Tips Memilih Tanaman Jenis Bibit Anggrek

Tips memilih tanaman jenis bibit anggrek.Tanaman anggrek yang akan dipelihara sebaiknya dipilih atau berasal dari bibit anggrek yang berkualitas baik agar tidak kecewa setelah tanaman tersebut berbunga. Oleh karena yang diharapkan adalah keindahan bunganya maka langkah awal dimulai dari pemilihan jenis yang tepat.

jenis anggrek

Pada umumnya, setiap jenis tanaman, termasuk anggrek, membutuhkan syarat tumbuh tertentu untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, sangat penting diperhatikan kesesuaian jenis anggrek dengan lokasi atau tempat penanaman nantinya.Tips Memilih Tanaman Jenis Bibit Anggrek

Baca Juga:

Berdasarkan keadaan lingkungan, lokasi pemeliharaan anggrek dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu sebagai berikut.

1. Dataran rendah

Artikel terkait

Dataran rendah pada umumnya bersuhu malam 21-27 derjat Celcius dan suhu siang 27-35 derjat Celcius. Dataran rendah dan kelembapan tinggi (60-80%), misalnya Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, cocok ditanami anggrek Vanda teret dan semi-teret beserta kerabatnya, Dendrobium, Aranthera, Arachis, dan Oncidium.

2. Dataran menengah

Dataran menengah pada umumnya berhawa sejuk dengan suhu malam berkisar 21-24 derjat Celcius dan suhu siang 24-29 derjat Celcius. Jenis anggrek yang cocok ditanam di dataran menengah dengan kelembapan tinggi (60-80%), contohnya Dendrobium, Cattleya beserta kerabatnya, Phalaenopsis beserta kerabatnya, Oncidium, Paphiopedilum, dan Vanda berdaun lebar. Daerah yang mempunyai ketinggian sedang dan kelembapan tinggi misalnya Sukabumi, Prigen, dan Malang.

3. Dataran tinggi (>700 m dpl)

Dataran tinggi pada umumnya berhawa dingin dengan suhu malam antara 10-16 derjat Celcius dan suhu siang 16-21 derjat Celcius. Jenis anggrek yang cocok ditanam di dataran tinggi dengan kelembapan tinggi (60-80%), contohnya Phalaenopsis beserta kerabatnya, Paphiopedilum, Cattleya beserta kerabatnya, Cymbidium, Miltonia, dan Vanda berdaun lebar.

Daerah yang berada di dataran tinggi dan kelembapan tinggi misalnya Cipanasm Lembang, Dieng dan sekitarnya.

loading...
Tips Memilih Tanaman Jenis Bibit Anggrek | Penulis | 4.5