Tips Membeli bunga Euphorbia Kualitas unggul

Banyak nurseri yang menjual euphorbia mulai dari ukuran kecil sampai besar. Harganya pun bervariasi, yaitu antara Rp 50.000,00 – Rp 40.000,00. Bahkan, adapula yang berharga hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran, jenis, dan kualitasnya.

Nurseri yang bermutu bagus tentu dapat menerangkan asal-usul tanaman, mulai dari jenis bunga, jumlah dompolan, bahkan cara perawatannya. Sosok yang memikat belum tentu berkualitas bagus. Setelah dibeli, ternyata tanaman enggan berbunga setelah tiba di rumah. Oleh karena itu, pembelian euphorbia hendaknya dilakukan di nurseri yang telah terkenal dalam menjamin kualitas.images (3)

Penentuan jenis euphorbia yang cocok dapat disesuaikan dengan keuangan. Tanaman muda berukuran 10-15 cm dapat menjadi pilihan karena harganya relatif murah. Bibit asal sambungan biasanya belum terlihat berbunga. Pembeli harus menunggu beberapa minggu untuk menikmati kecantikan bunganya.

Baca Juga:

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli euphorbia

Artikel terkait
  1. Nama jenisnya.
  2. Termasuk jenis tren atau tidak.
  3. Warna, bentuk, ukuran, dan putik bunga.
  4. Warna, bentuk, ketebalan, dan keras-tidaknya daun.
  5. Bentuk tajuk saat dewasa.
  6. Jenis duri.
  7. Termasuk jenis yang rajin berbunga.

Beli yang sudah berbunga

Alternatif lain untuk memastikan sifat tanaman adalah membeli tanaman yang sudah berbunga. Meskipun harganya relatif mahal, tetapi warna dan bentuk bunganya sudah dapat dilihat. Walaupun begitu, pembeli perlu mencermati kembali warna dan bentuk bunga sebelum membelinya.

Bagi pemula disarankan memelihara tanaman yang memiliki karakter seperti warna bunga bagus, berbunga banyak, tanaman kuat, dan rajin berbunga. Setelah berpengalaman, dapat memulai pemeliharaan jenis yang sedang tren dan berharga lebih mahal.

Keindahan tanaman euphorbia berbeda-beda dan masing-masing jenis mempunyai kelebihan. Untuk itu, beberapa hal yang perlu diketahui untuk menentukan kualitas euphorbia adalah sebagai berikut.

  1. Bunga harus berukuran besar, jumlah kuntum per dompolnya banyak, dan berukuran seragam. Selain itu, kelopak bunga harus mekar sempurna, tebal, dan berwarna cerah.

  2. Daun harus besar, tebal, dan berwarna hijau cerah. Ketika diraba, permukaan daun halus dan tidak layu.

  3. Batang harus gemuk, kuat, tegak, dan tidak bengkok atau melintir.

loading...
Tips Membeli bunga Euphorbia Kualitas unggul | Penulis | 4.5