Tanaman Hias Aglaonema, The Good Luck Plants

Tanaman hias Aglaonema,the good luck plants.Banyak tanaman hias yang mempunyai makna, seperti pachira yang disebut juga pohon duit, euphorbia diyakini sebagai penolak bala, dracaena disebut bambu rejeki, dan sebagainya. Masyarakat Asia meyakini bahwa tanaman aglaonema membawa hoki atau keberuntungan.

Di Indonesia, aglaonema disebut juga sri rejeki yang artinya membawa rejeki bagi pemiliknya. Rakyat Cina percaya bahwa dengan menanam dan memelihara Aglaonema modestum akan membawa keberuntungan. Masyarakat umumnya percaya bahwa semua jenis aglaonema merupakan tanaman keberuntungan (smiles of fortune). Masyarakat Filipina menyebut Aglaonema commutatum sebagai “La Suerte” yang dalam bahasa Spanyol disebut juga “Good Fortune” yang berarti keberuntungan. images

Di Malaysia, aglaonema sebagai good luck plant merupakan ‘legenda’ yang dipercaya masyarakat luas. Oleh karenanya, tidak salah bila aglaonema mendapat julukan The Good Luck Plants (tanaman pembawa keberuntungan).

Baca Juga:
Artikel terkait

Sebagai tanaman pembawa keberuntungan, biasanya aglaonema sering ditempatkan di dalam ruangan. Hal ini didukung oleh kondisi tanaman yang dapat bertahan relatif lama walaupun dengan pencahayaan yang terbatas. Perawatannya pun tidak sulit sehingga semua orang dapat memeliharanya.

Data-data dari NASA juga menyebutkan “Foliage plants as an effective means of improving indoor enviroments”.

Walaupun dapat bertahan hidup lama dan perawatannya mudah penempatan aglaonema sebagai tanaman indoor perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut.

  • Gunakan media yang steril, khususnya bila tanaman ditempatkan di atas meja.
  • Keluarkan tanaman seminggu sekali selama satu malam agar mendapatkan udara segar. Jika ada dua tanaman dapat dilakukan pergantian, artinya satu minggu tanaman A dan satu minggu berikutnya tanaman B, demikian seterusnya.
  • Bersihkan daun aglaonema dengan kain yang halus dan lembap agar tampak bersih dan indah.
  • Jangan terlalu banyak melakukan penyiraman.
  • Pilihlah ukuran yang sesuai dengan lokasi penempatan.
  • Agar tampak lebih eksklusi, gunakan pot keramik.
loading...
Tanaman Hias Aglaonema, The Good Luck Plants | Penulis | 4.5