Suhu Yang Pas Untuk Pembibitan Anggrek

Suhu yang pas untuk pembibitan anggrek.Berdasarkan kebutuhan suhu, anggrek bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu anggrek dataran tinggi, dataran rendah sedang, dan dataran rendah. Pengelompokkan itu dilakukan karena terkait dengan pembungaan. Tanaman terangsang berbunga bila terdapat perbedaan yang cukup besar antara suhu pada siang hari dengan penurunan suhu pada malam hari.

Anggrek yang tumbuh dan hidup di dataran tinggi butuh suhu malam berkisar antara 13-18 derjat celcius dan suhu siang 18-21 derjat celcius, contohnya Cymbidium, Miltonia, dan Phalaenopsis. Anggrek yang tumbuh dan hidup di dataran sedang membutuhkan suhu malam 18-21 derjat celcius dan suhu siang 21-29 derjat celcius, contohnya Cattleya, Dendrobium, Oncidium, Phalaenopsis, dan Vanda berdaun lebar.

Dengan modifikasi suhu, waktu berbunga anggrek dapat diatur. Contohnya Cattleya sp. dan Phalaenopsis sp. dapat dihubungkan dengan menurun suhu dan pemberian hari pendek.Merawat anggrek Muda Dalam Ruangan

Baca Juga:
Artikel terkait

Anggrek yang tumbuh dan hidup di dataran rendah, suhu malam yang dibutuhkan berkisar antara 21-27 derjat celcius dan suhu siang 27-32 derjat celcius. Contohnya Dendrobium, Arachnis, Aranthera, dan Vanda beserta kerabatnya.

Bila suhu udara lebih dari 35 derjat celcius, tanaman menjadi terbakar dan akhirnya mati. Akibat beberapa bagian mengalami kekurangan suplai makanan atau hara karena menguapnya cairan dalam jaringan tanaman dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, jika suhu udara tinggi, sebaiknya harus segera dilakukan penyemprotan air di sekitar tempat atau lingkungan pertanaman.

Kelembapan

Untuk kelangsungan hidupnya, anggrek membutuhkan kelembapan udara yang tinggi dengan kisaran antara 60-80%, tergantung jenis. Kelembapan tinggi diperlukan antara lain untuk menghindari terjadinya penguapan yang terlalu besar.

Pada malam hari, kelembapan udara jangan terlampau tinggi karena dapat mengakibatkan busuk akar dan tunas muda. Oleh karena itu, usahakan media dalam pot tidak terlalu basah. Kelembapan rendah pada siang hari dapat diatasi dengan menyemprotkan air di sekitar tempat pertanaman.

Gunakan alat semprot (sprayer) agar air keluar dalam bentuk kabut. Kelembapan anggrek yang tidak memiliki umbi semu dan menyimpan sedikit makanan dan air harus dijaga.

loading...
Suhu Yang Pas Untuk Pembibitan Anggrek | Penulis | 4.5