Teknik Pemisahan Anakan Philo eceng

Teknik pemisahan anakan Tanaman philo eceng.Memisahkan anakan Tanaman Philo eceng dapat diperbanyak melalui pemisahan anakan bila telah muncul anakan di permukaan batang, berhimpitan dengan sang induk. Philo eceng dapat memiliki anakan jika di pacu atau diakali terlebih dahulu. Jika tidak, tanaman ini sangat sulit untuk menghasilkan anakan.

Trik istimewa bisa dilakukan hobiis untuk mempercepat muncunya anakan. Pucuk philo eceng di potong hingga pangkal media, lalu didiamkan hingga 3 bulan. Pemotongan dapat dilakukan pada tanaman philo yang telah memiliki sekitar 12 helai daun.

Sisakan 4 helai untuk membantu proses fotosintesis. Jika sukses, sebanyak tunas akan muncul pada bagian pangkal batang. Kondisi ini terwujud karena nutrisi yang diserap tanaman akan terkosentrasi untuk pertumbuhan tunas-tunas baru di samping batang.teknik pemisahan anakan philo ecengSebaiknya pangkal ini dilakukan berbarengan dengan perbanyakan setek pucuk agar hasil potongan tidak terbuang percuma.

Baca Juga:

Secara seksama, perhatikan pula pertumbuhan akar baru pada tiap tunas. Selain itu, pastikan ada celah pada tangkai daun yang akan dipotong agar tangkai daun tidak terluka. Luka sekecil apapun-baik pada helai atau tangkai daun philo eceng-akan menurunkan nilai seni dan ekonomisnya.

Artikel terkait

a. Pilih induk philo eceng dengan jumlah daun sekitar 12 helai, terdapat akar muda, dan telah memiliki anakan. Pastikan induk tanaman bebas hama penyakit.

b. Tepuk-tepuk pot secara perlahan. Lalu, pisahkan tanaman dengan pot.

c. Pastikan  perakaran tidak rusak akibat pencabutan.

d. Buang sebagian media tanam.

e. Cari celah antara anakan dan tanaman induk. Pisahkan anakan dari induk dengan pisau tajam steril, usahakan agar akar tak putus atau rusak. Pastikan posisi luka tegak miring agar lekas mengering.

f. Olesi bagian batang induk yang terluka dengan fungisida, misalnya Cobox atau Dithane M-45.

g. Oleskan juga fungisida pada batang anakan.

h. Siapkan pot kecil berdiameter 24 cm untuk menanam anakan.

i. Siapkan pula batang pakis yang telah diperkecil ukurannya, sekitar (2 x 2 x 2 ) cm.

j. Masukkan potongan styrofoam ke dasar pot agar media tidak terbawa air siraman, tambahkan media tanam hingga 1/3 bagian pot.

k. Masukkan bibit setek ke dalam pot. Usahakan posisinya berada tepat di tengah-tengah. Setiap pot berisi 1 bibit.

l. Tambahkan potongan pakis hingga memenuhi pot. Usahakan tidak ada celah di antar potongan pakis agar tidak digunakan serangga untuk tempat tinggal.

m. Letakkan 2-3 buah batu kali di atas media tanam untuk menyerap panas, di samping memperkuat posisi bibit setek.

n. Letakkan bibit ditempat terlindung sengatan matahari dan lembap selama 2-4 minggu sampai pertumbuhannya mulai terjadi. Secara kontinu, siram tanaman 1-2 kali sehari dengan air secukupnya.

loading...
Teknik Pemisahan Anakan Philo eceng | Penulis | 4.5