Teknik Menyemai Biji Untuk Tanaman Hias

Teknik Menyemai biji Untuk Tanaman Hias.Proses perkecambahan atau menyemai biji untuk mendapatkan bibit tanaman hias berkualitas.Untuk Menghasilkanya Kita bisa mempercepat melalui penyemaian biji. Selain itu, benih yang diperoleh akan lebih berkualitas dan steril dengan baik.

Beraneka wadah, seperti tray, nampan, pot, botol, bak ember, maupun gelodong bambu bisa dimanfaatkan sebagai tempat persemaian. Namun, wadah terbaik untuk penyemaian biji ialah try karena dinilai lebih praktis dan efisien.

Penanaman menggunakan try tidak pusingkan oleh jarak tanam dan kekhawatiran akar tanam saling terkait. Hobiis dapat memilih tray berdasarkan kebutuhan kolom. Umumnya dalam satu tray tersedia 50-105 kolom semai.

Baca Juga:

Bila memilih memakai wadah, sebaiknya beri jarak tanam sekitar 2 cm x 2 cm. Jarak ini bertujuan supaya kecambah tumbuh leluasa, akar tidak saling tumpang tindih, dan cukup mendapat asupan hara. Sementara media semai untuk philo eceng cukup beragam asal agak lembap dan steril.teknik menyemai biji untuk tanaman hias

Tahap penyemaian

Artikel terkait
  1. Siapkan wadah semai (tray).
  2. Siapkan pula media tanam, berupa sekam bakar dan cacahan pakis (4:1).
  3. Masukkan media tanam ke dalam tray hingga 3/4 bagian, ratakan permukaannya.
  4. Letakkan satu persatu biji yang telah diolesi fungisida pada tiap kolom tray. Lalu, tutup kembali dengan media, tipis saja
  5. Letakkan tray di tempat teduh dan aman. Agar media tetap lembap, siram secara teratur 1-2 kali sehari dengan pasokan air yang sesuai.
  6. Tunas-tunas muda philo eceng baru muncul 2-3 minggu kemudian. Dalam jangka waktu sebulan, bibit akan menghasilkan 2 helai daun muda.
  7. Siapkan pot baru untuk menanam bibit. Isikan media tanam ke dalam pot, berupa cacahan batang pakis dan arang sekam (1:1).
  8. Pindahkan bibit yang telah memiliki 3-5 helai daun (umur 4-5 bulan) ke pot secara tunggal. Cabut bibit secara perlahan agar perakaran tidak rusak.
  9. Pelihara bibit selama di tempat ternaungi sebelum dipindahkan ke pot permanen. Pada masa ini, bibit dalam kondisi rentan dan mulai beradaptasi pada lingkungan baru.

Dalam proses pertumbuhan dan pengadaptasian tanaman, masa penyemaian memiliki peran strategis. Pada tahap ini , secara tak langsung seleksi terhadap tanaman berkualitas prima sudah mulai dilakukan.

Bibit philo eceng berkualitas baik tentu akan menciptakan tanaman dengan tampilan optimal saat dewasa bila dirawat dengan tepat. Pemberian pupuk dan hormon dengan takaran, timing, serta kebutuhan yang sesuai dapat pula mendukung pertumbuhan tanaman.

 

loading...
Teknik Menyemai Biji Untuk Tanaman Hias | Penulis | 4.5