Teknik Mencangkok dengan Media dalam Kantong Plastik Dan Sabut Kelapa

Teknik mencangkok dengan media dalam kantong plastik. Teknik ini hampir sama dengan cara mencangkok yang konvensional, namun pada teknik ini menggunakan media cangkok cocopit (serbuk sabuk kelapa) yang tersedia di toko pertanian atau sabut kelapa yang sudah diberi perlakuan dan lebih dulu dimasukkan ke dalam kantong plastik.

Perlakuan sabut kelapa:images

Artikel terkait
  • Sabut kelapa kita kupas atau dipisahkan dengan bagian kulit luarnya yang keras. Hal ini karena kita hanya menggunakan sabut kelapa tanpa kulitnya.
  • Sabut kelapa kita rendam dalam air, paling lama 1 minggu agak melunak sehingga mudah dipisahkan-pisahkan dan hilang kandungan zat yang ada di sabut kelapa tersebut, karena zat tersebut dapat menghambat pembentukan akar tanaman. Untuk pemakaian cocopit tanpa melalui perendaman dalam air (dapat langsung digunakan).
  • Sabut kelapa dijemur dan dipisahkan serat-seratnya, maka sabut kelapa tersebut sudah siap digunakan, atau sabut kelapa kita potong-potong lebih kecil.                                             Media, serbuk/potongan sabut kelapa diletakkan di wadah. Kemudian tambahkan hormon pertumbuhan atau vitamin, contoh Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan doisi 2 cc untuk 1 liter air. Atau mudahnya 1 sendok makan = 1 tutup kemasan = 10 cc = 10 ml. Kalau kesulitan mencari hormon tumbuh dapat menggunakan pupuk Urea yang dicairkan dengan kadar 1% atau 1 gr/1 ltr air.           Contoh penggunaan media:                                                                                                                 2 kg serbuk kelapa kering dicampur dengan 1 liter air yang sudah dicampur dengan 1-3 tetes hormon pertumbuhan, kemudian diratakan hingga diperoleh campuran yang basah.                                                                                                                                                  Media tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran 1/4 kg untuk diameter batang yang berukuran kecil dan 1/2 kg untuk diameter batang yang berukuran lebih besar (ukuran kantong plastik disesuaikan dengan diameter batang yang akan dicangkok).                                                                                                                                             Isikan media dan padatkan sampai 3/4 plastik, kemudian tarik ujung kantong plastik dan ditalikan. Dari 2 kg media akan dihailkan 15-20 media dalam kantong plastik. Media dalam kantong plastik tersebut tahan sampai dengan 1 bulan.                                                 Cara penggunaan media tersebut dengan cara menyobek/mengiris memanjang satu sisi kantong plastik dan sisi sobekan tersebut dimasukkan dari bagian bawah luka apabila posisi batang melintang atau datar. Akan tetapi apabila posisi batang tegak cara memasukkannya bebas, kemudian diselubugkan secara merata ke keratan batang tanaman.                                                                                                                                                 Dilakukan pengikatan, agar media pada posisi yang benar (letak sobekan menghadap ke atas (bila posisi batang mendatar) dan media rata menyelubungi/menutup keratan/luka di batang tanaman).                                                                                                                              Dengan teknik ini diperoleh:
  • Pencangkokan lebih cepat dan ringkas.
  • Jumlah tanaman yang dicangkok bisa lebih banyak per satuan waktu.
  • Tersediamedai dalam kantong plastik dalam jumlah banyak yang mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipakai sewaktu-waktu.
Baca Juga:
loading...
Teknik Mencangkok dengan Media dalam Kantong Plastik Dan Sabut Kelapa | Penulis | 4.5