Tanaman Hias Untuk Kantor-Ruangan-Hotel dan Restoran

Hadirnya tanaman hias di ruang-ruang perkantoran, hotel, restoran, atau perumahan kini tidak hanya sekadar untuk estetika. Beberapa pengguna tanaman indoor mengatakan bahwa pemakaian tanaman indoor sudah menjadi kebutuhan, khususnya di kalangan masyarakat perkotaan. Di antara jenis-jenisnya dikenal pula tanaman indoor yang eksklusif.

Tanaman indoor disebut eksklusif kalau populasinya memang masih sedikit karena baru diintroduksi. Namun, tanaman yang sudah lama nge-trend pun akan tetap eksklusif apabila cara perbanyakan maupun perawatannya masih sulit dilakukan. Di lain pihak, tanaman indoor biasa yang populasinya banyak akan menjadi eklusif apabila cara perbanyakan maupun perawatannya masih sulit dilakukan.

Di lain pihak, tanaman indoor biasa yang populasinya banyak akan menjadi eklusif apabila bentuk, ukuran, maupun warnanya berbeda dengan tanaman sejenisnya. Berikut ini beberapa tanaman indoor yang saat ini cukup populer di kalangan penggemarnya.images (3)

Baca Juga:

Aglaonema (Aglaonema sp.)

Jenis aglaonema ini tampak eksotik. Daunnya berwarna hijau, sedangkan daun yang muda berwarna lebih terang. Tulang-tulang daunnya tampak jelas dan berwarna krem sedikit kemerahan. Demikian juga tangkai daunnya berwarna krem sedikit kemerahan. Panjang daun 20-30 cm dan lebarnya antara 10-12 cm

Aglaonema ini tahan dalam ruangan kurang lebih satu minggu. Tanaman hias ini cocok diletakkan di ruang yang tidak terlalu luas, misalnya di sudut ruang tamu, ruang makan atau lorong-lorong.

Aglaonema putih (Aglaonema sitiphon Hybrid)

Aglaonema alias sri rejeki tergolong tanaman hias yang paling populer sebagai interior kantor, restoran, dan hotel. Salah satu jenis aglaonema yang dianggap eksklusif adala Aglaonema sitiphoon Hybrid yang berasal dari Thailand.

Warna batang dan tangkai daunnya putih bersih. Warna itu tampil dominan menyeruak di sela-sela daunnya yang umumnya lebar. Sosok tanaman hias ini tegap dan kokoh. Penampilannya anggun mempesona. Tanaman ini dapat berbunga. Tangkai dan kelopak bunga berwarna putih. Tanaman ini tahan lama di pajang di dalam ruangan yang kurang cahaya dan ber-AC.

Alpina zerumbet ‘variegata’

Tanaman hias dari keluarga jahe-jahean ini sangat menarik bila ditanam dalam pot. Daunnya besar dengan panjang antara 30-40 cm dan lebarnya antara 12-15 cm. Daunnya yang berwarna putih kekuningan berbelang-belang hijau tersebut tersusun berselang-seling pada batang yang ramping dan  berwarna putih kekuningan.

Artikel terkait

Karena bentuk dan warnanya yang unik itu, tanaman ini cocok digunakan sebagai tanaman indoor, meskipun hanya tahan 3-4 hari di dalam ruangan. Tanaman hias ini lebih tepat ditempatkan di ruang yang tidak terlalu tertutup atau diteras rumah.

Anthurium daun lebar (Anthurium jemanii)

Anthurium daun lebar berdaun tebal dan kaku. Sosoknya tegak dna tumbuh melebar di bagian atas. Warna daun hijau tua dengan permukaan yang mengilap dan sedikit bergelombang di bagian tepinya. Susunan daun menggerombol, tetapi kompak. Pertumbuhan tanaman hias ini termasuk lambat karena sampai umur 5 tahun panjang daunnya hanya 50 cm dan lebarnya 25 cm.

Anthurium ini sangat manis jika dipajang diteras rumah, tetapi juga cocok ditaruh di dalam ruangan, baik ber-AC maupun pajangan maupun tidak. Penampilannya unik dan anggun sehingga sering dijadikan pajangan di dalam ruangan kerja para eksekutif. Kesannya juga manis kalau ditaruh diruang front office (ruang depan) sebagai penyambut tamu. Tanaman hias ini tahan dipajang di dalam ruangan antar 1-2 minggu.

Anthurium sarang burung berdaun lebar (Anthurium hooker)

Anthurium sarang burung lebar berasal dari Guyana, Amerika Selatan. Daunnya bertangkai pendekl, kaku, tebal, bergelombang, dan berwarna hijau tua mengkilap. Urat daun terlihat sangat nyata sehingga terlihat sangat artistik. Pertumbuhan tanaman hias  yang bersosok tegap ini tergolong lambat. Pada umur 5 tahun, lebar daun mencapai 35 cm dan panjangnya 50 cm.

Penampilan jenis anthurium ini cukup anggun dan berwibawa sehingga sangat pas jika dipajang di ruangan yang cukup luas. Daya tahannya di dalam ruangan antara 1-2 minggu.

Anthurium jimenezzi

Tanaman indoor ini sangat cocok diletakkan di sudut ruang atau di dekat pintu antar ruang. Daunnya hampir bulat, lebar, tebal, dna kuat dengan tulang-tulang daun yang menonjol. Warna daun hijau cerah dan permukaan  daun sebelah atas berwarna lebih tua. Panjang daun antara 25-30 cm dan lebar antara 20-25 cm. Daun tersusun rapat pada batang sehingga membentuk tanaman yang kompak. Jenis anthurium ini tahan ditempatkan di dalam ruangan yang ber-AC kira-kira satu minggu.

Aralia castor

Tanaman hias ini sangat menarik. Daunnya menjari dengan 5 anak daun yang sempit. Masing-masing anak daun mempunyai panjang antara 13-20 cm dan lebar antara 1-1,5 cm. Daun bertumpu pada tangkai yang pendek, yaitu hanya 2-3 cm. Susunan daun tampak rapat dan kompak.

Tanaman hias yang mempunyai percabangan banyak ini cocok diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, lorong, atau lobi. Daya tahan tanaman hias ini dalam ruangan dapat mencapai satu minggu.

loading...
Tanaman Hias Untuk Kantor-Ruangan-Hotel dan Restoran | Penulis | 4.5