Tanaman Hias Yang Mampu Hidup Di Dalam Ruangan

Tanaman Hias apa saja yang mampu dalam rungan yang sempit dan tertutup??Tanaman hias Yang Mampu hidup di Dalam ruangan banyak Jenisnya.Setelah Kita Melihat Pembangunan fisik di kota-kota besar ditandai dengan berdirinya bangunan-bangunan gedung pencakar langit dan rumah-rumah megah sebagai perkantoran, penginapan/hotel, pusat perbelanjaan, serta pertokoan yang sekaligus sebagai rumah tinggal. Semuanya didominasi dengan bangunan beton yang memberi kesan keras, kaku, tampak hampir seragam, dan kurang alamiah.

Ekspresi yang diperlihatkan bangunan-bangunan tersebut, baik secara horizontal maupun vertikal, berpengaruh sekali terhadap perubahan lingkungan dan ruang tinggal manusia sebagai penghuni utamanya. Dampak yang ditimbulkan sering kurang menyenangkan.

Karena kurang alamiah, lingkungan baru itu sering mengurangi kenyamanan kerja dan mudah menimbulkan gangguan kesehatan, seperti pening, mata pedas, dan berair, hidung dan tenggorokan seperti tersumbat, cepat timbul rasa letih, serta mudah jenuh. Semua gejala sakit itu oleh para ahli kesehatan disebut sick building syndrome (SBS).images (2)

Baca Juga:

Rumah tinggal atau ruang hunian yang bagus adalah suatu lingkungan hidup yang sehat secara menyeluruh. Lingkungan hidup itu terdiri dari lingkungan hidup di dalam bangunan dan luar bangunan. Keduanya merupakan lingkungan binaan manusia yang dicipta dan dikontrol untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan mutu kehidupan manusia penghuninya.

Gangguan kesehatan karena SBS itu terjadi karena ruangan yang digunakan untuk tempat tinggal,  kantor,   dan kegiatan kerja dirancang sedemikian rupa agar terlindung dari panas  sinar matahari, tiupan angin, dan guyuran air hujan.

Ruangan dibuat  tertutup tanpa jendela dan hanya sedikit cahaya dan udara segar dari luar ruangan yang dapat masuk. Praktis lingkungan di dalam ruangan sangat berbeda dengan lingkungan alam diluar ruangan. Ruangan yang tertutup tanpa jendela  hanya mempunyai sedikit persediaan cahaya dan udara segar. Suasana itu kurang  memenuhi kesehatan.

Artikel terkait

Tanaman yang mampu bertahan selama beberapa hari di dalam ruangan tertutup lazim disebut indoor plant atau tanaman indoor. Ada juga yang menyebutkan tanaman wisma sari karena dipajang untuk mempercantik ruangan rumah. Ukuran tanamannya tidak terlalu besar atau tinggi , bahkan banyak dinataranya yang berukuran mini. Ukuran terbatas itu sangat diperlukan agar mudah di tata dan diangkut ke luar masuk ruangan.

Adanya sentuhan tanaman indoor yang dipajang di dalam ruangan ini dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit. Kehadiran tanaman itu sangat berperan dalam memberikan kesegaran, keindahan, dan kesejukan ruangan. Dengan demikian , penghuni gedung-gedung moderen dapat lebih tenang dan dapat lebih aktif bekerja dengan suasana yang lebih nyaman di ruangannya.

Di perkantoran, orang selalu sibuk dengan aktivitas kerja. Otak diperas untuk mengotak-atik data. Suasana ruang menjadi kaku, tidak segar, cepat membuat jemu, dan lelah. Salah satu upaya penangkalan agar tetap bergairah kerja adalah dengan memajang tanman indoor di ruangan tersebut.

Secara psikologis dengan memajang tanaman hias di sela-sela ruangan dapat menciptakan ketentraman dan kejernihan pikiran. Kehadiran tanman hias di dalam ruangan kantor memberikan sentuhan keindahan dan kehangatan yang mempunyai nilai cukup penting. Apalagi secara naluriah manusia tidak dapat lepas dengan alam. Adanya tanaman di sekitarnya dapat membuat orang tidak cepat stres dalam bekerja.

Tanaman indoor mampu memberikan semangat hidup dan keindahan alamiah di dalam ruangan yang sebelumnya terasa pengap dan gersang. Pada musim hujan, ketika di luar udara terasa dingin, ruangan yang di tata artistik dengan tanaman indoor sebagai unsur  pengisinya, mampu menciptakan suasana hangat dan ceria. Sebaliknya, pada musim kemarau saat udara di luar serba menyengat kerontang, hijau dan eloknya tanaman indoor di dalam ruangan justru memberi suasana sejuk dan nyaman.

loading...
Tanaman Hias Yang Mampu Hidup Di Dalam Ruangan | Penulis | 4.5