Teknik Memotong Serta Perawatan Tanaman bonsai

Ini berlaku untuk cabang yang tumbuh kurang dari 2/3 tinggi batang keseluruhan. Teknik memotong serta perawatan tanaman bonsai dengan Cabang tidak dipotong lurus, melainkan dibuat berlekuk ke arah dalam. Hasilnya seperti rongga alamiah pada batang tersebut.

Cabang yang tetap dipelihara syaratnya harus masih lentur. Letak cabang pada ketinggian lebih dari 2/3 tinggi tanaman keseluruhan. Pengawatan dilakukan agar pertumbuhan cabang dapat dibengkokkan ke arah yang benar.

Cabang bisa tumbuh ke atas atau naik karena duahal. Pertama arah tumbuh cabangnya sendiri memang memanjat. Kedua, hanya anak cabangnya yang naik, sedangkan cabangnya tumbuh horizontal.images (14)

Baca Juga:

Keduanya dapat dikoreksi dengan pengawatan. Anak cabang yang tumbuh naik dipotong dan cabangnya dikawati. arah tumbuh cabang dibengkokkan sesuai keinginan.

Koreksi cabang yang tumbuh ke bawah tetapi menggantung

Artikel terkait

Cabang yang tumbuh ke bawah tetapi menggantung disebabkan oleh anak cabang yang tumbuh merunduk, sedangkan percabangannya biasa saja. Apalagi bila memang cabang tersebut yang tumbuh menggantung. Semua anak cabang yang tumbuh merunduk dibuang. Lalu dilakukan pengawatan agar cabang tidak terlalu terkulai.

Koreksi cabang yang tumbuh menyilang batang

Arah tumbuh cabang yang menyilang batang cukup mengganggu penglihatan. Apalagi bila cabang tersebut terletak di bagian depan. Bila cabang tersebut masih lentur, maka dapat dibengkokkan dengan kawat. Akan tetapi bila cabang sudah keras dan kaku, lebih baik dihilangkan. Agar terlihat alami, bekas potongan dibuat seperti rongga pada batang tanaman.

Koreksi cabang yang berukuran lebih besar dari batang

Ukuran cabang yang lebih besar daripada batang adalah menyalahi kodrat. Sudah semestinya cabang berukuran lebih kecil daripada batang. Untuk mengatasinya, kulit cabang dikelupas. Lantas dengan pahat dikurangi kayunya agar lebih kecil. Hasilnya berupa cabang yang kering dan tampak seperti sudah lama mati.

Ini akan mendramatisir penampilan tanaman sekaligus memperbaiki penampilan cabang. Bila cabang terlihat sangat mengganggu dan sulit diakali dengan cara ini, maka cabang tersebut dibuang saja.

loading...
Teknik Memotong Serta Perawatan Tanaman bonsai | Penulis | 4.5