Tips Membuat Rumah Tanaman Anggrek

Sesuai judul di atas,Tips membuat rumah tanaman anggrek sederhana yang kaya manfaat.Memuat dan menyiapkan tempat bagi Phalaenopsis spesies agar dalam proses budi daya dapat berhasil seperti yang diharapkan membutuhkan beberapa hal mengenai pilihan bahan, bentuk bangunan, konstruksi yang dipilih, serta biaya. Hal tersebut merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan sejak awal.

Termasuk juga yang tidak kalah penting adalah mengetahui arah matahari dan arah angin. Tidak jarang kegagalan dalam pemeliharaan bukan saja disebabkan oleh faktor-faktor teknis budi daya, melainkan dapat disebabkan oleh kurang cermatnya mempertimbangkan beberapa hal tersebut.images (9)

Anggrek Phalaenopsis spesies termasuk tanaman yang peka terhadap perubahan kondisi lingkungan, misalnya suhu dan kelembapan. Oleh karena itu, untuk meminimalkan pengaruh lingkungan tersebut, dianjurkan menggunakan rumah tanaman sebagai tempat pemeliharaan yang juga sering disebut dengan rumah plastik (green house).

Baca Juga:

Menggunakan rumah plasitk tidak hanya mengurangi pengaruh lingkungan, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat seperti menghindarkan tanaman dari guyuran hujan yang berlebihan pada musimnya, menjaga kelembapan udara, mencegah masuknya hama pengganggu, melindungi tanaman dari sengatan teriknya sinar matahri, dan menjaga sirkulasi udara. Sirkulasi udara dapat diatur melalui alat exhausefan sebagai pengendali.

Tata letak dan penempatan tanaman di dalam rumah tanaman pun perlu diperhatikan. Rak penyimpanan tanaman sistem horizontal, semi-vertikal, atau vertikal, bahkan semi-gantung, tergantung pada selera dan pertimbangan estetika dalam display.

Media Tanam

Artikel terkait

Media tanam bagi anggrek Phalaenopsis spesies hampir sama dengan media tanam anggrek lainnya. Dalam hal ini bahan yang biasa dipakai adalah papan pakis lempeng, cincang akar pakis, moss, sabut kelapa, arang kayu, kulit kayu, dan pecahan batu bata atau genting. Apa pun pilihannya, sebelum digunakan, bahan-bahan tersebut sebaiknya diolah dengan cara dipotong, dicuci, dan bila dirasakan perlu direbus terlebih dahulu sehingga layak digunakan sebagai media tanam.

Fungsi media tanam adalah sebagia tempat melekatnya akar serta menyimpan air dan hara, sekaligus sebagai penyangga kelembapan tanaman. Masing-masing media tanam berbeda karakteristiknya sehingga berbeda pula pengolahan, masa pakai, dan harganya. Pertimbangan dalam memilih media tanam sebaiknya mengacu pada beberapa hal, yaitu relatif mudah diperoleh, mudah diolah, masa pakai lebih lama, dan harga relatif murah.

Ukuran media tanam disesuaikan dengan umur dan ukuran pohon. Semakin besar pohon akan semakin besar pula ukuran media yang dipakai karena akar lebih menyukai media tanam berongga untuk sirkulasi udara.

Wadah Tanam

Wadah tanam yang sering digunakan dalam pemeliharaan anggrek pada umumnya adalah pot dari tanah liat atau pot plastik. Karakter kedua wadah tersebut sangat bereda. Pot tanah memiliki lubang di samping dan pori-pori pada dindingnya sehingga sirkulasi udara bagi perakaran anggrek akan lebih baik dibanding pot plastik.

Sebenarnya wadah tanam bagi anggrek bukan hanya terbatas pada kedua jenis tersebut, masih ada wadah lain yang dapat dipilih, yaitu lempengan papan pakis, kraat (wadah yang terbuat dari bambu atau kayu), pot keramik, pot kayu, dan tempurung kelapa. Dengan dibuat berbagai kreasi, diharapkan penggunaan wadah tanam tersebut dapat menambah nilai jual dan estetika anggrek itu sendiri.

Pertimbangan dalam memilih wadah tanam bagi anggrek pada umumnya termasuk anggrek Phalaenopsis spesies, adalah bahan wadah relatif mudah diperoleh, harga murah, dapat dipakai berulang-ulang, dan memiliki nilai estetika.

loading...
Tips Membuat Rumah Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5