Tips Memilih Bunga Kaktus Yang Sehat

Tips Memilih bunga Kaktus yang sehat.Siapa yang tidak senang melihat Bunga kaktus tumbuh sehat. Apabila dirawat dengan baik, kelak tanaman berduri kaktus itu akan berbunga cantik. Namun, percuma jika tanaman yang dibeli ternyata berkualitas rendah. Begitu tiba di rumah, kaktus terserang busuk batang, lalu mati ”kapok”, itulah kata yang pertama kali terlontar melihat tanaman itu.

Kaktus berkualitas pun tidak akan tampil cantik jika tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, kaktus tumbuh tidak normal dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, belilah kaktus di tempat yang menjamin kualitasnya. Banyak nursery menjual kaktus mulai dari ukuran kecil sampai besar. Di lembang, Bandung ada beberapa nursery yang menyediakan beragam jenis kaktus.

Memilih jenis kaktus

Baca Juga:

Cara mudah mendapatkan kaktus adalah dengan cara membeli di nursery atau penjual kaktus. Disana terdapat berbagai jenis kaktus yang ditawarkan . Masing-masing kaktus mempunyai ukuran dan harga yang berbeda. Sering kali pembeli kesulitan dalam memilih kaktus yang berkualitas. Hal ini dikarenakan jenis kaktus yang beragam, baik bentuk mupun jenisnya.

Para pembeli dapat leluasa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah dibutuhkan tips-tips tersendiri dalam membeli tanaman berduri ini. Apabila ingin mencari jenis kaktus untuk ornamen taman dapat memilih jenis kaktus yang berbatang silindris sehingga tampak menjulang tinggi, seperti Stenocereus thurberi atau Carnegia gigantea. Jika untuk hiasan di pot, maka belilah kaktus berbatang bulat, seperti kaktus dari genus Discocactus, Ferocactus, Mammillaria, atau Rebutia.

Menentukan jenis yang menarik.

Secara umum setiap jenis kaktus memiliki karakteristik berbeda-beda. Itu tergantung dari keinginan hobiis yang ingin mengoleksinya. Ada tiga penggolongan kaktus, yakni Periskieae, Opunteae, dan Cereeae. Periskieae dicirikan berdaun tunggal, tangkai pendek, dan bertulang daun. Sosok tanaman semak diselimuti duri. Contohnya Preskia weberiana.

Opunteae memiliki keistimewaan pada ruas pipih atau bulat dengan cabang yang banyak. Sosoknya bersemak sehingga cocok ditanam di sudut taman. Sekujur batang diselimuti duri dan rambut halus. Contohnya, Opuntia microdasys var.alba, O. microdasys monstrosus, O.tunicata, dan O.vestita.Tips memilih bunga kaktus yang sehat

Creeae dicirikan tidak berdaun, bercabang, beruas-ruas, berbentuk bulat, siku, atau silindris. Batangnya berdiri. Jenis ini banyak disukai karena bentuknya beragam. Tak heran bila tanaman ini dinikmati para kolektor karena penampilan ekslusif. Contohnya, Cephalacereus senilis atau populer dengan sebutan old man cactus yang memiliki bulu halus dan lebat. Kaktus peniti (Mammillaria bocasana), kaktus spiral (Mammillaria tolimensis0, atau kaktus pagoda (Gymnocalycium hossei) pun menjadi pilihan lain.

Bentuk batang memang menjadi keistimewaan kaktus. Ada yang berbentuk bulat, seperti genus Aricarpus, Acanthocalycium, Astrophytum, Rebutia, Coryphantha, atau Discocactus. Bentuk batang bulat papak dapat dilihat pada genus Echinocereus, Echinopsis, atau Ferocactus. Bentuk-bentuk silindris dijumpai pada genus Espostoa, Lophocereus, Pachycereus, Pilsocereus, Stenocereus, atau Stetsonia.

Ukuran batang pun beragam, mulai dari yang pendek hingga setinggi 15 m. Ada juga kaktus bersemak-semak dan bercabang banyak, tetapi kerdil dan perdu, seperti genus Echinopsis dan Echinocereus. Kulit batang bervariasi, hijau, hijau semu biru, atau abu-abu kebiru-biruan. Kulit berlapis lilin mengurangi penguapan.

