Spesias Tanaman Hias Anthurium Raja Tanaman Hias Mahal

Spesias tanaman hias Anthurium Raja Tanaman Hias Mahal-Dulu tahun 2005, Tanaman hias mahal Anthurium belum banyak dilik orang. Maklum, pamornya kalah dengan aglaonema yang sangat populer disebut-sebut dengan nama si Ratu Daun. Hal itu karena kecantikan daunnya yang berwarna-warni.

Namun, di penghujung tahun 2006, anthurium barulah menunjukkan kegagahannya. Si daun hijau ini telah menjadi fokus perhatian banyak kolektor maupun pembisnis tanaman hias. Sosoknya besar, kekar, dan kaku menjadi daya tarik utama, tidak ketinggalan peluang bisnisnya sangat menjanjikan. Pantas, bila tanaman yang satu ini dijuluki si raja daun.

Gaung anthurium terdengar di mana-mana. Tak hanya di kota besar di Jawa, petani di lereng Gunung Lawu pun mengenalnya sebagai ”pohon penghasil duit.”

Baca Juga:

Tidak sedikit  pengusaha bus, supermarket, kontraktor, bakery, dan pabrik sepatu yang menanamkan investasinyake bisnis tanaman ini bahkan tukang becak di pinggiran Solo, Jawa Tengah pun ikut-ikut berdagang anthurium. Banyak orang yang kaya mendadak dari bisnis tanaman ini.Spesias Tanaman Hias Nathurium Raja Tanaman Hias Mahal

Hangatnya perbincangan karena harganya yang wow, membuat semua orang tergiur untuk ikut membisniskannya. Ya, konon harga anthurium ‘Supernova’ mencapai miliaran rupiah. Harga tertinggi dari sebuah tanaman ini bahkan mencapai angka miliaran rupiah yang tentunya sangat mahal bagi sebuah tanaman hias.

Banyak yang telah meraupuntung dari tanaman ini. Bertambahnya gengsi serta janji keuntungan yang tinggi seakan menjadi magnit utama untuk mempunyai dan berbisnis tanaman anthurium ini.

Demam anthurium tidak hanya melanda Jakarta sebagai kota besar, tetapi telah merambah dari pelosok-pelosok kota di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, Kalimantan hingga pulau papua. Konon, beberapa jenis tanaman ini dahulu mudah ditemukan di hutan-hutan tropis Indonesia bahkan dijadikan daun pembungkus, siapa sangka sekarang menjadi sangat mahal harganya.

Berawal dari Anthurium plowmanii atau populer dengan sebutan ‘Wave of love’ alias ”Gelombang Cinta”. Kemudian disusul oleh Anthurium jenmanii, Anthurium hookeri, Anthurium superboom, Anthurium radicans, dan masih masih banyak lagi jenis-jenis anthurium lain yang sempat mem-booming, lalu harganya melambung tinggi.

Dari jenis-jenis tersebut, varian Anthurium jenmanii dengan kelompok nama ular-ularannya menjadi leader dalam harga jual tertinggi di dunia pertanaman hias populer saat ini. Sebut saja, Anthurium jenmanii ‘Kobra’ yang sampai saat ini masih menjadi most wanted konsumen.

‘Kobra’.., ‘kobra’.., dan ‘kobra’. Varian anthuriym yang pertama kali diliris oleh M.Anshori dari Zikita Nursery ini memang memiliki bentuk daun yang eksotik. Saking terkenalnya sampai-sampai muncul ‘Kobra’ dan ‘Kobra’ lain.

Tak heran bila banyak orang lantas mengklaim memiliki ‘kobra’. Takut tertipu oleh ulah penjual, maka sebaiknya mengenali ciri-cirinya.

‘Kobra’ dapat dikenali dari urat, daun, bentuk daun, dan warnanya. Bentuk daunnya bulat telur dengan bagian yang lebar terdapat di ujung daun dan bagian atas melengkung menyerupai kepala ular kobra. Sehingga ujung daun saling menghadap ke arah dalam. Pada tepi daun bergelombang. Sedangkan tengkuk daun menekuk. Punggung daun kasar dengan permukaan beralur jelas dan tegas.

