Teknik Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Biji

Pembibitan dilakukan untuk mendapatkan tanaman baru dan memperbanyak tanaman. Dari pembibitan, diharapkan akan muncul sifat yang sama persis atau bahkan lebih unggul dari induknya.

Ada dua cara perbanyakan, yaitu generatif dan vegetatif. Tanaman baru yang berasal dari perbanyakan generatif dipengaruhi oleh gen kedua induknya,. Sementara perbanyakan vegetatif menghasilkan tanaman yang sifatnya sama persis dengan induknya.

Perkembangbiakan generatif terjadi melalui biji. Secara alami, sifat keturunan yang diperoleh biasanya berbeda dengan induknya. Perbedaan sifat ini terjadi karena perpaduan sifat yang berbeda dari kedua induknya akibat penyerbukan oleh serangga. Pembibitan dengan biji dilakukan untuk mendapatkan variasi baru.pembibtan bunga euphorbia

Baca Juga:

Perbanyakan vegetatif bertujuan untuk mendapatkan tanaman yang sifatnya sama dengan induknya. Perbanyakan vegetatif seperti ini dilakukan melalui setek atau cangkok. Tujuan kedua cara tersebut untuk mempertahankan sifat dan karakteristik induk dalam anakan yang dihasilkan. Dengan kata lain, sifat anakan yang dihasilkan sama dengan induknya.

Artikel terkait

Namun, perbanyakan vegetatif pun dapat digunakan untuk mendapatkan tanaman bersifat lebih unggul dari induknya, yaitu dengan tekhnik sambung. Tekhnik sambung memerlukan keterampilan khusus agar tingkat keberhasilan yang diperoleh tinggi. Cara sambung V, kini muncul tekhnik sisip.

Pembibitan Dengan Biji

Pembibitan dengan menggunakan biji udah dilakukan. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya.

Penyemaian biji dilakukan pada media tanam berupa campuran sekam bakar dan pasir dengan perbandingan 50 : 50. Langkah awal yang dilakukan adalah siapkan tray (wadah) semai, lalu isi dengan media tanam sampai setinggi 3/4 bagian.

Buat lubang kecil dengan jari telunjuk atau kayu pada media, kemudian masukkan biji dalam lubang (satu lubang diisi 3-5 biji). Setelah itu, tutup biji dengan lapisan tipis media tanam.

Setelah biji ditanam, siram dengan air yang sudah dicampur anticendawan, kemudian letakkan di tempat teduh. Biji akan mulai berkecambah pada umur 3-7 hari.

Bibit setinggi 4-5 cm atau telah mengeluarkan daun dan duri dapat dipindahkan ke pot kecil. Bila dirawat secara intensif, tanaman akan mulai berbunga pada umur 6-8 bulan.

loading...
Teknik Pembibitan Bunga Euphorbia Dengan Biji | Penulis | 4.5