Tips Membuat Tanaman Hias Rumahan Agar Tetap Segar

Pada hakekatnya, tanaman rumahan menyukai tempat-tempat yang teduh.Berikut tips membuat tanaman hias rumahan agar tetap segar dan setengah teduh sehingga dapat hidup di ruangan tertutup yang kurang cahaya. Untuk tanaman indoor sebaiknya dipilih jenis tanaman yang mudah perawatannya, daya tahan dalam ruangan lama, serta bentuk dan warnanya bagus.

Kriteria lain yang harus di pertimbangkan adalah toleran berada di dalam ruangan, tahan kondisi kurang cahaya dan AC, daunnya tidak cepat rontok, penampilannya tetap baik, serta tetap anggun dan segar selama 1-4 minggu dipajang.

Kelemahan penggunaan tanaman indoor adalah daya tahannya yang tidak lama berada di tempat pemajangan. Hal itu wajar karena selama tanaman berada di dalam ruangan tidak terkena sinar matahari dan udara segar. Akibatnya, proses respirasi dan fotosintesis tanaman tersebut akan terganggu.tanaman hias rumahan

Baca Juga:

Tanaman indoor dapat mati atau sakit karena kebanyakan atau kekurangan sinar matahari, kekurangan udara, udara terlalu kering, kebanyakan air penyiraman, atau media tanaman mengalami kekeringan. Untuk mendapatkan tanaman indoor yang kondisinya selalu prima diperlukan pemeliharaan tanaman yang tepat.

Artikel terkait

Pemeliharaan tanaman dilakukan untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan atau hambatan pertumbuhan pada tanaman. Kalau kondisi tanaman dapat terjaga baik, timbulnya gangguan hama dan penyakit dapat di cegah, penampilan tanaman akan lebih cantik dan prima, serta memudahkan terlaksananya berbagai pekerjaan pemeliharaan lainnya.

Tanaman yang di pajang di dalam ruangan sebagai tanaman indoor berasal dari alam terbuka. Masing-masing tanaman memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada tanaman yang memiliki sifat mampu hidup dalam ruangan dengan sedikit cahaya dan udara segar, bahkan tahan dalam kelembapan yang relatif kurang. Ada juga jenis tanaman yang gemar hidup di bawah cahay matahari dan udara segar berlimpah, tetapi kalau ditaruh di dalam ruangan ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Apa pun alasannya, penempatan tanaman di dalam ruangan merupakan suatu pemaksaan meskipun tanaman sudah dipilih dari jenis-jenis yang mampu menyesuaikan diri. Oleh karena itu, dalam proses penyesuaiannya harus dibantu dengan menyiapkan sarana yang biasa di dapat di alam, mulai dari air, zat makanan, cahaya, suhu, kelembapan, dan udara segar. Jangan sampai tanaman indoor yang dipajang di dalam ruangan kurang mendapat perhatian ehingga akan merana atau bahkan mati.

Ada lima keperluan hidup yang dibutuhkan tanaman indoor secara teratur, yaitu cahaya yang cukup untuk fotosintesis, suhu ruangan yang nyaman, kelembapan yang memenuhi persyaratan, sirkulasi udara segar, dan pupuk yang lengkap serta cukup sebagai sumber makanan.

loading...
Tips Membuat Tanaman Hias Rumahan Agar Tetap Segar | Penulis | 4.5