Tips Dalam Membeli Tanaman Hias Kusus Pemula

Tips Dalam membeli Tanaman Hias kusus pemula-Sejalan dengan perkembangan tanaman hias, mulai banyak orang membeli tanaman hias dengan berbagai tujuan. Ada yang bertujuan pengisi taman atau penghias rumah, bahkan untuk bisnis. Kondisi seperti itu dapat dimanfaatkan sebagai orang yang ingin mengambil keuntungan sesaat, sehingga tanaman hias yang dijual tidak layak atau bahkan bukan jenisnya.

Hal ini sangat merugikan konsumnen. Oleh karena itu, perlu waspada dan teliti ketika membeli tanaman hias.

Survei harga di beberapa tempat

Baca Juga:

Tidak menentukan penetapan harga penjual tidak rasional menaikkan harga jualnya. Untuk itu Anda harus mengatahui tren dan harga pasar yang sedang berlaku. Amatilah beberapa harga tanaman hias di berbagai tempat penjualan.Tips Dalam Membeli Tanaman Hias Kusus Pemula

Umumnya harga akan berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, banyak media cetak yang telah memuat rangkuman harga pada satu waktu tertentu. Janganlah segan-segan menawarkan tanaman yang ingin Anda beli pada setengah harga yang di tawarkan. Setelah harga telah di sepakati bersama, barulah Anda memilih tanaman sesuai dengan kualitas yang diinginkannya.

Memilih tanaman yang sehat

Ada beberapa hal yang dapat di perhatikan dalam memilih tanaman:

Artikel terkait
  • Kelengkapan bagian tanaman, seperti daun sehat, batang kuat, serta akar banyak. Kondisi daun dan batang dapat dengan mudah diamati dari sosok tanaman keseluruhan, tetapi kondisi akar letaknya tersembunyi dalam media tumbuh akan sulit untuk diperiksa.
  • Periksa akar dengan mencabut tanaman dari medianya. Anda dapat memeriksanya dengan cara menggoyangkan pangkal batang tanaman. Jika terlalu mudah bergerak kemungkinan akar baru tumbuh sedikit atau bahkan baru dilakukan stek batang. Cara lain dengan menanyakan langsung kepada penjual, tetapi rata-rata mereka hanya akan menyebutkan hal baik tentang tanamannya.
  • Dalam membeli tanaman yang berdaun indah, sperti philodendron, aglaonema dan anthurium perlu diperhatikan warna duan harus cerah serta terlihat sehat dan segar. Bentuk daun yang baik jika daun baru lebih besar dari pada daun yang lama. Daun baru lebih kecil dari daun lama tanda tanaman kekurangan nutrisi. Lalu lihat pula susunan daunnya terlihat kompak atau tidak. Biasakanlah Anda membeli tanaman yang telah keluar kuncup daun barunya.
  • Untuk tanaman berbunga, seperti adenium, penting untuk memeriksa kondisi akarnya. Karena untuk mengeluarkan bunga, kondisi tanaman terutama akar harus benar-benar sehat. Agar cepat menikmati indahnya bunga, berilah tanaman yang baru mempunyai kuncup bunganya, sehingga bunga mekar saat berada di halaman rumah. Jika Anda membeli tanaman dengan bunga yang telah mekar hanya tahan beberapa hari saja, kemudian rontok.
  • Untuk jenis pohon-pohonan yang cukup besar, perlu Anda perhatikan kesehatan dan banyaknya akar. Pastikan tanaman sehat dan tidak mengandung bibit hama dan penyakit tanaman.

Membeli di tempat yang terpercaya

Banyak tempat untuk membeli tanaman hias, bisa di kios-kios pinggir jalan raya, kebun pembibitan, bahkan dengan sarana webside, interaksi jual beli dapat terjadi. Tetapi, tetap saja aksi penipuan tetap berpeluang terjadi. ”Belilah tanaman di tempat yang terpercaya,” saran Iwan Hendrayanata, Pemilik Chiara Chianti Nursery di Jakarta Selatan.

Transaksi lain, menggunakan fasilitas e-mail yang memuat foto dari tanaman yang hendak di jual. Tetapi kadangkala kondisi tanaman yang dikirim ke pembeli tidaklah selalu seperti yang dijanjikan. Untuk itu diperlukan suatu perjanjian antara penjual dan pembeli. jika ada kesalahan dalam jenis dan kondisi tanaman yang tidak sesuai dengan perjanjian awal.

 

loading...
Tips Dalam Membeli Tanaman Hias Kusus Pemula | Penulis | 4.5