Tips Mempercantik Tampilan Bunga kaktus

Tips Mempercantik tampilan bunga kaktus.Seseorang pasti akan tertarik melihat bunga kaktus karena bentuknya yang unik serta tampilanya yang cantik. Namun, jika dilihat setiap hari muncullah kesan kalau Bunga kaktus monoton. Nah, jika bosan atau jenuh melihatnya maka penampilan kaktus perlu dirubah. Caranya, dengan memberi aksesori atau pernak-pernik sehingga tampil cantik.

Munculnya bunga pun memberikan keindahan¬† keindahan tersendiri. Contohnya, Gymnocalycium ”pink” cap yang diletakkan dalam sebuah cangkir cantik. Kreasi ini cocok untuk suvenir atau kado ulang tahun. Anak-anak pun menyukainya untuk penghias meja belajar.

Kaktus jenis old man cactus yang ditanam secara soliter di pot yang ”nyentrik” sebenarnya sudah tampak menarik . Perpaduan kaktus berbulu ”gondrong” dan pot yang ”nyentrik” membuat penampilannya menawan. Selain itu, dapat berkreasi dengan memberi aksesori berupa mata dan lilitan pita di batangnya.

Baca Juga:

Bukan saja bentuk kaktus yang unik, tetapi kedua bola mata yang ”centil”telah memikat hati bagi siapa saja yang melihatnya. Selain itu, lilitan pita merah di ujung batang menambah unik penampilannya. Sebatang kaktus telah berubah menjadi boneka yang lucu.

Untuk mempercantik kaktus ada dua aksesori yang bisa digunakan, yaitu memasukkan ke pot ”nyentrik” dan memasang pernak-pernik di batang kaktus. Dengan cara itu konsumen akan tertarik untuk membelinya.

Pot atau wadah menarik

Secara umum, pengertian pot adalah suatu wadah berisi media yang digunakan untuk tempat tumbuh suatu tanaman. Makannya, beragam pot dipakai untuk menanam tanaman, mulai dari ember bekas, kumplung (wadah cat-red, Jawa), belahan bambu, pot dari semen, dan tanah liat.

Namun, sejalan dengan perkembangan di dunia tanaman hias, pot tidak saja berperan sebagai tempat tumbuh,  juga memberikan kesan lebih cantik ketika dipajang di meja atau ruangan. Oleh karenanya, muncullah pot berbahan dasar dari porselin dan plastik.

Fungsi pot pun berkembang, selain untuk tempat tumbuh tanaman (pot dalam), juga ada pot penghias untuk mempercantik penampilannya (pot luar). Pot dalam umumnya terbuat dari plastik. Berbagai ukuran pot dijual di toko tanaman hias, itu tergantung ukuran tanaman.

Umumnya, pot dalam berwarna hitam seingga perlu pot luar agar penampilannya lebih artistik. Pot luar hanya memberikan ”aksen” agar tanaman tampil lebih menarik. Namun, ada pula pot yang bisa langsung dipakai menanam tanpa adanya pot luar. Pot terbuat dari bahan melamin yang berwarna hijau atau merah.Tips mempercantik tanaman kaktus

Artikel terkait

Pemilihan jenis kaktus yang ditanam pun sangat penting. Jenis kaktus bersosok mini dan bulat sebesar bola tenis meja, sperti genus Rebutina dan Mammillaria dapat memakai pot berdiameter 8 cm. Namun, bila ukurannya telah besar akan memadati pot sehingga tanaman segera dipindah ke pot lebih besar.

Jenis-jenis kaktus berbentuk lonjong silindris pun perlu pot yang agak tinggi agar penampilannya semakin menawan. Demikian pula kaktus hasil sambungan yang tingginya 15 cm sehingga cukup ditanam di pot berdiameter 8 cm. Pot luar lebih menonjolkan keindahan.

Oleh karena itu, dibuat secara artistik dengan berbagai bentuk dan desain. Bentuk dan ukuran pot luar berbeda dengan pot dalam. Pot luar bahannya terbuat dari semen, keramik, dan porselin. Namun, saat ini banyak dijual pot terbuat dari bambu, eceng gondok, dan rotan atau bilah kayu yang disusun rapi.

Bentuk dan warna pot harus menarik serta serasi dengan ukuran dan bentuk kaktus. Oleh karena bentuknya unik, pot yang dipilih  biasanya jenis yang berbentuk unik dengan warna yang menarik. Contohnya, genus Gymnocalycium yang kebanyakan berbatang hijau dapat dimasukkan ke pot luar berwarna hijau sehingga terlihat serasi. Demikian pula genus Mammillaria yang berselimuti duri putih tampak menarik dimasukkan ke pot cokelat atau biru kehitaman.

Sementara Echinocereus rigidissmus var. rudispinus yang berduri kemerahan terlihat cantik dengan pot luar berwarna merah. Duri-duri cantik berwarna kuning dari paradia

Aksesori Untuk Kaktus.

Selain pot, beberapa aksesori juga dapat dipasang pada kaktus sesuai keinginan. Contohnya, Cephalocereus senilis dapat ditempeli 2 bola mata dan bagian atasnya dililit pita merah. Jadilah kaktus berjenggot itu tampak seperti boneka yang menarik untuk pajangan diatas meja. Lilitan pita warna-warni juga mengubah penampilan kaktus yang bulat lonjong, seperti Cleistocactus straussii, Austracephalacereus dybowsky, atau Stenocereus thurberii.

Penambahan aksesori dapat disesuaikan dengan perayaan hari besar atau tahun baru, bahkan sesuai dengan si pemesan. Misalnya, bila perayaan lebaran dapat ditambahkan pernak-pernik seperti ketupat; saat natal diberi aksesori natal, lonceng, atau bidadari kecil. Lain hal nya untuk perayaan ulang tahun, perkawinan, tau bingkisan teman yang sedang sakit. Sebagai sentuhan akhir, dapat juga ditaburkan kerikil berwarna-warni diatas media sebagai pemanis.

loading...
Tips Mempercantik Tampilan Bunga kaktus | Penulis | 4.5