Tanah Yang Cocok Untuk Menanam Bunga Adenium

Tanah Yang cocok Untuk Menanam bunga Adenium.Adenium menghendaki media yang kering, porous, dan tidak mengikat air terlalu lama. Media yang kurang porous bisa menyebabkan tanaman bunga adenium rentan dihinggapi cendawan. Sementara media yang terlalu lembab menyebabkan air tertahan dan kelembapan meningkat. Apalagi jika curah hujan tinggi, kelebihan air akan sulit keluar. Akibatnya akar membusuk dan mudah terserang penyakit.

Adenium sebaiknya tidak di tanam dengan menggunakan tanah merah atau tanah liat karena daya ikat airnya tinggi. Derajat keasaman (pH) media tanam yang cocok 5,5-6,5.  Beberapa media tanam yang dapat digunakan untuk adenium antara lain pasir, sekam bakar, sekam biasa, coco peat, tanah arang, dan tanah bakar. Di Indonesia, setiap nurseri memiliki ramuan media tanam masing-masing. Yang penting media kering dan porous.

Campuran media tanaman yang baik adalah arang sekam, coco peat, pasir, zeolit, dan pupuk lengkap dengan perbandingan 37% : 30% : 30% : 2% : 1%. Komposisi tersebut sangat menunjang pertumbuhan tanam. Untuk media pasir, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Baca Juga:

Usahakan pasir benar-benar bersih dan terbebas dari lupur serta kotoran tanah. Setelah itu, diayak dengan ayakan kasa kawat nyamuk. Yang digunakan bukan pasir halus, tetapi pasir berukuran agak kasar atau tidak lolos dari ayakan.

Sebelum digunakan, sebaiknya semua media dibersihkan terlebih dahulu agar terbebas dari bibit penyakit. Caranya, serbuk kelapa dikukus selama 1-2 jam. Pupuk kandang yang akan digunakan harus sudah matang dan steril yang di tandai dengan warna hitam pekat. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya bakteri atau cendawan yang dapat merusak tanaman.Tanah yang cocok untuk buga adenium

Artikel terkait

WADAH YANG COCOK

Keindahan adenium umumnya dinikmati di dalam pot yang cantik. Berbagai pot yang dijajakan di pasaran bisa digunakan sebagai wadah adenium. Bahkan, adenium bisa ditempatkan di pot bonsai yang membuat penampilannya semakin anggun.

Sebaliknya mawar gurun ditanam di dalam pot berbahan pelastik. Tujuannya agar kondisi media tanam tidak lembap karena pelastik tidak menyerap air. Kalaupun menggunakan pot keramik, sebaiknya gunakan bahwa keramik dengan pembakaran tinggi sehingga tidak menyerap air.

Bagian samping atau dasar pot sebaiknya diberi lubang. Lubang tersebut berfungsi untuk mengalirkan air keluar sehingga tanaman tidak kelebihan air. Selain itu, lubang juga berguna untuk jalan keluar masuk udara. Di dasar pot, sebaiknya ditambahkan batu kasar, pecahan genting, atau potongan styrofoam. Sebelum media tanam nanti dimasukkan. Batu kasar atau potongan styrofoam disusun sedemikian rupa agar tidak menghambat aliran air.

Ukuran pot disesuaikan dengan ukuran tanaman. Idealnya ukuran pot sedikit lebih besar dari tanaman agar tanaman bisa tumbuh maksimal. Pot yang terlalu kecil membuat pertumbuhan akar tidak sempurna. Jika tanaman sudah terlalu besar, sebaiknya pot diganti dengan yang lebih besar.

Pemindahan pot atau repotting biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali atau disesuaikan dengan ukuran tanaman. Dengan begitu, tanaman dapat berkembang leluasa. Jika ingin menggunakan pot bonsai, sebaiknya memilih yang tidak terlalu datar atau ceper. Pot yang ceper membuat pertumbuhan akar terhambat sehingga tanaman tida tumbuh cepat.

loading...
Tanah Yang Cocok Untuk Menanam Bunga Adenium | Penulis | 4.5