Tips dan Cara Memperindah Tampilan Bunga Adenium

berikut Tips serta cara memperindah tampilan bunga Adenium anda.Daya tarik Bunga adenium tak hanya dari bunga. Akar dan batangnya pun memikat. bunga Adenium memiliki akar yang unik. Ukuran akar dan batang semakin besar seiring bertambahnya umum tanaman. Pertumbuhannya pun tak hanya lurus menjulang menantang matahari, tetapi bisa meliuk kekiri dan kanan. Batang yang indah menampilkan kesan kokoh dan kuat. Batang bisa dibentuk sehingga tampak lebih unik dan terlihat ekslusif.

Banyak Orang menyangka bahwa bentuk bonggol yang unik hanya bisa diperoleh dari alam atau hasil perbanyakan biji. Apalagi di alam atau kebun, adenium berbonggol bagus termasuk langka. Disetiap kontes adenium, tanaman berbonggol indah selalu menjadi primadona dan meraih juara. Dengan predikat juara tersebut, harga tanaman pun terdongkrak naik.

Meskipun langka, bentuk bonggol yang unik seperti menjuntai atau dikepang bisa dibentuk sendiri. Tak hanya batang dan cabang yang bisa dipermak, akar adenium juga bisa dirangkai. Lazimnya akar adenium  hasil perbanyakan biji berukuran besar dan menggembung seperti bonsai.

Baca Juga:

Akar adenium hasil setek berbentuk serbut tidak bisa dikembungkan. Oleh  karena itu, untuk mendapatkan akar adenium yang menggembung harus dari biji. Semai biji.cara perawatan bunga adenium harian

Semai biji didalam  polibag. Setelah tumbuh akar, angkat sendiri, supaya akar bawah saja yang mencari makanan. Dengan sendirinya akar atas akan menggembung. Beberapa nursery menjual biji adenium dari berbagai varietas.

Merangkai akar adenium tidaklah mudah. Pertama, cabut  tanaman dari medianya. Letakkan tanaman ditempat teduh dan jangan terkena air. Dengan cara itu akar adenium akan tumbuh memanjang. Jika akar telah panjang, cabut dan layukan selama 1-2 hari.

Setelah akar lemas, pilih akar sehingga menyerupai kepang rambut. Dengan bentuk akar terpilih seperti itu membuat harga adenium meningkat menjadi 2 kali lipat. Bentuk akar menjuntai harganya bisa meningkat 3 kali lipat. Padahal bentuk rebah relatif lebih gampang dibentuk. Akar itu terbentuk karena pot jatuh sehingga rebah dan tumbuh mengikuti arah matahari.

Agar Bonggol Tumbuh Lebih Bersar

Kelangkaan bonggol bagus membuat beberapa pekebun di tanah air bereksperimen merancang bonggol sejak tanaman muda. Bonggol muda berukuran 4-5 cm sudah bisa dibentuk. Dari sisa umbi masih bisa tumbuh akar. Bahkan, bentuknya lebih rapi karena akar muncul serempak dari pinggir bonggol yang sudah menganga.

Memaksa bonggol untuk tumbuh membesar memang relatif sulit dan resikonya besar. Salah potong dan penanganan yang tidak tepat membuat tanaman merana dan mati. Itu sebabnya kebanyakan hobiis menggunakan tanaman sakit untuk dipotong.

Toh, jika tanaman mati tidak merasa rugi. Sebenarnya beberapa pekebun malah menggunakan bonggol baru yang sehat. Justru tanaman yang sehat lebih cepat pulih setelah dilukai. Masa pemulihan tanaman yang sakit relatif lama, bahkan beresiko mati.

Pilih tanaman yang batangnya  berwarna hijau, mulus, dan bebas penyakit puru. Meskipun bentuk bonggol bagus, tetapi jia dipenuhi dengan puru akan mengurangi keindahan tanaman. Selain sehat, syarat lain adalah pertumbuhan tanaman harus bagus. Itu ditandai dengan adanay guratan disekitar bonggol yang menandakan pertumbuhannya cepat.