Artikel terkait

Kebanyakan kaktus tidak berdaun. Namun, ada kaktus dari keluarga Pereskia dan Quiabentia yang mempunyai daun tunggal, tangkai pendek, dan berukuran besar. Lantaran unik, kaktus ini bisa dijadikan sebagai ”pemanis” rangkaian atau tampil menawan bila ditata di sudut taman.

Salah satu ciri khas kaktus adalah memiliki duri, meski sebagian kecil tidak berduri. Duri tumbuh dibagian yang disebut areole. Duri pada kaktus ada yang pendek, sedang, dan panjang. Struktur duri ada yang lembek, lentur, hingga keras.

Rebutia termasuk kaktus yang berduri lembek sehingga aman dipegang, bahkan sekujur batang Rebutia muscula diselimuti duri hingga tampak seperti kapas. Hati-hati bila memegang kaktus dari genus Matucana, Ferocactus, Echinocactus, Discocactus, dan Coryphanata durinya panjang dan tajam.

Kaktus tampak cantik ketika berbunga. Bunganya berbentuk corong atau mirip seperti mahkota, tetapi tidak tampak berkelopak bunga. Ukurannya mulai dari yang kecil sampai yang besar, tergantung jenisnya. Warna mahkota bervariasi, seperti merah, kuning, oranye, ungu, atau merah muda. Kaktus genus Ariocarpus dapat menjadi pilihan karena kebanyakan berbunga merah muda (pink), sementara Copiapoa (kuning). Apabila memilih kaktus dari genus Echinopsis, Epiphyllum, Gymnocalycium, Mammillaria, dan spesiesnya berbeda-beda, ada yang putih, merah, ungu, kuning, dan merah muda.

Menentukan jenis sesuai kebutuhan

Pertimbangan ini cenderung kerah selra atau keinginan orang membeli kaktus. Meski demikian sebaiknya pemilihan disesuaikan dengan kondisi, fungsi, atau tata letaknya. Hal itu penting karena berkaitan dengan perawatannya agar tanaman berduri ini tetap sehat sekaligus serasi penataannya.

Sebagai contoh, kaktus yang akan dipajang diruang tamu berbeda dengan jenis yang ditanam dihalaman. Perbedaan itu tentu saja disebabkan karena karakter dari setiap kaktus yang berbeda-beda. Untuk pajangan di dalam ruangan, pilihlah jenis kaktus yang kebutuhan cahayanya sedang, seperti Cleistocactus straussii, Cephaloesereus sinilis, Escobaria minima, Echinocactus grusonii, dan Discocactus albispinus.

Lain halnya bila ingin menghadirkan taman bernuansa kaktus. Pemilihan jenisnya yang bersosok besar dan unik. Contohnya, Opuntia microdasys, Carnegiea gigantea, Stebocereus thurberi, Stetsonia coryne, atau Myrtillocactus geometrizans-cristata. Kehadiran kaktus tersebut dapat memberikan pesona tresendiri ketika ditanam bersanding dengan bebrapa tanaman hias lain.

Namun, bukan berarti jika kaktus bersosok mungil tidak bisa dihadirkan di taman. Beberapa kaktus seperti genus Mammillariadan Rebutia dapat ditanam di halaman. Agar tampak menawan, beberapa kaktus ditata secara apik disebuah pot besar.

Berkaitan dengan letaknya, maka ada kaktus yang bisa dipajang di atas meja dan ada pula dan ada pula yang diletakkan di lantai. Hal ini berkaitan dengan ukuran tanaman. Biasanya kaktus yang bersosok mini dan mungil di pajang di atas meja. Kaktus yang bersosok besar dan menjulang dapat ditanam di pot, lalu tekkan di pojok ruangan.

Dasar penataan tersebut tidaklah mutlak. Artinya, kaktus besar pun bisa ditempatkan di atas meja asal bentuk dan penataannya serasi. Apalagi, bila beberapa kaktus ditata dalam sebuah rangkaian di pot. Pemilihan jenis sangat penting dan turut andil untuk menambah keindahannya. Kaktus bersosok besar tentu saja diletakkan di tengah atau pojok pot. Sementara sebagai penghias di tata jenis-jenis yang mini.

loading...
Tips Memilih Bunga Kaktus Yang Sehat | Penulis | 4.5