Teknik Memperbanyak Tanaman Hias

Teknik Memperbanyak tanaman hias.Secara umum, perbanyakan tanaman dibedakan menjadi dua macam, yaitu generatif (penggunaan biji) dan vegetatif (penggunaan bagian tubuh tanaman0. Adapun teknik perbanyakan yang diterapkan pada tanaman hias, tergantung jenis tanamannya. Ada tanaman yang dapat diperbanyak dengan generatif saja, vegetatif saja, atau bahkan dengan kedua cara tersebut.

Beberapa cara perbanyakan yang dibahas mungkin sedikit terlihat ”mengerikan” karena harus melukai tanaman induk. Namun, jangan takut mencoba karena khawatir tanaman akan mati. Penggunaan tanaman yang harganya murah amat disarankan jika ingin memulai latihan perbanyakan. Tujuannya tentu saja agar kerugian secara finansial dapat ditekan.

Untuk meminimalisasi kematian tanaman dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk ini dan menjaga kebersihan tanaman serta lingkungan sekitarnya. Teknik perbanyakan tanaman bukan hal yang mudah dikuasai, tetapi bukan hal tidak mungkin. Semakin sering melakukan perbanyakan, akan semakin terampil dan tingkat keberhasilan akan semakin tinggi.Teknik memperbanyak tanaman hias

Baca Juga:

Generatif

Artikel terkait

Perbanyakan generatif merupakan teknik perbanyakan tertua yang dikenal manusia. Beberapa keunggulan perbanyakan secara generatif adalah dapat dihasilkan jumlah tanaman baru dalam jumlah relatif banyak serta sosok tanaman yang sempurna. Contoh tanaman yang perbanyakan menggunakan cara ini adalah adenium (kamboja jepang). Tanaman adenium yang dihasilkan dari biji memiliki bentuk yang lebih bagus, bonggol yang lebih sempurna dibandingkan tanaman dari setek serta sistem perakaran yang kuat.

Biji

Perbanyakan secara generatif tanaman hias adalah dengan penggunaan biji. Biji merupakan bagian tanaman yang digunakan untuk melanjutkan kehidupan secara alami pada tanaman. Hasil dari penyerbukan bunga tersebut berjumlah relatif banyak.

Teknik perbanyakan generatif memiliki banyak keunggulan. Namun, teknik ini tidak banyak digunakan dalam perbanyakan tanaman hias. Hal ini disebabkan waktu tumbuh yang dibutuhkan tanaman hasil perbanyakan vegetatif sampai kondisi layak jual lebih lama dibandingkan tanaman hasil perbanyakan vegetatif.

Selain itu, tanaman baru yang dihasilkan memiliki keragaman yang tinggi. Hal ini tidak akan ditemukan pada hasil perbanyakan vegetatif konvensional, kecuali teknik kultur jaringan. Keragaman ini dapat menjadi suatu kelebihan atau kelemahan. Keragaman sangat berarti untuk menciptakan kultivar baru, seperti pada anthurium dan tanaman hias lainnya yang dapat menjadi daya tarik tersendiri.

loading...
Teknik Memperbanyak Tanaman Hias | Penulis | 4.5