Teknik Dan Cara Menyambung Bunga Adenium

Berikut Artikel tentang teknik dan cara Menyambung Bunga adenium.Kita Bisa mempercantik Bunga adenium lain dengan cara disambung. Bahkan, dalam satu tanaman Bunga Adenium bisa dikombinasikan dengan lebih dari lima varietas. Meskipun terkesan norak, justru jenis ini yang digemari sebagian penghobi tanaman hias Jenis Adonium ini.

Dengan bentuk seperti itu, harga Bunga adenium terdongkrak menjadi 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman satu warna. Namun, harga itu lebih murah dibandingkan jika harga harus membeli varietas satu per satu.

Membuat tanaman tampil berwarna-warni dengan cara disambung (grafting). Selain juga mempercantik penampilan tanaman, sambung batang juga merupakan salah satu cara unik untuk memperbanyak tanaman.

Perbanyakan dilakukan dengan penggabungan batang bawah dan batang atas dari jenis tanaman yang berbeda. Oleh karena bagian atas atau pucuk yang disambung maka cara ini dikenal dengan sambung pucuk atas (top grafting). Kelebihan cara ini antara lain dihasilkan tanaman yang sama dibandingkan dengan induknya.cara menyambung bunga adenium

Membuat mawar gurun berwarna-warni cukup mudah. Siapa pun bisa melakukannya, asal teliti dan bersih. Semua varietas dari spesium adenium obesum bisa dikombinasikan. Adenium obesum sangat beragam jenisnya. Jumlahnya ratusan hingga ribuan jenis. Beberapa varietasnya yang dikenal antara lain red dong muang, endless sunset, taiwan red, black ruby, dan duang yi hwa.

Namun, hati-hati bila menempelkan adenium obesum pada bonggol Adenium arabicum karena pertumbuhan Adenium arabicum lebih cepat. Sebaliknya, adenium obesum tidak bisa dipasangkan dengan jenis somalense karena pertumbuhan somalense relatif lebih lambat.

Bila sembarangan menjodohkan Adenium obesum dengan kedua jenis tersebut, pertumbuhan tanaman akan jelek karena tempelanlebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan bonggolnya.

Adenium arabicum hanya cocok ditempelkan dengan varietas arabicum hanya cocok di tempelkan dengan varietas arabicum sendiri dan beberapa jenis Adenium obesum seperti daeng anant, red dusk, arizon variegated, pink swazicum, dan somalense variegated.

Pertumbuhan kelima jenis Adenium obesum tersebut relatif cepat dan bongsor sehingga bisa mengimbangi pertumbuhan Adenium arabicum yang terkenal cepat. Sementara bonggol somalense bisa ditempel dengan semua jenis seperti pink lines, yoseph dicovery, granada, enchanted, sexy leopard, red flash, dan somalense variegated.

Sebaiknya somalense tidak digabung  dengan varietas berdaun lebar karena pertumbuhannya kalah meskipun cabang tidak mati. Jadi, disarankan penggabungan adenium sebaiknya dengan varietas atau jenis berbeda dalam satu spesies.

Memilih Batang Bawah dan Entrens

Tanaman yang dipilih sebagai batang bawah sebaiknya jenis lokal yang adaptif dengan lingkungan. Tanaman tersebut lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Selain itu, batang bawah dipilih dari tanaman hasil perbanyakan biji karena memiliki bentuk bonggol besar, kokoh, pendek, dan cabangnya banyak yang mirip bonsai.

Untuk pemilihan entres tidak ada cara khusus. Yang penting pilih batang atas sesuai dengan selera. Agar aman, pilih batang bawah dan entres yang mempunyai kesamaan karakteristik. Contohnya, bentuk daun antara batang bawah dengan entres harus sama.

Bonggol berdaun panjang dipasangkan dengan entres berdaun panjang. Bonggol berdaun bulat dipaangkan dengan entres berdaun bulat. Bila tidak seperti itu, pertumbuhan daun kecil dan kalah cepat sehingga tanaman kerdil. Akibatnya, tanaman tak mau berbunga serempak.

Menyambung adenium memang tidak sulit. Namun, jika tidak teliti, jangan harap berhasil. Agar sukses, pilih bahan sambung yang sehat dan siap disambung. Cirinya adalah batang langsung mengeluarkan getah cukup banyak saat dipotong.

Hal itu berlaku untuk batang atas maupun bawah. Yang harus dihindari, batang tidak mengeluarkan getah saat diiris atau bila diiris makin ke bawah akan tampak titik tumbuh berwarna kehitaman. Kondisi seperti itu bisa terjadi, terutama jika adenium dalam kondisi stres.

loading...
Teknik Dan Cara Menyambung Bunga Adenium | Penulis | 4.5