Tahapan Rangkaian Bunga kaktus Unik

Banyak cara kita untuk membuat tanaman kaktus tampil indah serta unik,salah satunya dengan rangkaian.tahapan rangkaian bunga kaktus unik yang bisa anda coba di rumah.langkah yang bisa anda tempuh adalah sebagai berikut.

  1. langkah awal, siapkan beberapa jenis kaktus yang akan dirangkai, lalu diseleksi menurut warna, bentuk, dan ukuran. Contohnya, Austrocephalocereus dybowsky, Gymnocalycium, Mammillaria pectnifeca, dan Ferocactus rectispinus. Sebagau pemanis bisa memakai tanaman sukulen, seperti haworthia.
  2. Bongkar kaktus sukulen dari pot perlahan-lahan. Setelah itu, bersihkan media yang melekat di akar. Pangkas akar yang terlalu panjang, kemudian semprot dengan fungisida, lalu dianginkan selama seminggu. Setelah itu, tanaman siap ditanam.
  3. Siapkan media porous berupa campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1. Masukkan media ke pot sebanyak 1/3 tinggi pot. Sebelumnya, media disterilkan dahulu dengan cara direndam dalam larutan fungisida selama semalam. Setelah itu, tiriskan hingga kering. Gunakan media untuk menanam kaktus. Agar pupuk kandang tidak bau, campurkan sesendok makan dolomit.
  4. Susun tanaman secara teratur menurut bentuk dan ukuran. Misalnya, tanaman kecil berada dibagian paling luar. Kaktus bersosok besar atau berakar banyak ditanam di tengah. Agar tampak alamiah, pasang batu suseki disudut lain. Pada bagian akhir, taburkan kerikil warna-warni sebagai pemanis.

Batu suseki harus benar-benar tepat agar kehadirannya tidak membuat ”sesak” pemandangan.

Desain rangkaian kaktus dipot harus dirancang terlebih dahulu. Tidak ada aturan baku dalam merancang suatu kreasi Namun, aturan bakunya adalah keserasian dalam hal penataan gradasi ketinggian, bentuk, dan komposisi warna.

Baca Juga:

Contohnya, kaktus bersosok tinggi dapat ditanam di bagian belakang sebagai latar belakang. Sementara kaktus yang bersosok mungil ditata di pinggirnya. Kaktus yang bersosok unik karena bentuknya atau warna yang menarik dapat ditanam dibagian tengah sebagai central point.membuat tampilan bunga kaktus unik Selain dalam suatu pot, kaktus juga dapat dirangkai dalam bejana kaca. Istilah populernya adalah terarium. Sebagai hiasan yang transparan, rangkaian ini bisa diletakkan di atas meja tamu, meja kerja, atau sudut ruangan.

Tahapan pembuatan terarium

Artikel terkait
  1. Siapkan alat, wadah, dan tanaman. Usahakan tanaman dan wadah harus sudah dibersihkan terlebih dahulu, bila perlu dicuci. Khusus untuk pasir sebaiknya disangrai terlebih dahulu. Sementara untuk arang sebelumnya direndam dengan larutan fungisida atau kapur dolomit. Tujuannya agar mikroorganisme mati.
  2. Tambahkan pupuk 1 sendok makan NPK setiap 1 kg media. Lalu masukkan ke dalam wadah berturut-turut arang, sphagnum moss, tanah atau kompos, dan pasir. Volume media kurang lebih sepertiga dari volume wadah. Gunakan corong agar wadah tidak kotor.
  3. Buat lubang dengan menggunakan sendok atau stick. Tanaman kaktus sesuai dengan desain. Sebaiknya tanam dibagian pinggir dulu. Tanaman paling besar bisa ditanam di tengah agar pertumbuhannya leluasa.
  4. Untuk memperkokoh tanaman, tambahkan media. Agar terkesan alami, berikan ornamen lain seperti batu-batuan berwarna. Setelah itu, siram dengan sprayer kecil, penyemprotan diarahkan ke dinding kaca secraa merata. Hentikan bila media sudah basah.

Pada prinsipnya, penanaman di bejana kaca hampir sama dengan pot. Perbedaannya terletak pada medianya sehingga perawatannya tidak sama. Media yang perlu disiapkan berupa arang, sphagnum moss, tanah/kompos, dan pasir/zeloit. Pastikan media telah steril agar bibit penyakit tidak ikut saat pembuatannya. Begitu pula sediakan peralatan, seperti penjepit, sekop kecil, corong, dan sprayer untuk membantu penataannya.

Dalam pembuatan terarium perhatikan bentuk bejana kaca yang digunakan, ada yang bulat atau kotak empat persegi dan ada yang besar atau kecil. Rangkaian kaktus dalam bentuk sederhana seperti gelas lebih mudah dibuat dibandingkan dengan bentuk stoples yang besar karena dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Desain yang dibuat harus disesuaikan dengan wadah yang digunakan, terutama untuk wadah yang berukuran besar. Hobiis dapat leluasa memilih jenis kaktus dan sukulen, tetapi penataannya harus tetap mengacu pada keserasian. Agar tampak menarik, ornamen lain dapat ditambahkan, seperti koral, kerang, batua-batuan warna-warni untuk menciptakan kesan natural atau alami.

Tampil Menawan di Ruangan

Pembuatan taman bernuansa kaktus bertujuan untuk menambahkan sejuknya suasana di suatu rangkaian. Tanaman kaktus dapat dimanfaatkan sebagai pengisi ruangan yang masih kosong seperti disudut ruangan atau diantara ruangan

Pembuatan taman kaktus di dalam rumah jauh lebih sulit dibandingkan dengan taman di halaman rumah. Selain tempat yang terbatas, pemilihan jenis kaktus harus benar-benar sesuai karena tanaman harus ”menghuni” di dalam ruangan itu untuk warktu beberapa lama. Beberapa lama. Bahkan, taman itu dapat dibuat permanen asal masih dapat sinar matahari. Ada dua jenis tanaman yang bisa dibuat, yakni taman bongkar-pasang dan taman permanen.

 

loading...
Tahapan Rangkaian Bunga kaktus Unik | Penulis | 4.5