Teknik Dan Cara Sambung Batang Bunga Adenium

Teknik Dan Cara Sambung batang Bunga Adenium.memperbanyak dan mempercantik Bunga adenium dengan sambungan batang (grafting). Meskipun tidak rumit, menyambung bunga adenium membutuhkan ketelitian. Cabang bawah tumbuh pada 1/3 tinggi bonggol. Misalnya, jika tinggi bonggol 120 cm maka cabang dasar pada ketinggian 40 cm.

Tidak ada aturan baku mengenai kemiringan. Namun, ada beberapa hobiis memotong dengan sudut 30-45 derjat celcius. Pengerjaannya dilakukan dari bawah terus ke puncak.

Bentuk bonggol segi tiga biasanya dikerjakan dengan saddle grafting atau bentuk huruf V. Cara ini lebih mudah dan cepat, asalkan ada titik tumbuh bisa dipasang. Adapun tahapan penyambungan sebagai berikut.Taknik dan cara sambung batang bunga adenium

Baca Juga:
  1. Siapkan batang bawah dari anakan berumur 7-8 bulan, tinggi 15-20 cm, dan diameter batang sekitar 3-4 cm. Pilih batang bawah yang memiliki banyak cabang.
  2. Buang daun yang melekat dientres untuk mengurangi penguapan dan mempercepat tumbuhnya tunas, tetapi sisakan 2-4 helai daun.
  3. Potong batang bawah 2-3 cm di atas leher bonggol dengan pisau tajam dan steril.
  4. Siapkan batang atas (entres) yang ukurannya lebih kecil 2-3 mm dari batang bawah. Potong entres sepanjang 3-5 cm.
  5. Buat sayatan kedua sisi pangkal entres, lebar sayatan 1-1,5 cm.
  6. Iris batas bawah untuk membuat celah sepanjang 1-1,5 cm membentuk huruf V. Pastikan celah tersebut celah tersebut cocok untuk memasukkan entres.
  7. Selipkan entres pada batang bawah. Tekan sedikit agar sambungan rapat dan menyatu.
  8. Balut sambungan dengan plastik es atau tali rafia selebar 2 cm. Putar tiga kali dengan erat dan simpulkan. Satu sisi pembalut dipotong lebih pendek agar mudah saat di lepas.
  9. Tutup sambungan dengan pelastik es supaya tidak terkena air. Agar lebih kuat, ikat dengan menggunakan kawat.

Setelah dua minggu, sambungan akan menyatu. Saat itu, plastik bisa dibuka. Sementara ikatan dibuka saat kedua batang sudah sama besar (1-2 bulan). Ciri sambungan yang sudah tumbuh adalah pada bekas sambungan akan tampak menggelembung. Selain itu, akan muncul tunas daun.

Cabang baru yang tumbuh disekitar batang bawah dipotong. Cabang tersebut merupakan cabang tanaman yang lama. Tiga bulan kemudian, tanaman akan tampil glamour dengan bunga berwarna-warni. Dengan penyambungan, tanaman akan lebih cepat berbunga. Bandingkan jika menunggu hasil perbanyakan dari biji yang baru berbunga setelah 8-9 bulan.

Setelah proses penyambungan, lakukan penyiraman secukupnya. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan tanaman rentan terserang penyakit busuk batang.

Usahakan air penyiraman tidak mengenai bagian sambungan. Untuk masa adaptasi, letakkan tanaman di tempat teduh dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman bisa diletakkan di teras rumah atau di kolong rak.

Jangan memaksa tanaman kecil atau baru disambung untuk berbunga. Untuk adenium yang di-grafting, setelah penyambungan berhasil dan telah melewati cabang sebanyak dua kali, barulah tanaman siap dibungakan. Syaratnya kondisi tanaman harus benar-benar prima dan sehat.

loading...
Teknik Dan Cara Sambung Batang Bunga Adenium | Penulis | 4.5