Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Yang Sehat

1. Daun

Parameter pertama yang perlu Anda lihat pada bibit yang baik adalah warna daun yang hijau cerah, atau pucuknya berwarna hijau/merah muda. Jika tanaman sedang berproduksi, daunnya pun tetap memperlihatkan warna hijau tua yang indah mengkilat. Bandingkan juga ukuran daunnya tampak besar atau justru mengecil. Lihat apakah ada bekas serangan hama atau penyakit. Curigai apabila ada daun yang menggulung (keriting).

2. Batang

Baca Juga:

Pada batang, lihat dulu bekas sambungannya. Apabila ada benjolan berarti ada ketidakcocokan antara batang bawah dan atas. Batang atas pun harus tegak mengarah ke atas. Batang tidak boleh bengkok atau merunduk ke bawah. Untuk tabulampot yang sudah besar yaitu dengan ketinggian sekitar 1 meter pilihlah bibit yang sudah ada percabangannya. Lihatlah adakah jamur yang menempel, berbentuk bulatan-bulatan putih? Apakah ada bekas sayatan atau bekas penggerek batang? Kalau ada jangan dipilih! Batang yang bagus yaitu batang lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan serta bentuknya proposional atas bawahnya.

3. Akar

Setelah bagian atas slesai, Anda lihat media tanamannya. Apakah campurannya? Poros apa tidak? Cobalah dibongkar/keduk sedikit, dan lihat adakah akar-akar serabutnya. Bibit yang subur penuh dengan akarserabut dan biasanya akar sudah sampai ke tepian polybag atau sudah menembus polybag, dan ujung akar tampak putih.images (11)

Artikel terkait

4. Buah

Apabila bibit tanaman sudah berbuah, dan ini sering terjadia pada tanaman buah tertentu yang mudah berbuah, yang harus diperhatikan adalah apakah daunnya rontok? Bentuk buahnya pun harus sempurna, tidak berulat, proporsional, tidak mengecil warna kulit buah cerah atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.

Tips Memilih Bibit Tanaman Buah untuk Tabulampot

1. Mencari bibit yang berkualitas baik:

  • Caranya pilih bibit dari okulasi atau cangkok yang berasal dari indukan yang berkualitas dan sudah berbuah. Jika bibit dari bii lama sekali tidak segera berbuah mungkin tanaman tersebut tidak berbuah sama sekali.
  • Mengetahui jenis pohon untuk dataran tinggi atau dataran rendah. Contoh jika Anda menanam pohon tanaman apel atau stawbery di jakarta sampai kapanpun tanaman tersebut akan sulit berbuah.
  • Pilih bibit yang telah berbuah. Hal ini karena tanaman akan berpeluang besar untuk berbuah di tabulampot. Namun jika Anda memilih tanaman yang terlalu rimbun atau subur kemungkinan besar pembibit mengambil mata tunas dari tunas air untuk okulasi. Tunas air maksudnya tangkai yang mengambil makanan lebih banyak dari tangkai yang lain. Jika demikian, maka tanaman juga tidak akan berubah.
  • Jangan memilih akar yang sudah tembus ke tanah. Hal ini dapat berakibat jika kita memindahkan tanaman ke dalam pot bibit akan stres bahkan mati. Namun jika sudah terlanjur terjadi biarakan tanaman di polybag selama seminggu dan tempatkan di tempat yang teduh.
loading...
Tips Memilih Bibit Tanaman Buah Yang Sehat | Penulis | 4.5