Tips Memilih Induk Tanaman Hias Philodendron Sehat

Tips Memilih tanaman Hias philodendron sehat

  • Bunga yang sehat
  • Bunga betina berkembang dengan baik
  • Tangkai bunga kuat
  • Tidak terserang penyakit
  • Tunggu bunga sampai mekar

Serbuk sari mandul sehingga tidak  membuahi  putih/pistil. Serbuk sari adalah butir-butir pollen yang dihasilkan kepala sari dan membawa unsur jantan. Pistil adalah alat kelamin betina  (pada bunga letaknya paling dalam) yang mengandung sel telur yang nantinya berkembang menjadi buah.

Ada juga kegagalan penyerbukan karena ketidak  cocokan antara serbuk sari dan pistil yang disebut incompatibility. Untuk itu, diperlukan serbuk sari dari bunga tanaman lain yang cocok untuk membantu penyerbukan.Tips Memilih Induk Tanaman Hias Philodendron Sehat

Baca Juga:
Artikel terkait

Penyerbukan yang melibatkan bunga lain disebut persilangan (hibridisasi) yang biasanya masih kerabat dekat  (satu genus/spesies).

Persilangan memang disengaja untuk menggabungkan sifat-sifat yang baik pada kedua tanaman, seperti warna, bentuk, ukuran, dan tekstur daun. Adanya resesif tertutup dengan sifat dominan.

Dalam persilangan dapat juga dilakukan silangan bolak balik, bunga tanaman pertama di serbukkan ke bunga tanaman kedua, demikian sebaliknya. Tujuannya untuk memperoleh silangan dalam jumlah banyak sehingga muncul varian yang beragam.

Oleh karena itu, memiliki calon induk silangan dalam jumlah banyak merupakan keharusan bila berencana melakukan persilangan.

Sebagai penyilang mesti menyusun strategi sebelum melakukan persilangan. Langkah awal adalah mengumpulkan calon induk (plasma nutfah) yang dapat diperoleh dari ekspedisi ke hutan (di habitat asal) atau membeli dari orang.

loading...
Tips Memilih Induk Tanaman Hias Philodendron Sehat | Penulis | 4.5