Artikel terkait

Supaya penampilan terlihat cantik dan unik, gunakan bonggol sehat dan bercabang banyak. Tak ada syarat khusus untuk ukuran tanaman, baik kecil dan besar bisa dipermak menjadi besar. Jika digunakan bonggol bercabang banyak, ketika besar sosok tanaman akan terkesan ekslusif. Setelah tanaman tersedia, pemolesan bisa dilakukan seperti berikut.

  1. Siapkan pisau atau cutter yang tajam dan steril. Bersihkan pisau dengan alkohol 70% atau dipanaskan diatas api agar terbebas dari kuman penyakit.
  2. Cabut tanaman dari pot perlahan-lahan dengan cara menggoyang-goyang agar media merenggang. Hal itu bertujuan supaya akar tidak putus.
  3. Letakkan tanaman diatas kertas atau talenan.
  4. Potong tanaman tepat dibagian yang paling besar dari bonggol. Lakukan perlahan-lahan supaya bonggol tidak retak. Setelah itu, celupkan batang yang sudah dipotong ke dalam larutan fungisida selama 6-10 menit.
  5. Selanjutnya, angkat dan keringanginkan ditempat teduh selama 30-60 menit.
  6. Setelah batang terasa kering, olesi dengan zat perangsang akar, seperti Rooton F atau Atonik untuk memacu pertumbuhan akar. Supaya bekas potongan steril, olesi luka dengan bawang putih. Bawang putih bukan untuk memacu pertumbuhan, tetapi mensterilkan luka. Selanjutnya, keringanginkan ditempat teduh selama 5-10 menit.
  7. Tanam kembali dan simpan ditempat teduh.

Media yang digunkan untuj penanaman sebaiknya disterilkan terlebih dahulu. Media yang tidak membuat tanaman rentan  hama dan penyakit. Itu dikarenakan luka bekas potongan lebar sehingga memudahkan hama dan penyakit masuk. Akibatnya, tanaman membusuk dan mati. Kalaupun selamat, kelak tanaman akan rapuh. Akar-akar mudah putus lama kelamaan menjadi ompong.

Tanaman membutuhkan perawatan yang intensif supaya pertumbuhannya optimal. Caranya, letak tanaman yang telah dipangkas ditempat yang teduh, seperti diteras rumah atau di bawah rak.

Selama 7-10 hari pertama, tanaman tidak perlu disiram karena dianggap lukanya belum mengering. Setelah itu, siram tanaman secukupnya, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan akar busuk. Selanjutnya penyiraman dilakukan 2 hari sekali. Selama sebulan setelah tanam, tanaman belum boleh dipupuk.

Pemupukan rutin dilakukan setelah adenium berumur 2-3 bulan. Saat itu akar mulai tumbuh meski kondisinya masih lemah. Tambahkan pasir malang 1/4 bagian agar media lebih porous. Hal itu dilakukan berbarengan dengan mengganti sekam yang mulai lapuk. Setelah penanaman, lakukan pemeriksaan setiap hari.

Buang gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh disekitar pot.  Pada saat tanaman berumur 3 bulan, keluarkan tanaman dari pot dan periksa akarnya. Pangkas akar yang rusak atau yang pertumbuhannya tidak dikehendaki. Selain itu, singkirkan akar yang  berukuran terlalu kecil dan menyimpang. Lakukan penjarangan agar akar membesar dan tersusun rapi.

Keindahan akar akan terlihat ketika tanaman menginjak remaja, umur 5-8 bulan. Akar mulai menggembung dan bentuknya seperti seperti mencengkeram tanah. Itu sebabnya penjarangan harus dilakukan saat tanaman masih muda. Jika tidak, akar-akar itu berantarakan dan saling tumpang tindih setelah dewasa sehingga merusak penampilan.

loading...
Tips dan Cara Memperindah Tampilan Bunga Adenium | Penulis | 4.5