Teknik Membuat Rasa Buah Melon Lebih Manis

Teknik Membuat Rasa buah Melon lebih manis. Rasa buah meon yang manis merupakan faktor yang harus diperhatikan agar nilai jual buah melon yang dihasilkan meningkat. Rasa manis pada Buah melon merupakan kombinasi dari berbagai faktor yang terkait dengan pengisian karbohidrat pada buah secara optimum serta konversi karbohidrat menjadi gula yang sempurna sehingga konsentrasi gula dalam cairan sel meningkat.

Bunga melon yang dibesarkan dan dapat dipanen berasal dari bunga sempurna (hermaphrodite) yang mulai dari ruas kelima. Pembesaran buah pada ruas awal memungkinkan pengisian karbohidrat maksimum sehingga rasanya akan sangat manis.

Namun, ukuran buahnya relatif kecil karena kapasitas pembentukan ukuran buah belum optimum. Pemilihan calon buah dari ruas di atas 13 memungkinkan pembentukan sel maksimum, tetapi pengisian terganggu karena tanaman cepat mati. Oleh karena itu, ukuran buahnya besar, tetapi rasanya kurang manis.Teknik membuat buah melon lebih manis

Baca Juga:

Untuk menggabungkan rasa manis dan ukuran buah maka dianjurkan untuk melakukan pemilihan buah dari bunga sempurna yang muncul pada ruas ke-9 hingga ke-12.

Pemberian pupuk 

Pengisian sel-sel daging buah dengan karbohidrat dan perubahannya menjadi gula selama perkembangan buah dan pematangan buah perlu didukung oleh hara yang cukup dan seimbang pada saat yang tepat.

Hara yang perlu diperhatikan adalah kalium (K), nitrogen (N), dan Kalsium (Ca). Kebutuhan kalsium terbesar selama pembungaan dan perkmbangan buah sebanyak 70% dari kebutuhan total. Sementara itu, nitrogen dan kalsium pada periode tersebut dibutuhkan sebanyak 50% dari kebutuhan totalnya.

Untuk mendapatkan efek yang baik maka perlu dilakukan aplikasi pupuk daun dengan kandungan K dan N berimbang seperti KNO3 (Konsentrasi 2 g/l) ditambah pupuk Ca (konsentrasi 2 g/l) serta pupuk mikro yang mengandungB (Boron), Zn (Zinc), dan Cu (tembaga). Aplikasi dilakukan pada saat pembentukan bunga, diulang dua kali pada setiap minggu.

Pemangkasan pucuk

Pembentukan tunas-tunas baru perlu dikurangi sejak terbentuknya buah yang akan dibesarkan untuk mengurangi penggunaan hasil fotosintesis bagi pertumbuhan vegetatif. Pemangkasan harus dilakukan pada tunas-tunas air yang muncul dari ketiak daun agar tidak banyak terbentuk cabang negatif.

Artikel terkait

Pemangkasan ini harus dilakukan secara teratur setelah  ukuran buah sebesar bola pingpong. Selanjutnya, setelah buah sebesar bola tenis maka pucuk utama kadang-kadang masih tumbuh sehingga dianjurkan untuk memotong pucuk bila jumlah daun sempurna lebih dari 25 helai.

UKURAN BUAH

Keseragaman ukuran dan kualitas buah sangat penting bagi pemasaran melon unggul sehingga upaya mendapatkan ukuran dan kualitas buah harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

  1. Hal pertama yang dilakukan untuk menyeragamkan ukuran buah adalah memilih ukuran benih yang seragam untuk dikecambahkan. Hal ini menjadi modal dasar untuk mendapatkan ukuran dan mutu buah yang seragam.
  2. Pelihara bibit dalam pesemaian dengan baik sehingga pertumbuhannya seragam. Selanjutnya, kelompokkan bibit yang akan ditanam di lapang sesuai dengan ukuran dan vigornya. Semakin seragam ukuran bibit, semakin seragam pula pertumbuhannya di lapangan.
  3. Tanam bibit dengan ukuran vigor yang sama di satu bedengan sehingga pertumbuhan tanaman tersebut menjadi seragam. Dengan demikian, periode pembungaan dari tanaman dalam satu bedengan menjadi seragam dan tidak ada yang saling menaungi. Kondisi ini menyebabkan pembuahan berlangsung seragam dan ukuran serta kualitas buah seragam.

CARA MEMBUAT MELON CRISPY

Pada saat ini mulai terbentuk pilihan baru rasa dan tekstur yang semakin digemari, yaitu melon dengan tekstur yang renyah seperti pear. Ternyata, tekstur renyah tersebut lebih ditentukan oleh sifat varietas dan selanjutnya dipengaruhi oleh teknik budi daya.

Pemilihan varietas

Varietas yang memiliki tekstur daging buah crispy umumnya berasal dari daerah cina, korea, dan jepang sehingga sering dinamakan oriental melon. Pada saat ini, melon crispy masih di dominasi oleh type melon yang halus tidak berjaring, seperti Apollo, Golden langkawi, Surise Meta, dan Orange Meta.

Meskipun demikian, ada juga melon crispy yang berasal dari kelompok melon berjaring sedikit, seperti melon Hami yang memang memiliki asal-usul dari daerah Hami di timur laut cina.

Pengaturan pengairan dan pemupukan

Tekstur buah berkaitan dengan pola pengairan dan pemupukan. Titik kritis pada pengairan adalah sejak penyerbukan sampai 20 hari sesudahnya . Pada saat tersebut, tanaman membutuhkan air dalam jumlah cukup untuk mendukung pertumbuhan buah dan pembentukan jala.

Kelembapan tanah yang cukup juga dibutuhkan untuk menghasilkan jala yang bagus. Pada tanah sawah, memungkinkan untuk dilakukan pengairan dengan cara di-leb. Namun, pengairan perlu dikurangi ketika memasuki fase pendewasaan buah sampai dengan panen.

loading...
Teknik Membuat Rasa Buah Melon Lebih Manis | Penulis | 4.5