Artikel terkait

Lain ceritanya dengan ‘Supernova’. Nama yang disematkan Joe Kok Siong dari Kaliurang Garden Center di Yogyakarta pada tanaman hias ini memang sesuai dengan performanya. Sosoknya gagah, kekar, perkasa, dan berwibawa.

Dengan ukurannya yang besar, ‘Supernova’ memiliki bakat jumbo. Ditambah lagi, varian anthurium yang satu ini langka. Keunggulan di tambah dengan kelangkaan membuat harganya membumbung.

Kabarnya, harga ‘Supernova’ ditaksir satu miliar rupiah. Harga itu hanya untuk bijinya. Maklum, ‘Supernova’ rajin mengeluarkan bunga. Jadi bisa dibayangkan berapa harga ‘Supernova’ dengan 5 tongkol bunga.

Jenis Banyak

Saat ini jenis varian anthurium cuykup banyak, terutama Anthurium jenmanii. Selain ‘kobra’ dan ‘Supernova’, ada ‘King kobra’, ‘Predator’, Pagoda’, Kulit jeruk’, ‘Jati’, Twister’, ‘Mangkuk’, ‘Golden’, ‘Phyton’, ‘Brokoli’, ‘Kol’, ‘Anaconda’, ‘Mamaconda’, ‘Sayur’, ‘Mawar’, ‘Jaipong’, ‘Tanduk’, ‘Bob marley’, ‘Alphard’, ‘Tyson’, ‘Lexus’, dan lain-lain. Penamaan yang berbeda-beda itu karena bentuk, warna, dan motif daunnya.

Belum lagi varian dari Anthurium hookeri, muncul nama ‘Sweeta’, ‘Black sweeta’, jenis varigata,’ ‘Badak’, ‘Gelombang burgundy’, dan lain-lain. Pada varian anthurium ini lebih menonjolkan kegagahan dan kebesaran daunnya sehingga mengesankan macho.

Apalagi kalau kelir atau warna permukaan daunnya hitam semakin menambah daya pikatnya. Sosoknya yang memikat jelas membuat simpatik para kolektor untuk memilikinya.

Masih banyak lagi keindahan bentuk daun yang ditawarkan oleh si raja daun ini. Contohnya, bentuk daun segitiga pendek (corong dan bintang kejora), menjadi (A. podophylum), bentuk hati (A. radicans atau sirih), lonjong panjang sempit (keris), lonjong panjang agak lebar (A. superboom), tombak (A. verapazense).

Warna daun meliputi daun hijau tua, hijau tua kehitaman, hijau muda (golden), dan variegata, hingga berbatang merah dan batang kuning. Bentuk permukaan daun ada yang halus, berkerut, dan juga ada yang beludru.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa varian anthurium cukup banyak dan harganya mahal. Alasannya, proses penyilangan cukup mudah dilakukan serta kondisi lingkungan yang mendukung, membuat jenis hasil silangan semakin bervariatif.

Ditambah pula, dalam perkembangan biji dari satu tongkol tidak ada yang 100% sama, pasti ada perbedaan sifat dan karakter dari tanaman itu sendiri. Hasilnya pun menjadi sangat beragam dan sulit untuk dibedakan.

Jadi, untuk mendapatkan varian yang bagus semisal ‘Kobra’ sulit. Dengan kata lain, ‘Kobra’ menjadi varian yang langka. Dari persilangan ke dua induknya belum tentu mendapatkan ‘Kobra’. Paling banter 10% atau dari 1.000 biji hanya diperoleh 100 biji yang memiliki karakter mirip kobra.

Nah, apa yang Anda simpulkan dari rayuan anthurium ini. Tanaman hias yang bersosok keren? Boleh-boleh saja Anda mengoleksinya. Performa sangat bagus untuk ditempatkan sebagai penghias di dalam rumah (indoor plant). Kesan daunnya yang gagah, kekar dan kokoh mencerminkan pemiliknya lebih berwibawa. Tertarik?

loading...
Spesias Tanaman Hias Anthurium Raja Tanaman Hias Mahal | Penulis | 4.5