Taknik Menyambung Bonggol Besar Bunga Adenium

Teknik menyambung Bonggol besar bunga Adenium menggunakan bonggol berdiameter 5-8 cm. Alasannya karena lebih mudah dan cepat. Menyambung Bunga adenium berbonggol besar. Bunga Adenium berbonggol besar kebanyakan berasal dari Adenium arabicum. Bonggol Adenium arabicum hampir sempurna karena ukuran bonggol besar, berbentuk unik, dan bercabang banyak.

Namun, bunga dari jenis Adenium arabicum kurang cantik, yaitu terkesan  pucat dan tidak bervariasi. Penampilan Adenium arabicum bisa diperbaiki dengan cara menyambungnya menggunakan batang atas dari jenis adenium obesum.

Selain mempercantik tanaman, penyambungan juga mengurangi serangan spider mite. Tungau tersebut kerap hingga di daun Adenium arabicum yang kebanyakan berbulu.

Pemilik Godongiko Nursery, memadukan Adenium arabicum dengan Adenium obesum. Ide tersebut timbul setelah berkunjung ke Nabant Plant Nursery di Bangkok, Thailand. Di sana, Adenium arabicum tidak digemari. Anant Kulchaiwatna, sang pemilik nurseri, memangkas semua cabang arabicum dan diganti dengan obesum. Hasilnya, penampilan tanaman semakin cantik dan eksotis.

Menyatukan arabicum dengan obesum relatif sulit karena kedua spesies tersebut memiliki karakteristik berbeda. Pertumbuhan arabicum relatif cepat dan bercabang lebih banyak dari pada obesum. Hal itu bisa dilihat dari ukuran bonggol dan akar arabicum yang besar.cara menyambunga bonggol besar adenium

Ada dua jenis arabicum yang beredar di nurseri, yaitu Arabicum asal Semenanjung Arab dan dari Yaman. Arabicum asal semenanjung Arab berbatang panjang dengan tinggi mencapai 4 m. Akar dan daun besar, tetapi berbunga kecil.

Sementara arabicum dari Yaan berbatang pendek, akar besar, dan bunga besar ber diameter mencapai 8,5 cm. banyak memanfaatkan jenis tanaman Yaman sebagai batang bawah karena bentuknya bagus dan harganya relatif murah.

Tidak semua obesum berjodoh dengan arabicum. Pasalnya, pertumbuhan obesum relatif lambat. Salah memilih pasangan bentuk tanaman malah akan merusak, seperti batang bawah membesar, tetapi bagian atas kerdil.

Artikel terkait

Untuk itu, sebaiknya memilih obesum yang pertumbuhannya cepat, daun tidak berbulu, dan berbatang besar. Beberapa jenis yang cocok antara lain daeng anant, red dusk, dan arizona variegated.

Selain karakteristik, umur tanaman yang akan disambung harus diperhatikan. Arabicum yang digunakan harus berumur lebih dari delapan bulan. Tanaman yang terlalu muda, batangnya lunar sehingga risiko mati cukup besar. Teknik penyambungan bonggol besar tidak berbeda dengan penyambungan bonggol kecil. Namun demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

  1. Sebelum disambung, pastikan kondisi tanaman sehat supaya menghasilkan banyak tunas baru. Selain itu, pisau yang digunakan harus steril dan tajam.
  2. Agar bentuk tanaman tidak timpang, gunakan obesum berbatang besar, minimal berukuran 3/4 dari batang arabicum. Batang obesum yang tidak kecil atau besar membuat bentuk tanaman tidak seimbang. Hal itu terlihat setelah dua minggu penyambungan.
  3. Aturan percabangan arabicum sesuai selera. Lazimnya cabang tengah lebih tinggi dibandingkan cabang kiri dan kanan. Pangkas cabang mendekati bonggol bawah supaya penampilan tanaman lebih kompak.
  4. Selipkan entres seukuran telunjuk ke celah batang bawah, kemudian ikat dengan tali dan bungkus plastik. Selang dua bulan, penampilan arabicum kian semarak dengan bunga berwarna-warni.

Sambun Dengan Teknik Sisipan

Menyambung bonggol berbentuk lurus idealnya menggunakan teknik sisipan. Bonggol lurus kebanyakan berasal dari hasil perbanyakan setek. Dengan teknik sisipan, percabangan tumbuh lebih cepat dan banyak.

Sebaiknya pilih batang bawah berukuran besar berdiameter minimal 5 cm. Meski relatif gampang, tetapi dibutuhkan ketelitian tinggi untuk melakukan penyisipan. Penyambungan dengan teknik sisipan dijelaskan sebagai berikut

  1. Pastikan kondisi tanaman sehat dan gunakan bonggol berdiameter besar.
  2. Potong batang bawah 1/3 dari media tanam dan buat sayatan di sekeliling batang. Umumnya bonggol berdiameter 10 cm bisa disisipi 3-4 tanaman.
  3. Siapkan entres dan tempelkan entres pada sayatan di sekeliling batang,
  4. Ikat sambungan dengan tali rafia atau tali plastik. Bekas sambungan tidak perlu dibungkus plastik. Sebulan kemudian, buka ikatan. Tanaman akan tampil unik dengan banyak cabang.
loading...
Taknik Menyambung Bonggol Besar Bunga Adenium | Penulis | 4.5