

Sekalipun rasanya manis, semangka tidak menyimpan kalori berlimpah, hanya 28 kalori per 100 gram. Bandingkan dengan belimbing yang sama-sama berair, ternyata memiliki kandungan energi 36 kalori. Sekalipun rasanya manis, kadar gulanya hanya 5%.

Tidak mengherankan jika kandungan kalorinya terbatas. Kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah menjadikan semangka cocok bagi pelaku diet rendah kalori. Apalagi karena semangka bersifat ‘makan tempat’ (bulky) di dalam lambung, sehingga cepat membuat kenyang.

Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya tinggi membantu mengontrol tekanan darah, apalagi karena semangka tidak mengandung lemak. Beberapa liter atur juga menyebutkan semangka bermanfaat mempergiat kerja jantung. Sejumlah antioksidan, termasuk berakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

Kombinasi kadar air dan kalium yang tinggi menjadikan semangka dapat diandalkan sebagai makanan diuretika, guna merangsang keluarnya air seni lebih deras. Baik sekali untuk membantu penyembuhan gangguan sulit kencing (anyang-anyangan) dan mencegah ganguan pada kandung kemih, seperti kencing batu. Makan semangka baik untuk menurunkan demam.

Warna metah pada semangka menandakan tingginya kadar likopen, salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Karena itu, makan semangka merah lebih disarankan dari pada semangka kuning.

Dibandingkan senyawa antioksidan lainnya, khususnya vitamin C dan E, kekuatan likopen semangka memerangi radikal jauh lebih ampuh. Setiap satu molekul radikal bebas sekaligus.

Artikel terkait

Radikal bebas merupakan hasil sampingan metabolisme. Setiap saat tubuh menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Jika perusakan ini berlangsung tidak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun.

Kerusakan sel akibat ulah radikal bebas ini dapat teramati secara fisik, seperti kulit kering, suram, kendur, dan berkurang kekenyalannya. Jika rajin makan semangka, likopennya akan melumpuhkan radikal bebas tersebut sebelum sempat beraksi. Bahkan likopen dibantu zat antioksidan lain dalam semangka, yakni berakeroten, mampu menyegarkan kembali sel-sel layu yang sudah terlanjur dirusak oleh radikal bebas.

Maka jangan heran, jika penggemar semangka, tak terkecuali buah-buahan segar lainnya serta sayuran segar memiliki wajah yang bercahaya, tampak segar, dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Khasiat lainnya, likopen semangka mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tidak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita berisiko tinggi yang sehari-hari dietnya sarat kalori/gula/lemak tapi miskin sayur dan buah.

Terhadap kanker pencernaan seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya. Begitu pula dengan kanker prostat.

Beberapa banyak semangka yang harus dihabiskan guna mendapatkan manfaat tersebut? Tidak banyak, sehari cukup menghabiskan 1/8-1/2 bagian semangka (tergantung ketajaman warna merah semangka dan besarnya buah), yang menyumbangkan 15-20 mg likopen.

Semangka termasuk buah yang paling kaya kandungan likopen. Buah lain yang mengandung likopen adalah tomat merah. Di India pernah dilakukan penelitian terhadap 30 pasang tidak subur, khusunya trehadap laki-laki dari pasangan tersebut yang berusia 23-45 tahun. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal, dan pergerakannya lambat.

Dua kali dalam sehari mereka diberi makanan kaya likopen yang masing-masing menyumbangkan 20 mg likopen (setara 1/2 bagian semangka) selama 3 bula terus-menerus. Hasilnya, setelah 3 bulan menjalani terapi rata-rata jumlah sperma mereka meningkat 67%, struktur sperma mengalami perbaikan sebanyak 63%, dan kegesitan sperma melonjak 73%. Yang mengejutkan, 6 diantara laki-laki yang tidak subur tersebut nyata sukses menghamili istrinya.

Semangka tidak hanya berkhasiat menyuburkan sperma, tetapi juga membangkitkan gairah seksual laku-laki. Di dalam semangka tersimpan senyawa sitrulin yang memiliki efek afrodisiak sama hebatnya dengan viagra, tetapi sama sekali tanpa efek samping.

Sitrulin termasuk salah satu asam amino yang mendorong tubuh agar menghasilkan lebih banyak nitrit oksida, suatu zat pemicu ereksi. Keunggulam sitrulin, ia sangat mudah di serap tubuh, sehingga darah lebih cepat jenuh dengan sitrulin dan efek birahinyalebih segera.

Hanya saja, karena kadar sitrulin dalam semangka tidak cukup tinggi, guna mendapatkan efek afrodisiaknya, Anda harus mampu menghabiskannya 3 buah sehari! Jika tak sanggup, tak apa. Karena dengan lebih sering makan semangka, bairpun cuma sepotong (1/8 bagian), sudah memberikan sumbangan sangat berarti bagi kesehatan/

loading...
Semangka Mampu Membuat Awet Muda dan Perkasa Pria | Penulis | 4.5