Suhu Yang Cocok Untuk Jenis Tanaman Dalam Ruangan

Berdasarkan kebutuhan suhu Untuk Tanaman lingkungan,suhu yang cocok untuk jenis tanaman dalam ruangan bisa di bedakan sesuai penjelasan di bawah.tanaman hias dalam ruangan dapat dibedakan atas tiga kelompok besar, yaitu yang menyukai suhu sejuk, hangat, dan panas.

Suhu sejuk

Tanaman yang membutuhkan suhu sejuk terutama tanaman yang menyukai tempat tumbuyh bersuhu 15-21,2 derjat Celcius pada siang hari dan suhu terendah 7,2 derjat Celcius pada malam hari. Tergolong kelompok ini adalah tanaman adianthum (siplir), kadaka, monstera, filodendron, dan violces.

Baca Juga:

Suhu hangat

Tanaman yang membutuhkan suhu hangat terutama tanaman yang menyukai tempat tumbuh bersuhu 18,3-22,2 derjat Celcius pada siang hari dan suhu 10,0-12,0 derjat Celcius pada malam hari. Tanaman hias ini bahkan dapay tumbuh baik di bawah cahaya matahari langsung  dengan suhu 24 derjat celcius.shu pada tanaman ruangan

Tergolong tanaman yang menyukai suhu hangat adalah anthurium, kuping gajah, monstera, syngonium, palem kol, begonia, violces, calathea, coleos, senecio, zebrina, dan polychroa.

Suhu panas

Tanaman yang suku suhu panas adalah tanaman yang membutuhkan suhu 21,2-24 derjat Celcius pada siang hari, bahkan dapat bertahan dibawah matahri dengan suhu 29 derjat Celcius, dan suhu 15-18,3 derjat Celcius pada malam hari. Tergolong tanaman yang menyukai suhu panas antar lain sri rejeki, keladi hias, kuping gajah, syngonium, andong, drasena, sanseveira, pinang serai, Chamaedorea elegans, palem kuning, senecio, fittonia, maranta, episcia, dan hemigraphis.

Artikel terkait

Kebanyakan tanaman hias membutuhkan ruangan bersuhu 22 derjat Celciuls di waktu malam dan 24 derjat Celcius di waktu siang. Apabila suhu ruangan lebih panas dari 24 derjat celcius di waktu siang, misalnya pada musim kemarau yang panjang, tanaman perlu disejukkan dengan membuka jendela yang dapat mengalirkan udara segar di tempat ruangan yang teduh.

Tanaman hias dalam ruangan sangat mudah menyesuaikan diri pada suhu ruangan yang ada, asalkan suhu itu tidak terlalu cepat berubah-ubah. Rata-rata suhu ruangan yang dibutuhkan adalah 18,3-21,2 derjat celcius sepanjang hari.

Pada cuaca yang sangat panas dengan suhu rata-rata 27 derjat celcius tanaman masih dapat tumbuh baik. Pada cuaca dingin sekitar 15 derjat celcius dapat membantu tanaman yang baru dipindah atau dipotkan untuk menyesuaikan diri dan memulihkan kondisinya.

Kelembapan Ruangan

Hampir semua tanaman menyukai kelembapan, termasuk tanaman indoor. Kelembapan udara yang tinggi akan mencegah penguapan terlalu banyak dari daun. Dengan demikian, persediaan air di dalam tubuh tanaman tetap terjaga sehingga proses fotosintesis dapat berlangsung dengan lancar.

Kelembapan relatif yang diperlukan tanaman rata-rata sekitar 50%. Untuk menjaga kestabilan kelembapan relatif disekeliling tanaman dapat di lakukan beberapa upaya, diantaranya penyemprotan air, penggunaan cawan penyediaan air, penggunaan cawan penyedia air, dan pengelompokkan tanaman.

Penyemprotan  air pada tanaman dilakukan secara berulang-ulang, terutama di bagian daunnya. Air yang disemprotkan akan membentuk kabut-kabut uap air disekitar daun sehingga meningkatkan kelembapan relatif di sekitar tanaman.

Pemakaian cawan penyediaan air di dasar pot juga dapat meningkatkan kelembapan pada media tanam sehingga tanaman tidak kekurangan air. Cara lain menjaga kelembapan adalah dengan mengelompokkan tanaman sehingga akan membentuk mikroklimat. Dengan cara ini kelembapan di sekitar tanaman akan meningkat.

loading...
Suhu Yang Cocok Untuk Jenis Tanaman Dalam Ruangan | Penulis | 4.5