Tanaman Hias Philodendron Cocok Di Pajang Dalam Rumah

Tanaman hias philodendron cocok untuk tanaman rumah-Suasana segar dan nuansa hijau dapat memberikan kesan asri di rumah. Untuk menciptakan lingkungan teduh dan adem seperti itu dapat diperoleh dengan menanam tanaman hias. Salah satu pilihannya philodendron.

Tanaman hias ini memiliki daya tarik pada daunnya. Warna daun bervariasi, ada yang hijau kekuningan, hijau muda, hijau pekat, hingga ungu/merah pekat memberikan pesona keanggunan yang menyejukkan mata bagi siapapun melihatnya.

Bentuk daunnya pun beragam, seperti bulat lonjong berujung lancip, bentuk hati, dan menjari kirip daun pepaya.

Baca Juga:

Sosoknya yang menawan cocok untuk tanaman hias pilihan di rumah (indoor plant). itu karena sifatnya yang toleran terhadap cahaya dengan intensitas rendah dan air sedikit. Biasa juga ditempatkan di dalam vas bunga untuk menghias meja tamu.Tanaman Hias Philodendron Cocok Di Pajang Dalam Rumah

Didalam ruangan, philo tidak hanya sekadar menambah niai estetika. Tanaman ini ternyata efektif menyerap polutan sehingga sangat sesuai diletakkan di dalam ruangan. Lantaran bentuk daunnya yang unik dan tergolong tahan layu,  florist- perangkai bunga memanfaatkannya sebagai daun potong pada rangkaian bunga yang cantik.

ASAL-USUL

Tanaman hias di dalam ruangan, tetapi harus diberi penopang/rambatan. Penopangnya berupa moss stick- penopang yang terbuat dari bahan moss. Di alam, jenis ini dapat mencapai 3 m atau lebih. Namun, bila di pajang di dalam ruangan, ketinggiannya hanya sekitar 50 cm.

Artikel terkait

Jenis pemanjat memiliki keragaman daun, mulai dari bentuk, warna, ukuran, maupun teksturnya. Philodendron scandens atau populer dengan nama sweetheart plant ini merupakan tipe pemanjat berukuran kecil. Jenis ini umumnya memiliki akar udara (aerial root) yang berfungsi menjaga kelembapan bagian tanaman di atasnya.

Kelompok non-pemanjat (shurbs) dapat tumbuh besar. Dan berukuran besar dan tingginya dapat mencapai 30 cm atau lebih. Jenis ini cocok ditempatkan dalam ruangan yang besar. Tipe ini memiliki bentuk daun yang lebih beragam. Ada 2 tipe, yaitu daun bulat/bulat lonjong berbentuk hati/jantung (philodendron williamsii) dan daun menjari seperti daun pepaya (Philodendron bipinnatifidum)

Philo termasuk famili Araceae dan berkerabat dekat dengan aglaonema, diffenbachia, anthurium, dan caldium. Flora hias ini termasuk gampang perawatannya dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Philo dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Kebutuhan cahaya matahari mulai dari rendah sehingga cocok untuk indoor plant atau tanaman hias di dalam ruangan.

Di Indonesia, Philo cukup terkenal. Hal itu karena keindahan daunnya yang hijau dengan ukuran dan bentuk bervariasi, mulai dari kecil sampai lebar. Bentuknya ada yang seperti hati dan ada pula yang tidak beraturan. Tekstur daun umumnya mengilap seperti dilapisi lilin. Tak hanya berdaun hijau, philo berdaun merah atau ungu kian digemari. Bahkan, jenis-jenis unik (mutasi atau variegata) kian dburu kolektor karena langka.

Philodendron berasal daei bahasa Yunani, philo atau love (cinta) dan dendron atau tree (pohon). Artinya tanaman ini menyukai pepohonan untuk merambatkan batangnya (epifit). Namun, ada pula yang mengartikan sebagai pohon cinta karena bentuk daunnya seperti hati-lambang cinta. Apapun artinya, memajang philo di rumah, baik di beranda atau di ruang tamu dapat memberikan suasana yang damai, tenang, dan penuh kasih sayang.

loading...
Tanaman Hias Philodendron Cocok Di Pajang Dalam Rumah | Penulis | 4.5