Teknik Mengabungkan Banyak Jenis Tanaman Kaktus

Bagaimana cara serta teknik mengabungkan banyak jenis tanaman kaktus??Ada cara lain yang dapat mengubah banyak jenis penampilan tanaman kaktus yaitu merangkai beberapa jenis dalam suatu wadah sehingga terlihat menawan. Rangkaian kaktus ini dikenal dengan istilah miniature garden of cacti. Tak hanya beberapa jenis kaktus saja yang dipadukan dipot, tetapi batu-batuan cantik, seperti suseki bisa digunakan sebagai ”pemanis” dalam rangkaian.

Teknis penggabungan beberapa jenis kaktus cocok dilakukan oleh orang yang hobi bercocok tanam, tetapi memiliki halaman terbatas. Seni memadukan beragam kaktus itu menjadi kegiatan yang menarik dan bisa dilakukan siapa saja di rumah.

Rangkaian kaktus dapat ditata dalam satu pot. Pot dari tanah liat atau porselin dapat dipilih sebagai wadah agar rangkaian lebih tampak alamiah. Kreasi lain yang bisa diciptakan adalah dengan memanfaatkan bejana kca, seperti stoples atau gelas.

Baca Juga:

Di wadah transparan itulah penampilan kaktus makin eksotik. Kreasi dalam wadah kaca populer dengan istilah terarium. Rangkaian kaktus ini dapat mempercantik meja tamu atau pojok rungan.

Cara menata kaktus dalam sebuah rangkaian tidak boleh sembarangan. Agar perpaduannya tampil cantik, komposisi tanaman sangat memegang peran penting.teknik mengabungkan banyak jenis tanaman kaktus

Komposisi tanaman menjadi kunci keberhasilan grouping plant. Jika mampu mengkombinasikan kaktus dengan tepat, maka hasil rangkaian pun akan menawan. Dalam hal ini ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tercipta satu kesatuan yang apik.

Ukuran

Dalam satu pot, sebaiknya pilih kaktus yang memiliki ukuran berbeda, seperti tinggi atau rendah, besar atau kecil. Kaktus bersosok besar dan tinggi bisa diletakkan di bagian belakang atau tengah pot. Contohnya, Austrocephalocereus dybowskii, A.

Artikel terkait

lehmannianus, Carnegiea giganeta, Cereus  hildamannianus var montstrose, Cleistocactus baumannii, dan C. straussii. Sementara kaktus kecil dan pendek ditata di sisi kanan atau kiri kaktus besar.

Bentuk

Kaktus yang berbentuk menarik bisa dipajang di bagian tengah pot sebagai central point atau fokus utama. Kaktus berbentuk bulat pun bisa menjadi pilihan untuk dibagian tengah, seperti Echinocactus grusonii.

Alternatif lain kaktus berbentuk unik seperti Opuntia microdasys atau Myrtillocactus geometrizans cristata. Meski demikian, kaktus yang berbentuk unik dan ukurannya kecil dapat ditata di pinggir karena sosoknya yang kecil.

Warna

Faktor penting lainnya adalah mengombinasikan warna dalam satu rangkaian. Kaktus berwarna umumnya dipakai sebagai pemanis sehingga ditata dibagian tengah pot. Contohnya, Gymnocalycium ”pink cap” dan Gymnocalycium ”red”.

Kaktus berwarna gelap, seperti Gymnocalycium ”brown” dan Gymnocalycium ”black cap” kurang diminati lantaran kurang menarik bila ditanam soliter. Namun, begitu dirangkai dalam kesatuan dipot, penampilannya malah semakin menonjol.

Tanaman sukulen

Dalam merangkai, tak melulu kaktus yang ditata, tetapi tanaman sukulen pun bisa digabungkan. Yang penting ada kesesuaian tanaman dalam karakter dan kebutuhan lingkungannya. Jenis kaktus hidup ditempat teduh dan tidak perlu banyak air, maka yang cocok ada beberapa tanaman sukulen, seperti jenis Anacampseros, Dyckia, Echeveria, Euphorbia, Sanseviera, dan Lithops.

Dalam menata tetap mengacu pada tiga hal diatas. Bisa saja, sukulen diletakkan sebagai latar belakang karena bersosok besar, speerti Euphorbia fruticosa atau Sansiviera pinguicula. Sementara Echeveria, Haworthia, dan Lithops yang mungil dipajang disisi kanan atau kiri tanaman yang besar.

loading...
Teknik Mengabungkan Banyak Jenis Tanaman Kaktus | Penulis | 4.5